10 Negara yang Punya Utang Paling Banyak di Dunia

Negara berkembang bisa dibilang menjadi negara yang paling banyak berutang ke luar negeri. Tapi, jangan salah dulu, banyak negara maju yang juga hobi berutang untuk membangun negaranya agar seindah saat ini. Jumlah pinjaman yang diajukan setiap negara juga bombastis. Bukan lagi miliaran, bahkan triliunan juga ada.

Berikut ini 10 negara yang katanya punya utang paling banyak di dunia.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat
Amerika Serikat

Siapa sangka negara super power seperti Amerika punya utang yang sangat banyak? Gaya hidup orang Amerika yang extraordinary atau super mewah ternyata membawa negara ini pada jumlah utang yang sangat besar.

Pada awal 2018 yang lalu, Amerika sudah mencatatkan rekor utang sebesar US $19,947 miliar atau setara dengan Rp274 triliun. Jumlah yang sangat bombastis!

2. Yunani

yunani
Yunani

Negara yang dihuni oleh orang-orang pintar sekalipun juga bisa mencatatkan jumlah utang yang sangat besar. Salah satu penyebab menumpuknya utang negara Yunani adalah banyaknya perusahaan yang bangkrut karena tidak mampu bersaing. Selain itu, gaya hidup masyarakat di Yunani juga sangat glamor. Setiap weekend, mereka tidak segan-segan menghabiskan banyak uang untuk party semalaman.

Jumlah utang yang besar akhirnya berhasil disiasati dengan pengurangan PDB yang cukup besar yang dilakukan oleh pemerintahan Yunani sampai sekarang.

3. Jepang

Jepang
Jepang

Rasio utang yang dimiliki oleh Jepang sebesar 234,7% dibandingkan jumlah PDB yang dimiliki. Angka tersebut naik drastis setiap tahun mengingat tingginya angka pembangunan yang dilakukan pemerintah Jepang bagi negaranya, terutama di bidang teknologi.

Baca Juga: Jadikan Nyata Impian Traveling ke Jepang dengan Tips Berikut Ini

4. Republik Rakyat Cina

Cina
Cina

Beberapa tahun terakhir, RRC alias Cina juga ditimpa kasus tidak mengenakkan soal ekonomi. Negara ini mulai digoncang krisis ekonomi akibat terlalu menggantungkan diri pada negara lain. Selain itu, gaya hidup masyarakat di Cina yang sangat high class juga mendorong tingkat krisis ekonomi.

Namun, krisis ekonomi ini tampaknya berhasil diatasi sedikit demi sedikit. Hal ini berkat meningkatnya jumlah turis yang berkunjung ke negeri tembok raksasa ini yang dipercaya dapat menambah devisa negara.

5. Italia

Italia
Italia

Italia termasuk negara kedua yang memiliki jumlah utang paling besar setelah Yunani. Negara yang sangat diagung-agungkan karena cerita sejarah ini terpaksa menanggung jumlah utang yang besar akibat banyaknya masyarakat di Italia yang menganggur.

Seperti yang kita tahu, pengangguran di negara-negara di Eropa menjadi tanggungan pemerintah. Pemerintah wajib memberi tunjangan kepada masyarakat supaya dapat bertahan hidup. Inilah yang dirasakan oleh Italia. Apabila negara ini tidak mampu membayar utang-utangnya, krisis ekonomi yang terjadi mungkin dua kali lipat lebih parah dari apa yang terjadi di Yunani.

6. Jerman

Jerman
Jerman

Jerman termasuk negara yang maju di dunia pendidikan dan ekonomi. Namun, Jerman juga tidak lepas dari utang. Tingginya jumlah pembangunan di Jerman menyebabkan negara ini harus rela berutang ke luar negeri. Hingga saat ini, jumlah utang yang ditanggung oleh Jerman sebesar US $2,491 miliar atau setara dengan Rp 34 triliun.

7. Portugal

Portugal
Portugal

Krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 2014 yang lalu ternyata masih menjadi pukulan keras bagi Portugal. Rasio utang yang dimiliki oleh Portugal di tahun 2017 sebesar 126,2% dibanding jumlah PDB yang didapat. Jumlah ini sudah berhasil berkurang jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Baru yang Wajib Masuk “List” Destinasi Favorit para Backpacker Traveller

8. Jamaica

Jamaica
Jamaica

Negara Caribbean yang satu ini juga tidak luput dari utang. Rasio utang yang dimiliki oleh Jamaica mencapai 130,1% dibandingkan tingkat PDB negara. Tingginya angka rasio ini disebabkan karena Jamaica melakukan jumlah pinjaman yang sangat besar dalam 10 tahun berturut-turut.

9. Eritrea

Eritrea
Eritrea

Negara kecil yang berada di Benua Afrika ini juga tercatat sebagai negara peminjam yang paling besar di dunia. Rasio PDB terhadap jumlah utang sebesar 119,8%, membuat negara ini kerap tertimpa krisis ekonomi yang tidak pernah berkesudahan sejak tahun 1998.

10. Irlandia

irlandia
Irlandia

Negara yang terletak di bagian barat laut Eropa ini memiliki rasio utang sebesar 122,8% dari jumlah PDB-nya. Namun, utang yang ditanggung oleh negara ibukota Dublin ini tampaknya mulai berkurang sejak adanya program refinancing atau pendanaan kembali yang dilakukan oleh pemerintahan di Irlandia.

Utang Indonesia Belum Seberapa

Indonesia yang dikenal memiliki angka pengangguran dan jumlah utang yang tinggi tampaknya belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan negara lain di dunia. Bersyukurlah kita tidak termasuk dalam negara dengan utang terbesar. Mudah-mudahan utang yang dimiliki negara ini lambat laun bisa dibayarkan dari hasil alam yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 10 Negara Bebas Visa Untuk WNI Selain di ASEAN