10 Manfaat Teh Celup

Apabila Anda adalah seorang penikmat teh seperti ribuan orang lainnya di seluruh dunia, dan Anda meminum teh setiap harinya, pernahkah terlintas dalam pikiran Anda mengenai: apa yang bisa dilakukan dengan kantong teh yang sudah dipakai? Masih bisakah kantong-kantong tersebut digunakan untuk hal lain? Jawabannya adalah iya. Kantong-kantong tersebut masih punya fungsi lain setelah Anda menggunakannya untuk membuat secangkir teh. Sebenarnya, banyak yang bisa dilakukan atau didapatkan dengan menggunakan kantong teh yang sudah diapakai. Mari kita ketahui lebih jauh lagi.

1. Meredakan Sariawan

Teh Celup dapat Meredakan Sariawan via cupegraf.com

 

Bukankah sangat mengganggu setiap Anda menggerakkan lidah Anda dan merasakan perih di area mulut Anda. Salah satu cara untuk menyembuhkannya luka kecil pengganggu tersebut adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Akan tetapi akan terasa sangat perih ketika Anda menggunakannya di bagian yang terdapat sariawan. Ditambah lagi, metode penyembuhan tersebut bukanlah metode yang murah. Anda harus membeli obat tersebut dengan harga yang lumayan tinggi.

Padahal, teh celup bekerja hampir sama dengan obat tersebut sebagai antiseptik untuk membersihkan luka dan sariawan yang ada dalam mulut Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menempelkan kantong teh celup itu pada bagian yang terkena sariawan, dan anda akan merasakan perbedaannya dengan relatif cepat.

2. Membersihkan Perabotan Rumah

Teh Celup Memangkas Pengeluaran untuk Perangkat Pembersih via instacleaners.co.uk

 

Kita pasti bisa merasakan perbedaan antara kain lap yang murah dengan yang mahal. Kain lap yang mahal dirasa bisa membersihkan permukaan meja dengan baik. Belum lagi Anda juga membeli semprotan pembersih sebagai alat tambahan. Akan tetapi, menggunakan kantong teh celup bisa mendapatkan fungsi yang tidak kalah baik dengan kain lap tersebut untuk membersihkan perabotan rumah.

Noda-noda kecil seperti saus, kecap, dan lainnya bisa dibersihkan menggunakan kantong kecil tersebut. Dengan begitu anda bisa menghemat uang Anda yang tadinya digunakan untuk membeli peralatan pembersih yang mahal dengan cara menggantinya menggunakan kantong teh celup.

Baca Juga: Hidup di Jakarta dengan 2 Juta Rupiah, Apa Bisa? 

3. Memulihkan Kulit Terbakar Matahari

Membantu Meringankan Kulit Terbakar Matahari via medicaldaily.com

 

Teh celup yang biasanya adalah teh hitam, atau apapun jenis tehnya, tampaknya bisa menjadi alternatif yang baik untuk meredakan rasa sakit pada kulit akibat terkena sengatan matahari dan iritasi ringan lainnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah menaruh kantong teh celup pada bagian yang terkena sengatan matahari dan Anda bisa mendapatkan rasa lega yang lumayan cepat. Hal tersebut lebih baik daripada Anda mengeluarkan uang untuk membeli krim atau salep di toko.

4. Mengusir Bengkak pada Mata

Membantu Mengatasi Bengkak pada Mata via sipnclick.info

 

Entah karena penuaan atau kurangnya jam tidur, area di sekitar mata Anda akan menjadi sangat sensitif. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan kantong teh celup layaknya anda menggunakan potongan mentimun seperti yang ada di salon kecantikan.

Anda hanya perlu menaruh kantong teh celup tersebut di dalam air dingin, tunggu sejenak, kemudian taruh kantong tersebut di atas kelopak mata Anda. Voila! Anda akan terlihat 10 tahun lebih muda, dan penggunaannya jauh lebih ekonomis daripada mendatangi salon-salon kecantikan atau membeli krim wajah.

Baca Juga: 7 Hal Ini adalah Sumber Pengeluaran Tak Terduga

5. Mendinginkan Wajah Setelah Bercukur

Memberikan Rasa Lega Setelah Bercukur via wordpress.com

 

Setelah mencukur, terkadang Anda merasakan panas pada bagian wajah Anda. Hal tersebut disebut dengan razor burn. Anda bisa menyelesaikan masalah itu jika Anda menyimpan kantong teh Anda. Daripada membalut wajah Anda dengan tisu toilet, Anda bisa menggunakan kantong teh celup pada wajah Anda pada bagian yang terasa panas karena luka sayatan kecil. Menggunakan kantong teh yang sudah didinginkan terasa lebih nikmat. Hal tersebut akan menghentikan pendarahan yang terjadi, dan antioksidan yang terkandung dalam teh akan membantu kulit Anda melakukan penyembuhan secara alami.

6. Melawan Timbulnya Jerawat

Teh Hijau Efektif Melawan Jerawat via naturalimageoc.com

 

Jerawat adalah salah satu gangguan yang terjadi pada wajah yang sangat amat mengganggu. Untungnya Anda bisa melawan jerawat tersebut dengan menggunakan teh hijau celup. Jelas sekali dan sudah terbukti di beberapa riset bahwa menggunakan teh hijau pada kulit yang berjerawat dapat mengurangi minyak berlebih dan kotoran yang mengumpul pada wajah sebanyak 70%.

Bukan hanya itu, perawatan untuk menanggulangi jerawat bisa sangat mahal. Maka dari itu, dengan memakai kantong teh hijau celup Anda mendapatkan alternatif untuk menghemat banyak uang dan juga mendapatkan wajah yang bersih.

7. Sebagai Bumbu Dapur

Teh Bisa Digunakan Sebagai Bumbu Tambahan via wordpress.com

 

Poin yang ini adalah poin yang keren. Selain menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu ketika Anda memasak daging, Anda juga bisa menambahkan daun teh pada bahannya. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menaburkan daun teh pada daging bersama dengan bumbu-bumbu yang lainnya ketika Anda sedang merendam daging. Daun teh akan membuat dagingnya bertekstur lebih lembut dan lebih kaya rasa. Itu adalah cara yang mudah dan efektif untuk membuat menu makan malam Anda terasa lebih lezat daripada Anda membeli bumbu-bumbu praktis yang sangat mahal.

8. Jadikan Pupuk Kompos

Bisa Juga Menjadi Kompos untuk Tanaman via reseaucompost.org

 

Teh celup dapat diubah menjadi pupuk kompos dengan beberapa cara. Anda bisa menaruh kantong teh celup bersama dengan materi kompos lainnya, dan membiarkannya beberapa waktu untuk terurai dan berubah menjadi pupuk. Atau, Anda bisa menyeduh kantong teh tersebut semalaman dan menggunakannya untuk mengairi tanaman hias Anda.

Kemudian, Anda juga bisa menaruh kantong teh celup yang sudah dipakai pada tanah di dekat tanaman Anda, yang dapat berfungsi juga sebagai penangkis terhadap hama. Cara-cara tersebut dapat membantu Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli suplemen tanaman dan obat pencegah hama.

Baca Juga: Cara Berhemat Ketika Kamu Jadi Pengangguran

9. Sebagai Penyegar Ruangan

Teh Bisa Berfungsi Sebagai Penyegar Udara Ruangan via teropongbisnis.com

 

Lupakan menggunakan merek-merek pewangi mahal atau juga lilin dengan wewangian untuk menjadikan ruangan Anda menjadi harum. Ini juga bisa diterapkan pada sepatu yang terlalu bau untuk dipakai.

Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan kantong teh celup dengan menaruhnya di dalam ruangan, atau sepatu yang berbau menyengat dan biarkan kantong tersebut selama beberapa hari. Setelah itu, Anda bisa mengeluarkan kantong tehnya dan sepatu Anda bebas dari bau tidak sedap serta siap untuk dipakai kembali. Praktis bukan? Anda juga bisa menggunakan teknik yang sama untuk menyegarkan ruangan yang pengap atau yang memiliki udara kurang segar. Anda hanya perlu menggantung kantong teh tersebut, atau juga bisa ditaruh di dalam lemari. Dengan begitu penciuman Anda akan segera merasakan sesuatu yang berbeda.

10. Mengatasi Bau Mulut

Mencegah Bau Mulut dengan Teh via letsridof.com

 

Untuk jenis apapun, daun teh memiliki kegunaan lain sebagai antibakterial. Itu berarti Anda dapat memanfaatkannya dengan cara merendam kembali teh celup yang sudah Anda pakai ke dalam air panas. Kemudian, begitu suhu airnya sudah kembali normal, Anda bisa menggunakan airnya untuk berkumur, yang mana dapat menyelamatkan Anda dari membeli obat kumur yang mahal di pasaran.

Baca juga: Mau Belanja Murah? Beli Private Label Aja

Jaga Supaya Tetap Segar

Dengan semua ide di atas dalam memanfaatkan kantong teh celup, Anda mungkin ingin menyimpan beberapa kantong yang sudah Anda pakai sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk menggunakannya. Kantong teh yang lembab dapat disimpan di ruangan terbuka selama satu hari. Sebalikya, jika Anda menyimpannya dalam kulkas Anda dapat mencegah tumbuhnya jamur atau bakteri dan bisa bertahan lebih lama. Perlu juga diingat bahwa makanan dalam bentuk apapun, termasuk juga teh, pada akhirnya akan membusuk meskipun disimpan di dalam lemari pendingin.

Jika ragu, gunakan indra penciuman Anda untuk menilainya. Jika kantong teh Anda mengeluarkan bau yang kurang sedap, sebaiknya Anda mengeluarkannya dari dalam kulkas kemudian menggantinya dengan yang lain supaya lebih aman. Yang paling penting adalah seberapa besar Anda bisa menghemat uang Anda jika mengikuti tips di atas.