10 Film yang Menginspirasi Orang Berinvestasi

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja, tidak terkecuali dari hiburan seperti buku, musik maupun film. Bidangnya pun tidak terbatas. Walaupun investasi dan bisnis merupakan topik yang serius dan tidak cocok dijadikan sebuah film karena dibilang membosankan dan kurang menghibur.

Tapi ternyata ada banyak film yang menjadikan investasi dan bisnis sebagai salah satu unsur cerita bahkan tema utama dari sebuah film. Berikut 10 film yang berhasil dapat orang untuk berinvestasi dengan cerita yang dikemas secara baik, sangat menghibur dan menambah wawasan Anda tentang investasi.

1. Inside Job

inside job

Inside Job via fanart.tv

 

Film pertama yang berhasil mendatangkan piala oscar tahun 2011 lalu ini bisa menginspirasi para investor termasuk Anda. Film yang diperankan oleh aktor terkenal Hollywood, Matt Damon dimana film ini menceritakan keadaan yang sedang krisis global dan menekan dunia. Tentu saja dengan akting, jalan cerita dan juga penyelesaian masalah yang sangat baik menjadikan film ini banyak menginspirasi orang-orang dan terbuka akan dunia ekonomi.

2. Margin Call

Film margin call begitu detail dan lambat, sehingga bagi Anda yang ingin tahu kenapa krisis global 2007-2008 terjadi dan memberikan efek pada bank Investasi maka Anda wajib menonton film ini. Sutradara sendiri ingin menyampaikan, bagaimana bank investasi mengalami kehancuran dan menyebabkan terjadinya permasalahan keuangan dunia.

Baca Juga : Dengan Cara Ini, Dolar Bisa Jadi Investasi yang Menguntungkan

3. Too Big To Fail

too big to fail

Too Big to Fail via justwatch.com

 

Film selanjutnya mengisahkan tentang menteri keuangan negara adidaya, Amerika Serikat yang gagal menangani krisis global yang melanda. Seperti yang diketahui bahwa ketika negara adidaya goyah, hal tersebut akan mempengaruhi elektabilitas seluruh negara termasuk negara kecil. Dalam film ini, ditunjukkan bagaimana sistem kredit rumah macet hingga gagalnya keuangan negara dalam skala besar.

4. The Big Shorts

Film selanjutnya dikemas menjadi film yang ringan dan apik. Disini Anda diajak untuk melihat kenyataan dan memikirkan bagaimana nasib investasi kedepannya. Bagi Anda yang investor, dalam film ini juga menunjukkan bahwa investasi properti yang merajai dunia bisa saja hancur dan tidak diminati lagi, membuat Anda harus bijak dan berusaha mengalir mengikuti arus ekonomi, jika ingin menjadi investor yang berhasil. Film yang diperankan oleh Brad Pitt dan Christian Bale ini mendapat sorotan banyak orang karena karyanya yang bagus dan mewah.

5. The Wolf of Wall Street

the wolf of wall street

The Wolf of Wall Street via cmp.com

 

Selanjutnya ada film suguhan Leonardo DiCaprio yang sangat terkenal akan hasil yang bagus dan ceritanya yang sangat menggugah para investor untuk menonton. Awalnya menceritakan seorang broker muda yang bekerja di perusahaan besar, dan sialnya perusahaan tersebut bangkrut.

Hal ini membuat DiCaprio yang berperan sebagai Belfort harus bekerja di perusahaan kecil. Namun dengan tekad yang gigih, jiwa kepemimpinan dan analisa yang sangat baik membawa Belfort menjadi sukses dan mendirikan perusahaan dengan karyawan yang bukanlah berdasar mengerti investasi. Dalam film ini mengajarkan bahwa sebagai seorang investor Anda tidak harus cerdas saja melainkan, cekatan, berpikir kritis, tepat dan juga berani.

6. Boiler Room

Film Boiler Room dimana Ben Affleck memerankan disini merupakan film yang paling dekat dengan realita yang ada pada dunia investasi. Bagi Anda yang ingin tahu kelicikan, penipuan dan kekasaran dalam dunia investasi maka tonton film ini. Menceritakan tentang mahasiswa yang di Dropout alias dikeluarkan kampusnya.

Lalu mereka bekerja di sebuah pialang saham dan berhasil hingga sukses. Sayangnya mereka tidak bijak dan membawa kesengsaraan dan kebangkrutan. Di sini Anda juga diajarkan bagaimana memulai investasi dari awal dan efek atau dampak ketika Anda tidak bijak pada diri sendiri.

7. The Pursuit of Happiness

the pursuit of happyness

The Pursuit of Happines via assets.com

 

Dalam film ini Anda tidak akan diajarkan bagaimana menjadi broker sukses dengan keadaan miskin dan tidak memiliki apapun. Namun Anda juga diajarkan tidak ada yang tidak mungkin jika Anda gigih dan sabar. Menceritakan kisah nyata atau berdasarkan kisah nyata.

Seorang Chris Gardner (Will Smith) mencoba menjadi broker setelah hidupnya hancur karena menghabiskan hartanya untuk menjual alat kesehatan tulang yang nyatanya tidak laku. Hal ini menyebabkannya miskin dan harus menjadi tuna wisma bersama anaknya. Namun akhirnya dia sukses menjadi seorang broker.

8. Wall Street Warriors

Jika sebelumnya banyak menceritakan bagaimana untuk menjadi investor dengan usaha yang benar maka dalam film ini Anda akan melihat berbagai persaingan, emosi, dan berbagai kelicikan serta usaha dari orang-orang yang kompeten. Dalam film ini para pialang saham, broker, investor semua yang berhubungan dikumpulkan menjadi satu dan bersaing untuk menjadi yang paling sukses dan paling kaya.

Baca Juga : Inilah 7 Produk Investasi Pilihan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

9. Enron : The Smartest Guys In The Room

enron : the smartest guy in the room

Enron: The Smartest Guys In The Room via artidea.org

 

Sebagai orang yang sukses dan kaya Anda mungkin kadang lupa bahwa kehidupan bak roda berputar. Film ini mengajarkan bagaimana Anda bisa hancur hanya dalam sekejap mata baik disengaja maupun tidak. Dalam film ini juga dijelaskan bagaimana para eksekutif mengalami hidup naik turun dan mencoba bertahan atau bertahan atas hidup mereka.

10. Rogue Trader

Sesuai namanya tentu saja film ini bercerita mengenai ekonomi dan saham. Disini dijelaskan efek ketika Anda melakukan penipuan untuk sebuah keuntungan. Ini merupakan kisah nyata dari seorang investor Singapura bernama Nick Leeson. Setelah hal tersebut terjadi bukan makin membaik, justru berdampak lebih besar bahkan hingga mencapai bank di inggris.

Berani Mengambil Risiko

Pada intinya setiap bisnis atau usaha yang ingin Anda jalankan baik itu investasi atau bidang lainnya tidak akan pernah terwujud jika Anda memang tidak berani mengambil risiko dan terus berada di zona nyaman yang akhirnya membuat Anda susah untuk maju dan berkembang. Karena risiko sendiri akan selalu ada atas setiap keputusan juga tindakan dan tidak bisa dihindari.

Baca Juga : Ingin Berivestasi Reksa Dana? Ini yang Perlu Diketahui Ibu Rumah Tangga