10 Tanda Kartu Kredit Harus Segera Diganti

Ada lebih dari 17 juta kartu kredit yang beredar di masyarakat Indonesia per September 2016. Data yang dihimpun Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) menunjukkan adanya peningkatan kebutuhan akan kartu kredit di Indonesia. Sebagai perbandingan, tahun 2015 jumlah kartu kredit yang digunakan mencapai 16.863.842. Sementara hanya dalam tempo sembilan bulan (Januari-September 2016), tampak adanya lonjakan lebih 200.000 kartu kredit.

Dapat diartikan jumlah kartu kredit yang bertumbuh selang satu tahun menandakan bahwa kartu kredit semakin diminati banyak orang. Terlebih pada era sekarang ini kebanyakan orang mengejar kepraktisan dan kemudahan dalam melakukan transaksi sehari-hari. Ditambah lagi kartu kredit memberikan manfaat lain, seperti rewards atau cash back yang memberikan untung lebih dalam bertransaksi. Di samping itu, kartu kredit menyediakan layanan cicilan yang berguna untuk beberapa keperluan semisal membayar cicilan smartphone, belanja produk elektronik, hingga biaya travelling.

Tingginya minat masyarakat untuk memiliki kartu kredit menjadi peluang bagi perbankan guna memasarkan produk kartu kredit mereka. Bank-bank pun bersaing satu sama lain dalam menawarkan produk kartu kredit dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Fitur dan layanan kartu kredit ditingkatkan agar masyarakat semakin aktif bertransaksi dengan kartu kredit.

Berbagai tawaran kartu kredit dari berbagai bank bisa dilihat sebagai peluang positif dalam memilih kartu kredit yang tepat untuk Anda dan pastinya sesuai kebutuhan. Ditambah lagi, ada beragam keuntungan dari bertransaksi dengan kartu kredit yang bisa didapatkan. Bagi Anda yang sudah memiliki kartu kredit, tak ada salahnya jika Anda mencoba melakukan review sederhana kartu kredit Anda, Apakah kartu kredit Anda sudah memberikan banyak keuntungan bertransaksi? Atau sebaliknya Anda justru ingin mengganti kartu kredit.

Simak 10 tanda kartu kredit yang harus segera diganti dengan yang baru agar Anda semakin nyaman dan happy bertransaksi dengan kartu kredit Anda.

Baca Juga: Peraturan Bank Indonesia Tentang Kepemilikan dan Limit Kartu Kredit

1. Kondisi Kredit yang Telah Membaik

Kartu Kredit Terbaik

Cek Penggunaan Kartu Kredit via contractax.com

 

Penggunaan kartu kredit akan dibatasi ketika kredit Anda memburuk. Bisa saja Anda mau tak mau membuka Secured Credit Card (SCC). Atau menerima kartu kredit yang tak sesuai harapan supaya tetap bisa kredit dan memenuhi persyaratan demi sesuatu yang lebih baik. Begitu kredit membaik, Anda perlu segera mencari kartu kredit baru yang lebih baik dari sebelumnya. Tanpa annual fee, memiliki bunga kartu kredit yang rendah, dan mungkin rewards yang lebih banyak.

2. Mendapat Penawaran Kartu Kredit yang Lebih Baik

Ada tawaran kartu kredit masuk ke email dan lebih baik dari yang Anda pakai. Saatnya mempertimbangkan untuk mengambil salah satu dari yang ditawarkan. Sebelum mengambil, bandingkan kartu kredit yang ditawarkan melalui email dengan yang ditawarkan di internet. Kalau tertarik, hubungi bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Atau apply online apabila keputusan Anda sudah bulat.

3. Bunga Kartu Kredit yang Dimiliki Tinggi

Bunga Kartu Kredit Kecil

Bunga Kartu Kredit Naik via australiannationalreview.com

 

Ada baiknya cobalah negosiasi terlebih dahulu sebelum Anda beralih ke kartu kredit yang baru. Bila hasilnya negatif, bersiaplah untuk memindahkan saldo terutang (balance transfer) Anda ke kartu kredit baru. Anda dapat melakukan balance transfer dengan bunga awal 0% dalam jangka waktu tertentu dan membayar cicilan kredit tanpa bunga. Setidaknya, dengan kartu kredit yang baru, beban cicilan kredit Anda berkurang.

4. Tidak Mendapatkan Rewards

Kini kebanyakan kartu kredit yang ditawarkan memiliki rewards. Merasa rewards kartu kredit yang digunakan sedikit atau tidak mendapatkannya sama sekali maka pertimbangkan untuk segera beralih. Terlebih Anda sering menggunakan kartu kredit dan membayar cicilan tanpa kurang sedikit pun. Sudah tentu memiliki kartu kredit yang menawarkan rewards lebih bermanfaat ketimbang kartu kredit yang Anda gunakan sekarang.

5. Tidak Dapat Rewards dan Cash Back Meskipun Transaksinya Besar

Cash Back Kartu Kredit

Ilustrasi Cash Back Kartu Kredit via moveyourmoneyproject.org

 

Biasanya rewards yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit berupa poin. Dengan poin yang dikumpulkan dalam jumlah tertentu, sejumlah hadiah bisa didapat dengan menukarkannya. Misalnya, diskon belanja, voucher tiket perjalanan, atau promo. Sementara adanya cash back memberi keuntungan berupa uang kembali yang besar alias potongan harga. Namun, kalau tak menikmati hal-hal tersebut meskipun transaksinya besar, palingkan diri Anda ke kartu kredit yang menawarkan rewards dan cash back yang menarik.

6. Limit Kredit Tidak Naik

Pendapatan naik begitu juga dengan skor kredit yang lebih besar dibandingkan kartu kredit lain ataupun kartu kredit Anda. Asalkan kebutuhan akan penggunaan kartu kredit, tapi limit kredit stagnan. Waktunya bagi Anda untuk mencari kartu kredit baru. Beberapa kartu kredit mempunyai limit kredit meningkat maka ambillah tawaran kartu kredit dengan limit yang besar.

7. Bayar Annual Fee, tapi Tak Dapat Keuntungan Tambahan

Annual Fee Kartu Kredit

Hitung Annual Fee Kartu Kredit via wordpress.com

 

Nyatanya, hampir semua bank bersaing dalam memberikan keuntungan bagi orang-orang yang menggunakan kartu kreditnya, termasuk keuntungan tambahan. Andaikan kenyataan pula bahwa kartu kredit yang Anda gunakan nihil keuntungan tambahan, pilihannya cuma satu: tinggalkan.

8. Ingin Mendapatkan Keuntungan dari Bonus Pendaftaran

Bonus yang ditawarkan bank biasanya berlaku dalam jangka waktu tertentu, rata-rata tiga bulan. Untuk menikmatinya, tentu harus mendaftarkan diri agar mendapatkan kartu kredit alias memiliki kartu kredit baru. Belum pernah merasakan bonus tersebut dari kartu kredit Anda? Apakah masih berniat untuk mempertahankan kartu kredit yang Anda gunakan sekarang, padahal bonus tersebut tidak diberikan?

9. Bukan Milik Sendiri

Kartu Kredit Bersama

Kartu Kredit Milik Bersama via treetsmartbrazil.com

 

Awalnya memiliki kartu kredit bersama tampak menjadi ide yang baik. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pemakaian kartu kredit bersama tergantung dari bagaimana Anda bersama rekan Anda menggunakannya. Apakah rekan Anda lebih sering menggunakan? Atau Anda sendiri yang lebih sering? Dipandang sudah memenuhi kualifikasi untuk memiliki kartu kredit, segeralah cari kartu kredit yang bisa Anda miliki sendiri.

10. Merasa Kecewa

Pada mulanya, kenyamanan bisa dirasakan dari kartu kredit Anda yang belum lama diterbitkan bank. Lama-kelamaan ada yang tidak beres setelah beberapa lama mungkin selama satu tahun Anda menggunakan kartu kredit. Misalnya, sewaktu membayar tagihan, mata Anda dibuat terbelalak sebab terdapat biaya-biaya yang tanpa diduga mesti Anda bayarkan. Keberadaan biaya-biaya itu pun tidak dikonfirmasikan terlebih dahulu kepada Anda.

Nah, kalau sudah begitu, sudah pasti Anda yang rugi. Tak perlu pikir panjang lagi, tutup kartu kredit yang Anda gunakan sekarang dan registrasikan diri Anda untuk mendapatkan kartu kredit lain yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Baca Juga: Sejarah Kartu Kredit di Dunia dan Indonesia

Lebih Baik Segera daripada Menunda

Setelah mengetahui tanda-tanda yang sudah diterangkan di atas, cobalah selidiki dan cermati apakah beberapa di antaranya terjadi pada diri Anda. Jika demikian, jangan menunda-nunda untuk mengganti kartu kredit Anda. Kesempatan tidak datang dua kali. Begitulah ungkapan klise yang sering diucapkan atau dituliskan. Dan sampai sekarang ungkapan tersebut masih relevan. Karena itu, lebih baik segera mengganti kartu kredit begitu ada kesempatan daripada Anda menundanya dan membiarkannya berlalu begitu saja.

Baca Juga: 5 Cara Menutup Kartu Kredit