10 Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Sukses

Bisnis kuliner saat ini memang sangat marak dan meriah dijalankan oleh banyak orang. Pasar yang besar dan jumlah peminatnya yang terus bertambah membuat banyak orang kemudian memutuskan untuk serius menggeluti bisnis kuliner ini. Dari sekian banyak pelaku bisnis kuliner yang telah ada di Indonesia, kini telah muncul beberapa pengusaha sukses dibidang ini. Menariknya, mereka para pengusaha sukses ini sukses menjalankan bisnis kulinernya dengan hal-hal yang bertema atau berkonsep unik. Lalu bisnis kuliner unik apa saja yang telah membawa para pengusaha ini meraih kesuksesannya? Berikut ulasannya.

1. Lele Lela

Bisnis Kuliner Sukses, Lele Lela

Lele Lela via geokuliner.com

 

Bisnis kuliner unik sukses yang pertama adalah Lele Lela. Bisnis yang dikelola oleh Rangga Umara ini memang sudah sukses dan terkenal, bukan hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Bisnis yang terinspirasi dari warung pecel lele kaki lima ini kemudian membuat Rangga ingin menjadikannya berkelas dan modern. Maka kemudian lahirlah pecel Lele Lela di mana kata Lela itu memiliki akronim Lebih Laku. Namun sebelum sukses, Rangga memang harus melalui banyak hambatan, seperti warungnya yang tak kunjung laris yang membuat keluarganya terancam diusir dari kontrakan.

Namun dengan kerja kerasnya akhirnya Rangga mampu membuat Lele Lela menjadi tempat yang disukai dan dikunjungi banyak orang. Sampai sekarang Lele Lela yang dimulai sejak tahun 2006 ini telah memiliki 50 outlet yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Selain di Indonesia, kedai Lele Lela ini juga telah dibuka cabangnya di Malaysia dan Singapura. Dari sini tentunya omset usaha Rangga telah mencapai miliaran rupiah perbulannya.

2. JustMine

Bisnis Kuliner Sukses, JustMine

JustMine via photobucket.com

 

JustMine merupakan produk kuliner dengan sajian pisang ijo yang menarik dari Makassar. Meski bukan bisnis pisang ijo yang pertama kali, namun usaha yang dirintis oleh Riezka Rahmatiana ini menghadirkan varian menu yang begitu beragam. Dengan kerja keras dan perjuangannya, kini wanita yang lahir pada 26 Maret 1986 ini telah sukses dan mampu menjual 500 porsi pisang ijo kreasinya dari satu outlet saja. JustMine yang merupakan plesetan dari kata jasmine yang berarti bunga melati ini sekarang telah diwaralabakan oleh pemiliknya Riezka.

3. Teh Kempot

Bisnis Kuliner Sukses, Teh Kempot

Teh Kempot via mightyleaf.com

 

Dari namanya saja, bisnis ini sudah terlihat unik dan menarik. Teh Kempot yang dikreasikan oleh Victor Giovan ini sendiri merupakan minuman cepat saji yang terbuat dari susu, cincau, buah dan sinom. Dari bahan-bahan yang ada itulah akhirnya tercipta teh yogurt Teh Kempot yang kemudian diminati oleh banyak orang. Kini Giovan sendiri telah memiliki 11 outlet milik sendiri dan 17 outlet yang dikelola oleh mitranya. Dengan jumlah outlet yang banyak itu tak ayal bila pengusaha yang menjalankan bisnisnya sejak duduk dibangku SMA ini telah meraup penghasilan mencapai puluhan juta rupiah.

4. Keripik Maicih

Bisnis Kuliner Sukses, Keripik Maicih

Keripik Maicih via r10s.com

 

Keripik yang terkenal dengan tingkat atau level kepedasannya memang sudah tidak asing ditelinga masyarakat. Keripik hasil kreasi Reza Nurhilman ini memang sangat unik dan menarik. Pasalnya, rasa pedas yang berbeda-beda ditambah lagi dengan pemasarannya yang berpindah-pindah membuat banyak orang menyukainya. Dengan produk yang terinspirasi dari pertemuan Reza dengan seorang nenek inilah lahir Kripik Maicih yang menghasilkan keuntungan miliaran rupiah per-bulannya bagi pria lulusan jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Maranatha Bandung tersebut.

5. Lapis Bogor Sangkuriang

Bisnis Kuliner Sukses, Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriang via kli8.com

 

Gagal berbisnis bakso tidak membuat Rizka Wahyu Romadhona kemudian patah arang. Pria yang sebelumnya pernah menjadi karyawan di sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka ini kemudian bangkit lagi dengan membuka bisnis yang unik yaitu dengan membuat kue lapis Bogor dengan brand Sangkuriang. Kue Bogor Sangkuriang ini sendiri dibuat dengan bahan dasar talas yang berbeda dengan kue lapis lainnya. Dengan cara dan produk unik dan menarik inilah kemudian mengantarkan Rizka menjadi pengusaha sukses dengan meraup omzet hingga miliaran rupiah perbulannya.

6. Roti Unyil

Bisnis Kuliner Sukses, Roti Unyil

Roti Unyil via hellobogor.com

 

Kuliner dari Bogor berikutnya ini juga sudah dikenal banyak orang dan sukses. Dengan menyajikan roti yang unik dan menarik ini, kakak beradik Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja menciptakan Roti Unyil. Roti Unyil ini saat ini memang telah menjadi salah satu menu yang selalu diburu oleh masyarakat terutama ketika mereka berkunjung ke kota hujan Bogor. Roti Unyil atau yang dikenal juga degan nama Roti Venus ini sendiri telah didirikan sejak tahun 1992 dan juga telah sukses menjadi roti legendaris. Untuk Anda yang penasaran ingin mencoba roti in, Anda bisa mengunjungi tokonya di Ruko V Point Jalan Padjadjaran kota Bogor.

Baca Juga: 7 Ide Usaha Untuk Kamu Para Fresh Graduate

7. Tela Krezz

Bisnis Kuliner Sukses, Tela Krezz

Tela Krezz via twimg.com

 

Berlatar belakang pendidikan dari fakultas hukum bukan berarti tak bisa sukses di ranah kuliner. Inilah yang kemudian dibuktikan oleh Firmansyah Budi Prasetyo, pemilik usaha Tela Krezz yang telah mampu melebarkan usahanya hingga mencapai 250 gerai dalam tempo 11 bulan saja. Bermodalkan uang 3 juta rupiah, Firmansyah akhirnya berani menapaki dunia usaha kuliner Tela Krezz yang sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan kerja kerasnya waralaba Tela Krezz akhirnya telah mampu merambah hingga ke luar pulau Jawa. Dari sini omzet usahanya pun melesat dengan mencapai angka 300 juta rupiah per bulan.

8. Es Teler 77

Bisnis Kuliner Sukses, Es Teler 77

Es Teler 77 via ceritaperut.com

 

Es teler memang telah menjadi kuliner favorit sejak dulu. Namun ditangan ibu Munriati yang dibantu oleh suaminya Trisno Budijanto serta anak dan menantunya, Yeni Setiawan Widjaja dan Sukyanti Nugroho, es teler menjadi makin digandrungi orang. Usaha berkonsep kedai yang didirikan ibu Munriati pada tahun 1987 ini kemudian diberi nama Es Teler 77. Beberapa waktu setelah pendirian dan merasa sudah sukses, ibu Murniati kemudian mencoba membuka peluang usaha ini menjadi waralaba.Tak dinyana, usaha waralaba Es Teler 77 ini semakin membuat usaha ibu Munriati ini tersebar di seluruh wilayah nusantara. Tak puas dengan menyebarkan di Indonesia saja, ibu Munriati kemudian mencoba mengenalkan warung Es Teler 77 ke beberapa negara tetangga.  Hasilnya sajian dari Es Teler 77 ini mendapatkan respon positif dari masyarakat di New Delhi, Melbourne Australia, Malaysia, dan Singapura.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Dengan Modal di Bawah 500 Ribu

9. Waroeng Steak and Shake

Bisnis Kuliner Sukses, Waroeng Steak and Shake

Waroeng Steak and Shake via zmtcdn.com

 

Steak yang selama ini dikenal sebagai makanan yang mahal, namun di tangan Jody Broto dijadikannya menu yang bisa terjangkau. Meski harganya terjangkau, namun menu steak yang disajikannya memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan steak di hotel berbintang. Bisnis steak yang digeluti Jody ini sendiri bernama Waroeng Steak and Shake. Didirikan tahun 2000 dari sebuah inspirasi usaha steak milik orang tuanya yaitu ‘Obonk Steak’ Jody pun akhirnya mendirikan Waroeng Steak setelah menjual sepeda motor pemberian orang tuanya sebagai modal usaha. Kini berbekal kerja keras dan perjuangannya, Jody telah mampu meningkatkan jumlah outletnya hingga 50 outlet. Dari sini, omzet Warung Steak and Shake telah mampu mencapai angka di atas Rp100 juta perbulan untuk setiap gerainya. Menu steak di hadirkan Jody ini sendiri dibuat dengan bumbu-bumbu lokal dan dijual dengan harga yang bersahabat dengan isi kantong anak kuliah.

10. Spesial Sambal

Bisnis Kuliner Sukses, Spesial Sambal

Spesial Sambal via bisnisukm.com

 

Terkahir, bisnis kuliner yang sukses adalah Spesial Sambal (SS). Bisnis yang didirikan tahun 2002 ini dimulai di Yogyakarta oleh Yoyok Hery Wahyono dengan 6 orang tenaga kerja termasuk Yoyok. Spesial Sambal sendiri menghadirkan berbagai menu makanan asli Indonesia seperti seperti ca kangkung, trancam, ca jamur, pecel, plencing jawa, dan sayur asem. Sementara lauknya, tersedia ayam goreng, bandeng goreng, nila goreng, tempe, tahu, iso babat, lele, udang, dan daging sapi. Yang menarik dan unik dari bisnis ini adalah keberadaan sambal yang mencapai 30 jenis sambal. Usaha yang digeluti oleh Yoyok ini pun kemudian mendapat respon baik dari masyarakat. Yoyok sendiri mengerti bagaimana membuat bisnisnya ramai karena kebiasaan orang Indonesia yang gemar menyantap sambal sebagai penambah rasa makanan yang lezat. Kini dari usaha dan kerja kerasnya, Yoyok telah mampu meluaskan bisnisnya hingga mencapai 40 outlet yang tersebar di Yogya, Solo, Semarang, Bandung, Jakarta, Malang hingga Pekanbaru.

Raih Kesuksesan Anda

Itulah beberapa bisnis kuliner unik yang telah mencapai kesuksesannya. Dengan penjelasan tersebut diharapkan siapapun yang ingin terjun ke dunia bisnis kuliner bisa mendapatkan ide dan inspirasi untuk usaha Anda. Jangan pernah menyerah untuk membangun bisnis Anda dari nol. Jangan patah semangat apabila Anda mengalami banyak rintangan. Raih kesuksesan Anda dengan kerja keras.

Baca Juga: Mau Usaha Rumahan Anda Sukses? Ikuti 30 Resep Ini!