10 Bisnis Franchise Menjanjikan yang Perlu Dicoba

Bisnis franchise atau waralaba saat ini memang sudah sangat marak dan meriah. Waralaba yang merupakan hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan memang dianggap banyak orang sebagai bisnis yang mudah untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan sang pewaralaba tidak harus memikirkan sistem dan manajemen bisnis karena sudah diatur oleh pusat. Anda sebagai pewaralaba hanya tinggal membeli brand bisnis dan menjalankan usaha. Bahkan dalam menjalankan usaha bisnis waralaba ini tak jarang Anda sebagai pewaralaba akan dibantu oleh pihak pusat untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Dari sini maka banyak yang menganggap bahwa bisnis waralaba ini adalah usaha yang menguntungkan. Namun seiring pertumbuhan usaha waralaba, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis dan brand waralaba. Mengapa? Karena ternyata tidak semua jenis dan brand waralaba yang bisa menguntungkan Anda. Maka dari itu jika Anda ingin menjalankan bisnis waralaba, Anda harus memilih jenis dan brand waralaba yang menguntungkan. Lalu apa saja bisnis waralaba yang menguntungkan itu? Berikut ulasannya.

1. Makanan

Bidang Usaha Waralaba Makanan

Bidang Usaha Waralaba Makanan via wordpress.com

 

Jenis bisnis waralaba pertama yang menguntungkan yang bisa Anda jalankan adalah waralaba makanan. Makanan yang merupakan kebutuhan primer manusia memang selalu menarik banyak orang untuk dijadikan bisnis. Maka dari itu, waralaba makanan ini menjadi salah satu jenis bisnis waralaba yang banyak dipilih. Saat ini waralaba jenis ini di lapangan terdata paling banyak jumlahnya. Apalagi jika Anda memang penggemar kuliner atau memasak, maka jenis waralaba makanan ini akan sangat cocok untuk Anda menjalankannya.

Dalam waralaba jenis makanan ini, Anda bisa memilih beberapa konsep dari konsep gerobak, kedai, kafe atau resto. Tapi karena jumlah waralaba ini sangat banyak, maka Anda harus harus cermat dan teliti untuk memilih brand waralabanya. Coba cermati perhitungan atau prospek ke depannya, misalnya apa menu yang disajikan, fasilitas apa yang akan Anda dapatkan dan juga sistem yang ditawarkan.

2. Minuman

Bidang Usaha Waralaba Minuman

Bidang Usaha Waralaba Minuman via wordpress.com

 

Hampir sama dengan jenis waralaba makanan, waralaba minuman saat ini juga sangat banyak diminati. Beragam jenis minuman pun akhirnya banyak bermunculan guna memeriahkan waralaba ini. Suhu udara yang selalu tinggi di Indoensia yang memiliki iklim tropis membuat jenis waralaba ini dianggap sangat menguntungkan karena kemampuannya mendatangkan banyak pembeli. Tidak hanya minuman dingin, jenis minuman panas pun sangat bisa Anda pilih yang tentu saja juga menguntungkan jika Anda jual pada malam hari. Namun memang kebanyakan waralaba minuman yang ada di lapangan adalah jenis minuman dingin.

3. Pulsa

Bidang Usaha Waralaba Pulsa

 

 

Pulsa saat ini memang sudah menjadi kebutuhan utama setiap manusia. Untuk bisa berkomunikasi jarak jauh, seseorang memang membutuhkan pulsa. Pengguna ponsel yang dari tahun ke tahun semakin banyak menjadikan jenis bisnis waralaba yang satu ini perlu diperhitungkan. Apalagi saat ini pengguna smartphone atau ponsel pintar yang juga semakin meningkat. Dengan begitu, waralaba pulsa ini semakin menguntungkan. Jika Anda mampu melihat jenis waralaba pulsa ini lebih jauh dan lebih dalam, maka Anda bisa menambahkan satu komponen usaha sebagai kriteria pemilihan Anda yaitu pulsa token listrik. Memang tidak semua waralaba pulsa ini menawarkan juga jual pulsa token listrik.

4. Minimarket

Bidang Usaha Waralaba Minimarket

Bidang Usaha Waralaba Minimarket via indonesia.com

 

Waralaba minimarket merupakan jenis franchise berikutnya yang bisa Anda pilih. Keinginan manusia untuk terus memenuhi kebutuhan hidupnya seharinya-harinya membuat dirinya mau tak mau harus berbelanja. Namun karena kesibukan mereka, maka seringkali mereka melakukan belanja di tempat yang lengkap dan bersifat sekaligus dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, mereka ini kemudian memilih minimarket sebagai tempat mereka berbelanja. Keinginan mereka untuk bisa belanja ditempat yang bisa membuat mereka nyaman dalam memilih juga menjadikan kemudian bisnis waralaba minimarket ini semakin berkembang. Jika mereka membeli dan berbelaja di warung mereka tidak mendapatkan kebebasan memilih dan juga merasa kurang nyaman. Kini lihatlah berapa jumlah minimarket disekitar tempat Anda. Pertumbuhan minimarket ini menjadi pertanda bahwa waralaba jenis ini termasuk waralaba menguntungkan.

5. Agen Travel

Bidang Usaha Waralaba Agen Travel

Bidang Usaha Waralaba Agen Travel via huffpost.com

 

Saat ini banyak orang yang memiliki hobi traveling (bepergian). Berpetualang sekarang memang telah menjadi tren atau gaya hidup manusia modern. Di sinilah letak peluang dan prospek menguntungkan dari jenis waralaba agen travel. Untuk menjalankan jenis waralaba ini juga tergolong mudah. Pasalnya kebanyakan waralaba agen travel ini menggunakan sistem online untuk menjaring konsumennya. Brand jenis waralaba agen travel ini sekarang juga sudah banyak. Jadi Anda bisa memilih satu yang terbaik untuk Anda jalankan.

6. Jasa Pengiriman Barang

Bidang Usaha Waralaba Jasa Pengiriman Barang

Bidang Usaha Waralaba Jasa Pengiriman Barang via cstatic.net

 

Seiring dengan berkembangnya bisnis e-commerce (perdagangan via perangkat elektronik), kini jenis waralaba jasa pengiriman barang ini pun juga ikut bertumbuh. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ekosistem e-commerce yang berupa marketplace atau toko online membutuhkan jasa pengirim barang untuk mengantarkan barang yang dipesan menuju tempat pembelinya. Untuk menjalankan bisnis waralaba jenis ini, seseorang harus cermat memilih brand yang telah mendapat kepercayaan dari masyarakat. Dengan memilih brand yang terpercaya maka Anda akan lebih mudah untuk memperoleh keuntungan yang cepat.

7. Busana Muslim

Bidang Usaha Waralaba Busana Muslim

Bidang Usaha Waralaba Busana Muslim via panoramio.com

 

Busana muslim yang terdiri dari pakaian beserta aksesorisnya saat ini memang sangat populer digunakan banyak kalangan. Terutama pada fashion hijab atau jilbab yang sedang sangat fenomenal di masyarakat. Umat muslim di Indonesia yang jumlahnya terbanyak sedunia juga menjadi peluang yang bagus dalam jenis waralaba ini. Untuk itu, jika Anda memilih jenis waralaba ini tentu akan sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang cerah.

Baca Juga: 26 Bisnis Online Menjanjikan

8. Kesehatan dan Kecantikan

Bidang Usaha Waralaba Kesehatan dan Kecantikan

Bidang Usaha Waralaba Kesehatan dan Kecantikan via zayaminternational.com

 

Kesehatan memang sesuatu yang penting dan menjadi prioritas bagi setiap manusia. Harga obat dan biaya kesehatan yang semakin mahal setiap tahunnya membuat jenis waralaba ini memiliki prospek dan peluang yang menguntungkan. Begitu pula dengan waralaba kecantikan yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh kaum hawa. Hampir setiap bulan ada saja pengeluaran kaum perempuan saat ini untuk menjaga kecantikannya. Maka jenis waralaba kecantikan ini pun dianggap menguntungkan jika Anda mengambilnya.

9. Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Bidang Usaha Waralaba Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Bidang Usaha Waralaba Jasa Pendidikan dan Pelatihan via amazonaws.com

 

Saat ini pendidikan di Indonesia sedang mengalami tahap peningkatan. Bagi Anda yang ingin berbisnis waralaba yang menguntungkan, Anda bisa memilih jenis waralaba pendidikan ini. Orang tua tentu saja tak ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik. Dengan inilah Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan jenis waralaba pendidikan ini. Paluang untuk waralaba pelatihan juga sangat cerah. Pasalnya lapangan pekerjaan yang semakin sulit didapatkan membuat banyak orang ingin meningkatkan keterampilannya untuk bisa membuka usahanya sendiri. Apalagi saat ini Indonesia yang telah memasuki era pasar bebas Asia Tenggara dan akan juga memasuki pasar bebas Asia, maka pelatihan bahasa asing pun akan semakin dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Dengan Modal di Bawah 500 Ribu

10. Laudry dan Jasa Kebersihan

Bidang Usaha Waralaba Laundry dan Jasa Kebersihan

Bidang Usaha Waralaba Laundry dan Jasa Kebersihan via googleusercontent.com

 

Kesibukan manusia yang sangat tinggi membuat mereka tak memiliki waktu untuk mencuci pakaian kotornya. Maka dari itu kemudian banyak sekali bisnis laundry yang bermunculan yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha waralaba. Waralaba jenis jasa kebersihan lain saat ini juga menguntungkan. Pasalnya kini banyak perusahaan dan instansi yang membutuhkan jasa kebersihan yang mumpuni. Karena dengan banyaknya peminat atau konsumen dari bisnis ini, maka prospek dan peluang dari jenis waralaba jasa kebersihan sangat bagus untuk Anda pilih dan Anda jalankan.

Cermat Memilih Brand Waralaba

Inilah beberapa informasi terkait bisnis franchise atau waralaba yang menuntungkan untuk Anda jalankan. Sekali lagi karena informasi diatas hanya bersifat pembahasan umum mengenai jenis waralaba, maka saat memilih brand waralabanya Anda perlu berhati-hati dan cermat. Pasalnya saat ini brand waralaba yang ada di lapangan jumlahnya sangat banyak. Pilihlah brand waralaba yang sudah memiliki track record yang baik dan terpercaya di mata masyarakat. Selain itu pilihlah brand waralaba yang memiliki kredibilitas dan kelegalan bisnis, agar saat Anda menjalankannya, Anda tak perlu direpotkan untuk meyakinkan konsumen lagi.

Baca Juga: 10 Kesalahan Fatal Dalam Pengelolaan Usaha