10 Kota yang Jadi Pilihan Tepat untuk Nikmati Masa Pensiun

Bekerja selama belasan atau bahkan puluhan tahun di tempat / kota yang sama, tentu merasa jenuh dan membutuhkan suasana yang baru. Hal ini mungkin sulit diwujudkan ketika masih aktif bekerja, sebab pindah kerja di usia yang sudah mulai senja bukanlah sebuah pilihan yang tepat.

Namun, jangan khawatir, Anda bisa mewujudkan hal tersebut setelah pensiun nanti, di mana sudah tidak terikat dengan pekerjaan atau bahkan bisnis yang Anda pegang sekarang.

Masa pensiun adalah masa istirahat Anda atau lebih tepatnya masa di mana Anda akan menikmati hasil kerja Anda selama ini. Atas semua kerja keras Anda selama ini, Anda berhak mendapatkan yang terbaik, termasuk sebuah lokasi tinggal yang nyaman dan rileks. Hal seperti ini telah banyak dilakukan oleh orang-orang yang mengerti dengan jelas apa keinginan dan tujuan hidup mereka di usia senja, barangkali juga telah mulai berpikir untuk mempersiapkan diri ke arah sana. Lalu, kota seperti apa sebenarnya yang layak Anda jadikan sebagai pilihan untuk menghabiskan masa pensiun nantinya?

Baca Juga : Bagaimana Cara Pensiun Sejahtera pada Usia 50 Tahun?

Yang Tepat dan Membuat Anda Bahagia

yang membuat bahagia

Bahagia via shutterstock.com

 

Kebutuhan setiap orang mungkin akan berbeda-beda terkait dengan rumah dan lingkungan tempat tinggal. Namun yang pasti, semua orang tentu menginginkan agar bisa tinggal di kota yang nyaman dan membuat mereka tetap bahagia. Hal seperti inilah yang patut Anda pertimbangkan ketika akan memilih sebuah kota tinggal di masa pensiun nanti.

Setelah semua kepenatan dan juga rutinitas yang padat selama bekerja belasan tahun, tentu tidak mengharapkan sebuah kota yang sesak dan penuh dengan berbagai kondisi yang sama di masa pensiun.

Memilih kota tinggal di masa pensiun juga perlu Anda pertimbangkan dengan matang, agar bisa nyaman dan tetap leluasa dalam menjalankan aktivitas. Jangan sampai memilih sebuah kota yang ternyata tidak memiliki akses yang mudah ke berbagai kebutuhan pokok (kesehatan, makanan, dan lainnya), atau bahkan bingung akan melakukan kegiatan apa setelah nanti tinggal di sana. Pertimbangkan beberapa hal ini ketika Anda memilih kota tinggal di masa pensiun nanti:

  • Kenyamanan dan Kebahagiaan Anda dan Keluarga

Anda akan pindah ke satu kota yang mungkin jauh dari kota tinggal selama bekerja, untuk itu sangat penting mempertimbangkan kenyamanan serta kebahagiaan Anda ketika sudah pindah nanti. Bukan hanya Anda, namun anggota keluarga lainnya juga (pasangan dan anak-anak).

Cuaca, lingkungan dan kondisi kota yang akan Anda tempati tentu akan mempengaruhi kualitas hidup di sana nanti. Pahami semua hal ini dengan baik dan upayakan untuk mengenal secara detail kota yang akan dipilih nanti, agar memang benar-benar siap untuk pindah dan tinggal di sana.

  • Kegiatan di Tempat yang Baru

Meski telah pensiun, Anda tentu tidak akan diam dan menghabiskan sepanjang hari tanpa melakukan aktivitas / rutinitas yang baru. Sebagian besar pensiunan akan melirik usaha / bisnis tertentu yang sesuai dengan minat mereka, sehingga mereka memiliki kesibukan dan rumah tangga tetap memiliki sumber pendapatan. Penting untuk memikirkan hal ini sejak awal, agar tidak kebingungan dan sibuk mencari-cari rutinitas / pekerjaan di tempat yang baru nanti.

  • Kondisi Keuangan setelah Pindah

Masih berhubungan dengan poin di atas, kondisi keuangan tentu menjadi hal yang sangat penting untuk Anda perhitungkan sejak awal. Berapapun besarnya dana pensiun, tentu semakin lama uang tersebut akan habis juga jika tidak mengelolanya dengan baik dan tepat.

Pastikan kota tinggal yang baru bisa memberikan ruang untuk hal tersebut, sehingga kondisi keuangan Anda tetap berjalan baik ke depannya. Bukan hanya itu saja, upayakan juga memilih kota dengan biaya hidup yang rendah, atau setidaknya sesuai dengan kondisi keuangan tersebut. Dengan ketiga pertimbangan di atas, maka Anda bisa mulai memilih kota mana kira-kira yang paling tepat untuk menjadi tempat tinggal saat menikmati masa pensiun nanti.

Berikut 10 Kota yang bisa dijadikan pilihan untuk dijadikan tempat tinggal pada saat pensiun nanti:

Baca Juga : Buat Pensiunan, Cobalah Bisnis Ini Agar Tetap Produktif

1. Berastagi

berastagi

Berastagi via wordpress.com

 

Anda mungkin tidak asing lagi dengan kota sejuk yang satu ini, setelah kota Medan, maka Berastagi adalah kota kedua yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Sumatera Utara. Berada di Dataran Tinggi Karo, Berastagi menjadi kota bunga dan juga buah-buahan yang indah dan nyaman. Tinggal di sini membuat Anda bisa menikmati udara pegunungan yang bersih.

Terkenal sebagai penghasil buah dan sayuran terbaik, maka Anda tidak akan kekurangan asupan makanan sehat di kota ini. Letaknya yang hanya berjarak tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Medan, membuat Berastagi layak dijadikan sebagai pilihan. Akses jalan raya ke kota ini juga sudah bagus, lengkap dengan fasilitas kesehatan yang baik. Biaya hidup masih tergolong rendah, dan akan dimanjakan oleh banyak lokasi wisata menarik di sekitar kota ini.

2. Padang

Masih dengan suasana pegunungan di Sumatra, kota Padang juga menjadi salah satu kota yang patut Anda pertimbangkan. Kota ini memiliki cuaca yang masih sejuk dan juga nyaman untuk dijadikan sebagai tempat masa pensiun nanti.

Pertanian dan bisnis ternak juga masih memiliki peluang yang sangat baik di kota ini, sehingga tidak perlu bingung akan melakukan apa setelah pensiun dan pindah ke sini. Kondisi jalan raya sudah terbilang baik, begitu juga dengan fasilitas kesehatan yang ada juga sudah cukup memadai.

3. Lembang

Berjarak belasan kilometer saja dari pusat kota Bandung, Lembang juga menjadi kota yang nyaman untuk Anda jadikan sebagai pilihan. Udaranya yang sejuk dan kental dengan suasana pedesaan dengan nuansa kebun teh, akan menjadi daya tarik tersendiri.

 Pertanian dan juga pariwisata menjadi pilihan bisnis di kota ini, sebab kota ini memiliki jumlah kunjungan wisatawan yang sangat tinggi sepanjang tahun. Meski belum memiliki fasilitas kesehatan yang sangat lengkap, namun jaraknya yang dekat ke kota Bandung tidak akan menyulitkan untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik jika tinggal di Lembang.

4. Sukabumi

Masih di sekitar Jawa Barat, Sukabumi juga menjadi salah satu kota yang layak dipertimbangkan sebagai kota pensiun. Kota yang tenang ini akan membuat Anda nyaman dan betah tinggal di sana. Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan layanan kesehatan, sebab kota ini memiliki layanan kesehatan yang sudah memadai. Kondisi alamnya yang masih bersih, menjadi saya tarik tersendiri bagi Anda yang ingin tinggal di kota yang satu ini.

5. Yogyakarta

yogyakarta

Yogyakarta via blogspot.com

 

Kota kecil namun memiliki semua yang dibutuhkan, Yogyakarta menjadi pilihan banyak orang sebagai kota tinggal di masa pensiun mereka. Memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap, dengan biaya yang terbilang masih murah. Kota ini juga begitu nyaman dan bersih, sehingga akan membuat Anda betah dan bisa menikmati masa pensiun dengan bahagia. Biaya hidup di Jogja juga terbilang sangat murah, terutama jika memilih tinggal di wilayah perkampungannya.

6. Wonosobo (Dataran Tinggi Dieng)

Jika ingin tinggal di kawasan pegunungan, maka Wonosobo bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Kota yang nyaman dengan cuaca yang terbilang cukup dingin ini, sangat layak untuk dijadikan sebagai pilihan. Di sini Anda bisa menikmati masa pensiun dengan tenang, sebab kota ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan juga kesibukan jalan raya yang selalu padat dengan kendaraan bermotor.

7. Solo

Solo menjadi salah satu kota nyaman yang bisa membuat betah menikmati masa pensiun nanti. Kota ini memiliki fasilitas kesehatan dan juga pendidikan yang sangat baik, sehingga bisa memulai bisnis kost-kostan sebagai mata pencaharian yang baru sete;ah pensiun nanti. Biaya hidup di sini juga terbilang cukup rendah, hampir sama dengan biaya hidup di Yogyakarta.

8. Malang

Kota kecil yang berada di wilayah Jawa Timur ini, akan memberikan suasana sejuk dan nyaman. Malang memiliki fasilitas kesehatan dan juga pendidikan yang lengkap, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan kedua hal tersebut. Biaya hidup di kota ini juga masih terbilang rendah, lengkap dengan sejumlah lokasi wisata lama yang indah dan sejuk.

9. Manado

Kota yang terletak di wilayah Sulawesi ini juga bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Manado adalah kota yang terbilang cukup besar, namun masih memiliki kondisi alam yang baik dan terawat. Di sini bisa menemukan semua kebutuhan Anda dengan mudah, bahkan fasilitas kesehatannya juga bisa diakses dengan biaya yang rendah.

10. Ubud

bali

Ubud via shutterstock.com

 

Berada di Bali tidak selalu identik dengan keramaian dan juga nuansa yang itu-itu saja. Ubud menawarkan sensasi yang berbeda yang kental dengan nuansa seni serta area pertaniannya yang menghampar hijau. Anda akan nyaman dan betah tinggal di tempat ini, karena begitu tenang dan terkenal dengan penduduknya yang begitu ramah.

Kenali sebelum Memilih

Masa pensiun menjadi masa di mana Anda membutuhkan ketenangan dan juga menikmati masa tua. Untuk itu, temukan dan pilih kota terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan tersebut. Kenali secara detail kota pilihan, sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke sana setelah masa pensiun tiba.

Baca Juga : DPLK atau Reksa Dana? Manakah yang Menguntungkan sebagai Dana Pensiun