10 Kebiasaan Orang Yang Punya Kestabilan Finansial

Dalam menjaga kehidupan keuangan kamu agar tetap stabil memerlukan kedisiplinan dan pengembangan kebiasaan keuangan yang baik. Kita semua tidak ingin berada di sebuah lubang keuangan yang akan membuat kita hancur secara emosional dan psikologis. Maka, lebih baik untuk melindungi keuangan kita selagi bisa, sebelum situasi menyebabkan uang kita hangus dan hilang begitu saja tanpa arti. Itulah mengapa penting untuk belajar satu atau dua tentang kestabilan finansial. Berikut kebiasaan orang-orang yang punya kestabilan finansial yang harus kamu tiru.

1. Tidak Menghabiskan Uang Secara Impulsif

  Tidak Menghabiskan Uang via mscareergirl.com

Tidak Menghabiskan Uang via mscareergirl.com

 

Hal ini tampaknya akan menjadi masalah besar bagi kita semua karena kita cenderung ingin mengambil keuntungan dari kehidupan supaya "lebih mudah". Belanja secara impulsif berarti kamu menghabiskan uang untuk makan dan berbelanja berlebih sampai menguras keuanganmu. Stabilitas keuangan hanya bisa didapatkan ketika kita mengontrol dan memantau pengeluaran impulsif kamu yang biasanya dipengaruhi suasana hati yang buruk pula.

2. Menabung Uang

Menabung Jadi Kebiasaan via socialgirlworld.com

Menabung Jadi Kebiasaan via socialgirlworld.com

 

Orang yang stabil secara finansial menghabiskan uang lebih sedikit dari yang mereka dapatkan tiap bulan. Kamu mungkin tidak memiliki uang yang melimpah tetapi kamu dapat menikmati hal yang penting untuk menunjang kehidupan kamu dan tidak menghamburkan uang. Hal ini memberi kamu kesempatan untuk menyimpan uang. Jadi belajarlah untuk lebih bijak menggunakan telepon, membayar fasilitas tv kabel dan pulsa bulanan untuk smartphone kamu. Atau kamu bisa mengurangi belanja yang kamu habiskan pada bahan makanan, restoran dan pakaian.

3. Menelusuri Pengeluaran

Mencatat Semua Pengeluaran via factoryforged.com

Mencatat Semua Pengeluaran via factoryforged.com

 

Orang yang stabil secara finansial memantau pengeluaran mereka. Hal ini dapat dilakukan sesekali. Mungkin sebulan sekali kamu dapat menulis berapa banyak uang tang telah kamu habiskan, dan melihat bagian mana yang dapat kamu kurangi pengeluarannya. Ketika hal ini dilakukan maka kamu dapat memahami bagaimana efisiensi penggunaan keuangan.

Baca Juga: Kesalahan Finansial Yang Harus Kamu Hindari Saat Liburan

4. Berinvestasi

Mulai Berinvestasi via yourmoney.com

Mulai Berinvestasi via yourmoney.com

 

Orang yang stabil keuangan melakukannya dengan baik untuk mengamankan masa depan mereka. Bahkan ketika pensiun masih jauh, kamu dapat memulai menyimpan uang selain berbentuk deposito untuk investasi.

5. Mencegah Berhutang

Hindari Berhutang via huffpost.com

Hindari Berhutang via huffpost.com

 

Semua hutang tidak sama. Pinjaman dengan bunga tinggi tidak sama dengan pinjaman bunga rendah seperti pinjaman hipotek dan student loans. Utang memiliki efek psikologis terhadap si pihak berhutang, maka akan lebih baik untuk menghilangkan atau mencegah hutang. Ketahuilah seberapa banyak kamu berhutang sekarang, apakah itu adalah utang kredit mobil atau kartu kredit.

6. Membuat Anggaran

Rajin Membuat Anggaran via onsugar.com

Rajin Membuat Anggaran via onsugar.com

 

Orang yang stabil secara finansial membuat anggaran pendapatan mereka. Dengan menggunakan anggaran, mereka mampu memastikan di mana uang mereka habiskan dan mengetahui penggunannya secara tepat. Dengan aplikasi seperti Mint atau You need a Budget, kamu dapat bertanggung jawab untuk mulai menganggarkan uang kamu dan mengalokasikannya secara tepat.

7. Tidak Suka Menunda

Tidak Suka Menunda via earlytorise.com

Tidak Suka Menunda via earlytorise.com

 

Ya mereka tidak menunda-nunda kewajiban keuangan mereka. Mereka tidak menunda dalam membayar tagihan mereka. Dengan melakukan hal ini tidak ada ruang untuk pertumbuhan utang dan memberi kamu kesempatan untuk mengetahui uang kamu dapat digunakan untuk pengeluaran pribadi.

8. Meninggalkan Kebiasaan Buruk

Mulai Kebiasaan Baik via katiemccoach.com

Mulai Kebiasaan Baik via katiemccoach.com

 

Cara ini ini membutuhkan disiplin yang tinggi. Tetapi orang-orang yang stabil secara finansial memahami bahwa kebiasaan buruk merugikan pendapatan mereka dan berpotensi menghancurkan kebahagiaan masa depan mereka. Hal-hal yang benar-benar membuat kamu bahagia tidak membuat kamu bangkrut di masa depan.

9. Punya Rencana

Punya Rencana Ke Depan via bionic-ads.com

Punya Rencana Ke Depan via bionic-ads.com

 

Tentunya, ada hal-hal khusus atau kegiatan yang ingin kamu lakukan untuk memanjakan diri. Hal itu bisa berupa membeli rumah, membeli mobil, pergi berlibur. Ini bisa menjadi tujuan jangka panjang yang mengharuskan kamu untuk secara efisien merencanakan dan mencapai tujuan itu. Bukan hanya menunda-nunda, tapi juga menempatkan angka dan tanggal pada tujuan itu. Dengan melakukan ini, kamu dapat konsisten dan melihat bagaimana rencana kamu nanti dapat membuahkan hasil.

Baca Juga: Perlukah Seorang Financial Planner? Dan Bagaimana Memilihnya?

10. Menjaga Kesehatan

Jaga Kesehatan via healthyblogspot.com

Jaga Kesehatan via healthyblogspot.com

 

Stabilitas keuangan memerlukan beberapa tanggung jawab. Kamu tidak dapat mencapai atau berbuat banyak tanpa melindungi aset kamu untuk sukses dari resiko membeli obat-obatan mahal dan biaya medis lainnya. Orang yang stabil secara finansial melindungi keuangan mereka dengan juga melindungi kesehatan mereka dan menerapkan gaya hidup sehat. Kita semua tahu kejadian tak terduga bisa terjadi tapi cara untuk hal yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol kesehatan kamu.

Bisa Karena Biasa

Setiap orang pasti bisa berubah menjadi lebih baik. Jika kamu kamu memiliki keuangan yang stabil, maka biasakanlah diri untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas. Tidak ada yang tidak bisa kamu lakukan jika kamu mau membiasakan diri untuk melakukannya. Jadi, mulailah ubah kebiasaan kamu dan ikuti kebiasaan di atas jika kamu ingin stabil secara finansial.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Tiru