10 Tempat untuk Menghabiskan Akhir Pekan Bersama Anak

Bagi yang telah memiliki anak, mengajak mereka bermain dan menikmati akhir pekan tentu bukan sebuah hal yang baru lagi. Akhir pekan menjadi momen yang berharga untuk dilalui bersama Si Kecil, terutama jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja dan menghabiskan banyak waktu di kantor sepanjang minggu. Bagaimanpun juga, Anda tentu tidak ingin kehilangan waktu berharga bersama anak-anak, bukan?

Menghabiskan waktu di rumah bersama seluruh anggota keluarga merupakan pilihan yang tepat. Namun hal ini akan terasa membosankan, jika melakukannya setiap kali akhir pekan tiba. Anak-anak mudah bosan jika diajak untuk melakukan aktifitas yang sama secara berulang-ulang, apalagi jika melakukannya hanya di rumah saja.

Sesekali, tak ada salahnya mengajak mereka ke luar dan menikmati akhir pekan di tempat yang berbeda. Bukan hanya menyenangkan, hal ini juga akan membuat mereka bersemangat untuk berpetualang di berbagai tempat baru yang mereka kunjungi nanti.

Berikan Pengalaman Baru yang Menyenangkan

Tidak harus selalu mahal, dengan budget minim sekalipun tetap bisa mengunjungi tempat-tempat baru bersama anak-anak. Anak-anak akan menyukai lingkungan baru yang mereka temui dan mereka juga bisa melihat dunia yang berbeda dari yang selama ini mereka ketahui. Kegiatan ini akan memberikan anak pengalaman dan juga banyak pelajaran, terutama jika Anda dan pasangan bisa memiliki lokasi yang tepat untuk melewatkan akhir pekan dengan menyenangkan.

Berikut ini adalah 10 tempat pilihan yang bisa dikunjungi untuk akhir pekan menyenangkan bersama anak-anak:

Baca Juga: Penting! Siapkan Ini Sebelum Pergi Liburan

1. Wisata Kuliner di Pasar Tradisional

Menikmati Kuliner di Pasar Tradisional
Menikmati Kuliner di Pasar Tradisional

Pernahkah mengajak anak Anda ke pasar tradisional dan melihat kondisi pasar yang sesungguhnya? Jika belum, maka tidak ada salahnya untuk menjadwalkan rencana perjalanan yang satu ini. Tidak perlu khawatir, anak-anak akan menyukai pasar tradisional, terutama jika selama ini mereka belum pernah mengunjunginya. Jangan hanya ke mall dan supermarket saja, sesekali Anda juga perlu mengenalkan mereka dengan lingkungan pasar tradisional yang masih sangat Indonesia sekali.

Ajaklah anak untuk berbelanja dan membeli berbagai kebutuhan dapur, seperti buah dan sayuran. Jangan lupa untuk mengenalkan mereka pada aneka panganan yang terdapat di sana, terutama yang selama ini belum pernah mereka kenal dan cicipi. Ajak anak-anak untuk menikmati wisata kuliner dan mencicipi beragam jajanan tradisional yang terdapat di pasar. Hal ini akan memberikan mereka pengalaman yang unik dan menyenangkan. Mengunjungi pasar tradisional dan menikmati jajanan di sana, akan memberikan pengalaman akhir pekan yang tak terlupakan bagi anak-anak.

2. Piknik di Taman Kota

piknik  
Piknik

Satu lagi tempat yang mudah ditemukan dan kunjungi di akhir pekan, taman kota yang terdapat di sekitar lingkungan. Jangan salah, meski jaraknya dekat dengan rumah, Anda tetap bisa membuat perjalanan ini berbeda dan menyenangkan buat anak-anak.

Ajaklah anak untuk mengunjungi salah satu taman kota dan jangan lupa untuk mempersiapkan bekal mereka. Anda bisa membuat perjalanan ini seperti piknik ke luar kota, yakni dengan mempersiapkan kotak bekal dan juga panganan kecil yang akan menemani akhir pekan tersebut. Di sana, Anda dan pasangan bisa mengajak mereka bermain, belajar, dan bahkan sekedar bercerita tentang sekolah dan kegiatan mereka sepanjang minggu. Kegiatan ini akan terasa menyenangkan dan membuat anak-anak nyaman sepanjang bermain di sana.

3. Berkunjung ke Kebun Binatang

Berkunjung ke Kebun Binatang
Pergi ke Kebun Binatang

Anak-anak akan sangat menyukai binatang dan juga tempat-tempat teduh yang penuh pepohonan. Di akhir pekan nanti, tidak ada salahnya mengajak mereka berkunjung ke kebun binatang. Mereka akan sangat menyukai dan menikmati perjalanan ini, mengingat di sana anak-anak bisa melihat berbagai jenis binatang yang tidak bisa mereka temukan di sembarang tempat.

Tidak sekedar bermain, anak-anak juga bisa sekaligus belajar dan melihat banyak hal baru yang selama ini belum pernah mereka lihat sebelumnya. Agar lebih berkesan, ajaklah anak untuk memberi makan binatang-binatang di sana, tapi yang jinak dan tidak berbahaya.

4. Kemping di Bukit

kemping di bukit
Kemping di Bukit 

Jika anak sudah cukup besar, maka kegiatan yang satu ini adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan di akhir pekan nanti. Anda dan pasangan bisa mengajak anak camping di bukit dan menikmati akhir pekan yang menyenangkan di sana. Jangan lupa untuk membawa tenda dan juga perlengkapan lainnya yang memadai, agar aktifitas ini bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Jika merasa kurang nyaman untuk camping di alam terbuka dan jauh dari pemukiman, maka ada baiknya Anda memiliki lokasi camping yang dekat dan tidak terlalu sepi. Saat ini, ada banyak hotel dan juga villa yang menyediakan camping ground yang aman dan tidak jauh ke dalam hutan. Anda bisa memilih salah satunya dan menikmati akhir pekan menyenangkan bersama anak-anak di sana.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

5. Wisata Sejarah di Museum

 Liburan sambil Belajar di Museum
Liburan sambil Belajar di Museum

Jika ingin memberi pengalaman yang baru bagi anak-anak, maka bisa mengajak mereka untuk menikmati wisata sejarah di museum terdekat. Ada banyak museum yang bisa dijadikan pilihan, mengingat setiap kota bahkan bisa saja memiliki beberapa museum sekaligus. Bawa dan ajak anak menikmati berbagai peninggalan sejarah di sana, sehingga pengalaman dan pengetahuan mereka semakin bertambah.

6. Berwisata ke Desa

 Berwisata ke Desa  
Berwisata ke Desa

Jangan hanya di kota dan mengunjungi mall yang sama setiap akhir pekannya, sebab hal ini akan membosankan dan membuat anak-anak menjadi minim pengalaman. Di akhir pekan nanti, Anda dan pasangan bisa mengajak anak ke desa wisata terdekat dan melihat secara langsung kehidupan di desa seperti apa.

Di sana, anak-anak bisa bermain lumpur dan melihat proses bertanam, berinteraksi secara langsung dengan alam dan menikmati akhir pekan yang berbeda dari biasanya. Ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak, terutama jika mereka belum pernah merasakannya sebelum ini.

7. Menonton Karnaval

karnaval kebudayaan  
Karnaval Kebudayaan

Belajar tidak harus selalu di sekolah saja, di akhir pekan juga Anda bisa mengajak anak untuk belajar hal-hal yang baru dan mengenalkan mereka lebih dekat lagi kepada kebudayaan Indonesia, yakni dengan mengajak mereka menonton karnaval budaya. Ada banyak kota yang memiliki tradisi seperti ini, sehingga bisa leluasa untuk memilih salah satunya dan mengatur perjalanan akhir pekan menyenangkan ke salah satunya. Karnaval budaya akan menarik minat anak-anak, terutama jika ada atraksi seni di dalamnya.

8. Wisata Sejarah Candi

Wisata Sejarah  
Wisata Sejarah 

Indonesia memiliki banyak candi indah yang sangat menarik. Jangan sampai anak-anak tidak pernah mengunjungi tempat seperti ini, sebab mereka bisa belajar banyak mengenai sejarah di sana.

Di waktu luang Anda, tidak ada salahnya untuk megatur perjalanan wisata candi bersama dengan anak-anak dan pasangan, agar bisa mengenalkan kepada mereka kekayaan budaya Indonesia. jika berkunjung ke wilayah Jogja, maka bisa menikmati akhir pekan dengan mengajak anak-anak mengunjungi beberapa candi sekaligus, seperti: Mendut, Borobudur, Kalasan, Prambanan, Ratu Boko, dan yang lainnya. Selain wilayah Jogja, ada banyak wilayah lainnya di Indonesia yang memiliki candi indah dan layak untuk dikunjungi.

9. Bermain di Pantai

Bermain di Pantai  
Bermain di Pantai

Air dan pasir akan selalu menjadi hal menarik bagi anak-anak, sehingga mereka akan dengan sangat senang hati menerima ajakan ke pantai. Sesekali, tidak ada salahnya mengajak anak-anak bermain di pantai dan menikmati akhir pekan yang berbeda dari biasanya. Di sana, Anda bisa bermain sepuasnya dan mengajak anak-anak untuk membangun istana pasir. Aktifitas seperti ini akan membuat anak-anak bersemangat dan betah menikmati akhir pekan mereka.

10. Berkunjung ke Rumah Ibadah

Pergi ke Rumah Ibadah  
Pergi ke Rumah Ibadah

Bagi yang ingin mengenalkan kekayaan budaya dan juga agama kepada anak-anak Anda, maka tidak ada salahnya untuk mengajak mereka mengunjungi rumah ibadah. Tidak harus yang sesuai dengan agama Anda, ajaklah anak-anak untuk mengunjungi rumah ibadah lainnya, sehingga mereka belajar mengenai keragaman dan juga toleransi beragama.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Baru yang Wajib Masuk “List” Destinasi Favorit para Backpacker Traveller

Menarik, Menyenangkan dan Bermanfaat Buat Anak

Ada banyak lokasi bermain yang bisa dipilih di akhir pekan, di mana Anda dan anak-anak dapat menghabiskan waktu bersama. Jadwalkan perjalanan akhir pekan dengan baik, dan jangan lupa untuk memilih lokasi yang tepat dan menarik bagi anak-anak. Nikmati akhir pekan bersama dengan anak di tempat yang tepat dan menyenangkan bagi mereka.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling