10 Mas Kawin Unik ini Sempat Viral di Indonesia

Memberikan mas kawin di hari pernikahan merupakan hal yang lazim dilakukan. Mas kawin atau juga yang dikenal dengan sebutan mahar ini dikenal di hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Meski bentuk dan jumlahnya berbeda-beda, mahar merupakan pemberian berupa harta dari pihak mempelai laki-laki kepada mempelai wanitanya di hari pernikahan. Aturan dalam pemberian mas kawin ini tentu akan berbeda-beda, tergantung pada tradisi serta adat dan juga ajaran agama kedua mempelai. 

Tidak hanya dalam bentuk emas pada umumnya saja, belakangan ini sejumlah pernikahan juga menggunakan berbagai mas kawin yang unik, lucu, bahkan ada yang tak masuk akal. Agar rasa penasaran hilang, simak beberapa mas kawin terunik di Indonesia yang sempat viral di masyarakat yang telah dikumpulkan Cermati dari berbagai sumber, di antaranya: 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Kain Kafan 

kain kafan
Kain kafan

Bukan barang mewah nan indah, mempelai wanita asal Indonesia ini membuat syarat mas kawin yang tidak biasa bahkan menakutkan. Bagaimana tidak, pernikahan Ariyati dan Indra beberapa waktu lalu menggunakan kain kafan sebagai mas kawinnya. 

Wanita ini memiliki alasan tersendiri hingga meminta mas kawin tersebut, kelak jika meninggal Ariyati ingin menggunakan kain kafan pemberian suaminya tersebut sebagai teman di alam sana. 

2. Secangkir Kopi

kopi
Secangkir Kopi

Permintaan mas kawin yang tidak biasa ini datang langsung dari mempelai wanitanya kepada Angga Yudhistira. Wastiti Putri SW menginginkan secangkir kopi sebagai maharnya dan hal ini disanggupi oleh mempelai pria. Angga meracik sendiri kopi tersebut di hadapan penghulu dan tamu undangan yang datang ke pernikahannya. 

3. Hafal Surat Ar-Rahman

alquran
Hafal Surat Ar-rahman

Permintaan mas kawin yang unik datang dari mempelai wanita, Auliya Rahmi Fadhillah hanya menginginkan calon suaminya menghafalkan surah Ar-Rahman sebagai maharnya. Dodi Hidayat membaca ayat Al Quran tersebut langsung di hadapan para tamu undangan yang menghadiri pernikahannya di salah satu masjid di Kota Kembang. Suasana begitu haru, hingga akhirnya keduanya melangsungkan ijab kabul dengan hikmad. 

4. Babi Guling

babi guling
Babi guling via hindu25.blogspot.com

Mas kawin yang satu ini populer di Bali, di mana pihak mempelai pria wajib membawa banten (sarana upacara seserahan) dan juga babi guling sebagai mahar pernikahan kepada pihak wanita. Babi guling ini biasanya dibagikan kepada keluarga dan juga kerabat serta tetangga mempelai wanita setelah prosesi pernikahan selesai. 

5. Sandal Jepit

  sandal
Sendal Jepit via loop.co.id

Pernikahan pasangan asal Kebumen ini terjadi di akhir 2018 lalu. Budi Risdianto memberikan sepasang sandal jepit sebagai mas kawin kepada mempelai wanitanya yang bernama Julia Warasita. Mahar yang tidak biasa ini jelas mengundang berbagai komentar dari netizen.

Baca Juga: 7 Kado Pernikahan Unik yang Murah Meriah

6. Al-fatihah dan Ayat Kursi

alquran
Alfatihah dan ayat kursi

Bukan hanya heboh karena akan menikahi seorang bule yang cantik, pernikahan Nur Khamid juga menggunakan mas kawin yang tidak biasa. Pria asal Magelang ini membacakan surat Al-Fatihah dan juga Ayat Kursi sebagai mahar pernikahannya dengan Polly Alexandria Robinso, wanita cantik asal Inggris yang resmi menjadi istrinya. 

7. Segelas Air Putih

air putih
Segelas Air putih

Meminta mas kawin yang tidak biasa, Rohani hanya menginginkan segelas air putih dari mempelainya yang bernama Hari. Pernikahan yang sederhana ini terjadi di Aceh, tepatnya di Masjid Alfalah Kampung Pea Jambu. Mempelai wanita meneguk sendiri segelas air putih yang merupakan mahar pernikahannya tersebut, sesaat setelah resmi menjadi istri Hari. 

8. iPhone Terbaru

iphone
iPhone terbaru 

Ponsel canggih keluaran terbaru dari iPhone menjadi salah satu mas kawin yang diminta oleh seorang pria sebagai mahar pernikahan adik perempuannya. Mempelai pria menyanggupi permintaan yang tidak biasa ini dan akhirnya menikah dengan mempelai wanitanya seperti yang telah direncanakan sejak awal.

Baca Juga: Tips Hemat Wujudkan Resepsi Pernikahan Impian

9. Knalpot Motor

knalpot
Knalpot motor via wolipop.detik.com

Unik dan tidak biasa, pernikahan yang berlangsung di Magetan, Jawa Timur ini juga mengundang perhatian banyak orang. Mempelai pria tidak membawa berbagai perhiasan atau uang sebagai maharnya, namun memberikan sebuah knalpot motor sebagai mas kawin kepada mempelai wanitanya. 

10. Saham Senilai Rp 27 juta

saham
Saham senilai Rp27 juta via jogja.tribunnews.com

Digelar di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu, pernikahan Idunk dan Annisa cukup menyita perhatian. Pria ini memberikan sejumlah saham perusahaan farmasi sebagai mas kawinnya kepada mempelainya, di mana saham ini diberikan dalam bentuk lembaran sertifikat yang sudah terbingkai rapi dan menarik. 

Mas Kawin Unik, Pernikahan Makin Berkesan

Pada dasarnya mas kawin ini tidaklah harus mahal, sebab ini justru bisa membebani mempelai yang akan menikah atau bahkan menjadi hambatan dalam pernikahan. Pilih mas kawin yang sesuai kemampuan yang unik dan tepat, agar pernikahan memberikan kesan yang mendalam bagi kedua mempelainya. Akan tetapi, mas kawin yang disiapkan tersebut juga berdasarkan kesepakatan bersama.

Baca Juga: Hobi Handycraft Antarkan Yunita jadi Pebisnis Mahar Pernikahan dan Sewa Backdrop Acara