10 Pekerjaan ‘Hip’ Ini Cocok Jadi Sampingan yang Menjanjikan

Jaman sekarang sudah tidak susah kok cari uang tambahan. Kecanggihan teknologi internet dan banyaknya platform online gratis yang populer mempermudah banyak orang untuk mencari peluang baru untuk mencari tambahan uang.

Contohnya Youtuber atau Vlogger. Tadinya kedua job hanya lah dianggap sebagai nama dari sebuah kegiatan atau hobi. Tapi dengan meningkatknya kepopuleran platform broadcast online seperti Youtube dan lainnya. Kedua job ini pun akhirnya naik level menjadi profesi yang dianggap secara serius bahkan bisa lebih menghasilkan dari jenis pekerjaan profesional lainnya.

Nah, selain kedua pekerjaan diatas. Ada lagi beberapa jenis profesi baru yang lahir dari kecanggihan teknologi internet atau tren lain yang sedang digemari masyarakat yang tidak hanya menghasilkan tapi juga bisa meningkatkan karir atau memperluas jaringan profesional kamu. Pokoknya untung dan untung.

Berikut 10 pekerjaan baru yang cukup menguntungkan dengan memanfaatkan tren yang sedang populer dan bisa dikerjakan siapa saja sebagai kerjaan sampingan baru untuk menambah penghasilan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Food Broadcaster

food broadcaster

Food Broadcaster atau Mukbanger adalah sebutan untuk orang-orang yang doyan makan dan memamerkannya dengan meng-upload video mereka ketika makan baik ke akun sosial media mereka atau Youtube. Pekerjaan ini tentu akan sangat menyenangkan, karena siapa sih yang tidak suka makan?

Para Mukbanger yang telah sukses seperti TV Diva, Embeuro, Syuginim dan Yuka Kinoshita, tentu tidak hanya mendapatkan banyak uang tapi berbagai kesempatan untuk melakukan wisata kuliner ke berbagai negara secara gratis baik dari endorsment atau undangan khusus.

Duitnya banyak? Banyak banget jika kamu konsisten dengan konten yang kamu berikan baik dari segi kualitas dan kuantitas. Penghasilan sebagai seorang Food Broadcaster bisa mencapai puluhan juta rupiah loh dari perhari sampai perbulannya. Bahkan jika kamu bisa lebih populer lagi, kamu bisa dapat angka hingga ratusan juta rupiah sebagai penghasilan.

2. Product Reviewer

Product Reviewer

Bagi yang masih asing dengan istilah ini. Sebutan ini ditunjukan orang-orang yang senang melakukan review atau membandingkan sebuah produk baru baik itu makanan, minuman, makeup bahkan sampai barang elektronik.

Biasanya para Product Reviewer ini akan membuat sebuah blog atau meng-upload video tersebut ke Youtube atau sosial media untuk memberikan informasi sedetail mungkin tentang produk yang sedang di review.

Puncak karir dari seorang Product Reviewer tentu saja dibayar tinggi untuk menguji atau mencoba pertama kali sebuah produk baru dari perusahaan-perusahaan besar dengan bayaran yang tentu saja lumayan besar. Perusahaan besar seperti Amazon biasanya yang menggunakan jasa para product reviewer untuk menguji produk mereka secara jujur dan objektif sebelum di luncurkan secara resmi.

Bayarannya bisa mencapai berapa? Jika kamu sudah jago banget dalam mengulas sebuah produk dan bisa sedetail mungkin bahkan mampu membandingkannya dengan detail terhadap produk lain sehingga bisa memberikan review yang lengkap. Bayaran yang bisa kamu dapat bisa mencapai hingga puluhan juta rupiah untuk sekali tester.

Baca Juga: Pekerjaan Baru di Era Millenial yang Cocok Jadi Part Time Job

 

3. Youtube Reactor

Youtube reactor

Ternyata Youtuber itu masih terbagi lagi loh. Ada beberapa jenis Youtuber yang lalu-lalang ada yang dibidang Beauty and Fashion, ada yang makanan/kuliner, seni dan entertainment. Nah, yang paling baru adalah Reactor. Apa sih itu?

Reactor pada Youtube yaitu bisa dibilang sebagai pemberi reaksi terhadap apa yang sedang trend di Youtube, baik itu video atau topik yang sedang ramai dibahas. Youtuber Reactor mulai populer semenjak meningkatnya popularitas Kpop di industri musik.

Akhirnya banyak para penggemar musik yang masih asing dengan Kpop memulai video reaksi ini untuk memberikan reaksi jujur kepada orang-orang tentang pendapat mereka mengenai Kpop baik itu videonya, fashionnya, musik hingga para pelakonnya.

Dengan meningkatknya Fans Kpop diseluruh dunia tentu saja membuat kegiatan yang satu ini akhirnya cukup digemari dikalangan para Kpop lovers yang ingin tahu pendapat orang-orang tentang Kpop terutama tentang artis favoritnya.

4. Gamers

gamer

Jika kamu dedikasi banget nih sama hobi nge-game kamu kenapa tidak coba untuk menjadi seorang atlit game, atau setidaknya sebagai product tester games baru. Perusahaan games besar seperti Xbox atau Nintendo Wii biasanya lebih memilih Gamers diluar perusahaan untuk melakukan tester terhadap produk games baru mereka.

Nah, jangan jadi hobi belaka coba mulai dengan memanfaatkan platform popular seperti Youtube untuk menunjukan keahlian kamu dalam bermain game, atau melakukan product reviewt terhadap jenis games yang sedang kamu mainkan.

Jika kamu sudah terkenal dan cukup credibel dalam mengulas berbagai informasi penting mengenai setiap game yang telah kamu coba mainkan. Kesempatan di kontak oleh berbagai perusahaan games besar pun terbuka lebar, atau lebih baik menjadi atlet e-sport (gamers).

5. Content Writer dan Copy Writer

content dan copy writer

Mencari lowongan untuk job yang satu ini sangatlah mudah. Kamu bisa mengunjungi site freelance yang bisa kamu kunjungi untuk lamar-lamar job ini bisa ke upwork.com, freelancer.com, guru.com, dan toptal.com sebagai situs yang paling banyak memberikan lapak pekerjaan untuk para freelancer untuk Content writer dan Copy Writer.

Di situs itu kamu akan menemukan banyak perusahaan startup berbasis online baik fintech atau e-commerce baru yang membutuhkan banyak content writer dan copy writer untuk bisa membantu mereka mengisi website untuk artikel atau deskripsi produk.

Menjadi content writer atau Copy Writer kamu bisa mengantongi sekitar Rp500 ribu – Rp2 jutaan bahkan bisa lebih, tergantung dari penawaran yang dipasang, kesulitan atau kuantitasnya per projectnya.

6. Social Media Buzzer

social media buzzer

Punya banyak waktu luang untuk bermain sosial media kenapa tidak dijadikan kebiasaan yang menghasilkan juga? Menjadi sosial media buzzer adalah pekerjaan yang cukup mudah untuk dilakukan dan sangat mudah dicari lowongannya.

Tapi menjadi social media buzzer kamu cukup konsisten dan disiplin waktu untuk update saja dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sekali update di setiap satu akun sosial media pun paling hanya memakan waktu sekitar 5 menit.

Kamu tidak perlu menyiapkan bahan update atau berusaha mencari follower sebanyak-banyaknya karena itu sudah diatur oleh agensi. Kamu hanya perlu mencoba menyebarkan setiap konten sebanyak-banyaknya dan secepat-cepatnya. Menjadi Social Media Buzzer kamu bisa mendapatkan sekitar Rp500 ribu sampai jutaan sesuai dengan jangka waktu project yang ditentukan baik itu seminggu, sebulan atau lebih.

Baca Juga: Ingin Coba Kerja Part Time dengan Perusahaan Asing Darimana Saja? Cek Lowongannya Disini!

 

7. Fotografer Traveller

fotografer

Untuk kamu yang hobi fotografi dan travelling pasti akan tertarik dengan job yang satu ini. Kamu bisa mendapatkann bayaran dengan menyetok sebanyak-banyaknya foto yang kamu ambil selama berlibur untuk bisa dijual melalui website-website khusus seperti Shutterstock dan i.Stock sampai ke yang khusus untuk gambar ala-ala liburan, untuk website-website atau blog yang bertemakan pariwisata.

Kamu memberikan hasil jepretan kamu dengan tawaran harga tertentu. Untuk Shutterstock dan iStock kamu bisa buat akun untuk bagian creatornya terlebih dahulu, lalu kamu akan dapat uang untuk setiap foto kamu yang didownload. Ingat semakin profesional kamu dan semakin banyak nama kamu wara-wiri di berbagai website tersebut bisa semakin mahal harga perfotonya.

8. Driver Kendaraan Online

gojek

Sekarang sudah banyak loh platform untuk pekerjaan ini yaitu Gojek, Grab sampai Anterin. Modalnya kamu cukup punya kendaraan bermotor sama surat-surat kendaraan yang lengkap, pinjam teman juga tidak apa-apa asal, SIM-nya atas nama sendiri yah. Kelebihan pekerjaan ini bisa kamu kerjakan ketika punya waktu luang atau kalau memang sedang ingin saja.

Jika kamu tidak mau bagian antar-jemput pelanggan ada pilihan lainnya yang bisa dikerjakan seperti go-food, go-mart dan grab food. Bonus dan tipsnya sama banyaknya dengan yang antar jemput pelanggan, jadi tidak usah pusing hitung-hitungan soal mana yang lebih untung.

Dalam sehari menjadi driver ojek online kamu bisa mendapatkan penghasilan setidaknya dari Rp100 ribu sampai Rp300 ribuan atau lebih per hari.

9. Barista

barista

Munculnya banyak cafe dan tempat nongkrong menjadikan kopi sebagai minuman favorit kekinian yang diminati banyak orang, dari remaja hingga orang dewasa.

Walaupun menjadi Barista sebagai part time job memang sedikit membutuhkan sedikit effort lebih, apalagi jika melamar di cafe dengan brand populer kamu harus menempuh proses training terlebih dahulu sebelum resmi diterima menjadi Barista di cafe tersebut. Tapi ternyata penhasilannya sangat lumayan loh

Untuk yang ingin mencoba menjadi part timer Barista tapi masih bekerja di kantor paginya solusinya adalah coba cari cafe atau tempat nongkrong yang menawarkan shift yang tidak bentrok dengan jam kerja utama kamu. Jangan cari cafe yang memiliki waktu buka sampai 24 jam karena kamu bisa terancam dipaksa lembur atau diletakan di shift yang terlalu malam.

Biasanya ada barista yang di bayar perhari dari Rp80 ribuan sampai ratusan ribu tergantung dari gensi cafenya atau lamanya pengalaman bekerja menjadi barista.

10. Pemberi “Feedback” untuk Website-Website Baru

pemberi feedback

Enaknya dari pekerjaan ini tidak perlu banyak memakan waktu, hanya perlu bermodalkan laptop dan kuota internet (bisa pake wifi kantor biar tambah hemat) dan bikin akun untuk bisa login ke website yang meng-hire kamu untuk kasih feedback ke mereka.

Biasanya tingginya bayaran di pertimbangkan dari berapa banyak akun yang bisa kamu buat. Karena tentu saja di perlukan banyak “feedback” yang bagus untuk sebuah website baru biar pengunjungnya terus bertambah.

Bayaran menjadi pemberi feedback cukup beragam mulai dari puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu tergantung dari kuota feedback yang harus kamu berikan.

Bisa untuk Menambah Ilmu dan Pengalaman

Keuntungan lain dari mencoba memiliki pekerjaan sampingan adalah bisa menyentuh bidang lain untuk dikerjakan selain pekerjaan utama kamu. Lumayan kan selain untuk menambah penghasilan tapi bisa juga untuk pengetahuan dan skill kamu, bahkan bisa kamu jadi kan pengalaman kerja untuk mempercantik CV nanti saat kamu akan melamar pekerjaan baru.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Sampingan yang Sepertinya Remeh Tapi Ternyata Lumayan Menghasilkan