12 Tempat Wisata Keluarga di Bandung

Bandung sangat cocok menjadi tujuan utama liburan anda bersama keluarga karena banyak jenis tempat liburan yang beragam, mulai dari wisata alam, kuliner yang serba lezat, khasanah budaya lokal, wisata sejarah, sampai wisata permainan, dan hiburan. Selain itu, Bandung memiliki iklim yang sangat sejuk, karena topografi daerahnya dikelilingi oleh pegunungan. Tentunya, hal ini membuat kota tersebut sangat disukai oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung liburan ke Kota Kembang atau Paris van Java ini, berikut ini kami berikan daftar 12 tempat wisata yang wajib dikunjungi di sana:

1. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland via tempatwisatabagus.com

 

Kampung Gajah Wonderland merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Bandung. Luasnya sekitar 60 hektare dan berlokasi di Jalan Sersan Bajuri KM 3.8 Bandung. Banyak jenis permainan yang tersedia di sini, seperti tubby Slide, waterpark, outbound, ATV, octopus racer, aqua boot, dan masih banyak yang lainnya. Saking banyaknya wahana permainan yang sangat menarik, rasanya waktu seharian tidak akan cukup untuk digunakan bermain di sini. Selain wahana permainan, Anda juga bisa mencicipi kuliner super lezat yang tersedia di resto-restonya. Resto-resto yang di tempat ini didesain dengan sangat unik karena dirancang secara tematik berdasarkan menu dan tempatnya, seperti oriental, Sunda, Jepang, dan masakan barat.

2. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo via anekatempatwisata.com

 

Tempat ini terkenal dengan berbagai pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, serta pusat belajar instrumen alat musik yang terbuat dari bambu, terutama alat musik angklung. Selain itu, di sini ada beberapa area bangunan berarsitektur etnik Sunda dengan pepohonan bambunya yang rimbun. Selain itu ada juga restoran, toko suvenir, dan amphitheatre yang dijadikan sebagai tempat pertunjukkan dan bisa menampung lebih dari 1000 pengunjung. Di amphitheatre, Anda akan bisa melihat macam-macam kesenian jawa barat. seperti pertunjukkan wayang golek, upacara heleran, tarian tradisional, angklung pemula, angklung orchestra massal dan arumba, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hampir semua pertunjukkannya dimainkan langsung oleh anak-anak. Suasana seperti ini yang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang membuat mereka tidak akan pernah bosan untuk berkunjung ke sini lagi.

3. Floating Market Lembang

Floating Market

Floating Market Lembang via sheratonbandung.com

 

Floating Market Lembang merupakan satu-satunya tempat wisata terapung yang ada di Bandung. Pasar terapung ini tidak hanya menyediakan berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan berbagai kebutuhan pokok lain seperti pasar apung di Kalimantan. Di samping itu, di sini juga menyediakan berbagai macam jajanan seperti dim sum, surabi, sosis bakar, colenak, tahu lembang, siomay, bakso tahu, jagung bakar, jamur bakar, duren bakar, otak-otak, dan masih banyak yang lainnya. Jadi, Anda akan merasakan sensasi berwisata kuliner yang berbeda dari yang biasanya karena harus menaiki perahu terlebih dahulu.

4. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung via traveltodaylah.com.my

 

Trans Studio Bandung berlokasi di di jalan Gatot Subroto, Bandung. Trans Studio Bandung merupakan taman rekreasi indoor terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Di sini Anda dapat mencoba berbagai wahana permainan seru dan aneka pertunjukan yang sangat menarik, seperti Kabayan goes to Hollywood atau Arilia The Mermaid-A Fantasy Magical Show. Tersedia 20 wahana permainan yang terbagi dalam 3 zona besar yang memiliki tema unik dan berbeda. Untuk menikmati semua permainan di sana, Anda mesti membayar tiket masuk sebesar Rp170 ribu untuk weekday dan Rp270 ribu untuk weekend.

5. Rumah Strawberry

Rumah Strawberry

Rumah Strawberry via blogspot.com

 

Rumah Strawberry merupakan tempat wisata berupa cafe dan penginapan, dilengkapi dengan wisata alam berupa perkebunan strawberry. Berlokasi di Jalan Sersan Bajuri, Lembang, Bandung. Letaknya sangat dekat dengan Sapulidi atau the Peak. Rumah Strawberry buka di hari Senin-Jumat dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore, dan hari Sabtu-Minggu mulai dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore. Untuk memasuki tempat ini, Anda tidak dikenakan biaya tiket masuk atau gratis, tetapi hanya dikenakan biaya parkir kendaraan pribadi saja sekitar Rp2.000.

Suasananya yang sejuk dan tempatnya yang luas jelas sangat cocok untuk menjadi tujuan liburan anda bersama keluarga. Di area perkebunan ini, ada tempat bermain untuk anak-anak seperti playground, outbound. Bahkan anak-anak bisa memetik buah strawberry secara langsung dari perkebunannya, jelas ini akan sangat menyenangkan buah hati Anda.

6. Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu via dbagus.com

 

Taman kupu-kupu berlokasi di Cihanjuang, Bandung Barat dan merupakan sarana wisata edukatif yang sangat menarik sehingga sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak. Di sini anak Anda bisa menikmati aktivitas dekat dengan alam dan juga melihat kupu-kupu cantik lebih dekat. Selain itu anak juga akan dijelaskan bagaimana siklus kehidupan kupu-kupu mulai dari lahir hingga matinya. Koleksi kupu-kupu di taman ini ada sekitar 35 jenis. Tidak hanya kupu-kupu, di sini juga banyak sekali kelinci yang berada di taman kelinci, ada juga taman bermain yang khusus disediakan untuk anak-anak bisa bermain.

7. De Ranch Lembang

De Ranch Lembang

De Ranch Lembang via fauzanrental.com

 

De Ranch, merupakan tempat wisata yang berlokasi di Lembang. Wisata ini menyuguhkan peternakan kuda dengan nuansa ala koboy di Amerika. Di mana Anda dan semua anggota keluarga bisa bergaya ala koboi dan menaiki kuda seperti di film-film Hollywood. Ditambah eksotisme dan keasrian ala Lembang, tempat ini akan semakin membuat anda dan keluarga semakin betah berpetualang di sana.

8. Dusun Bambu

Dusun Bambu

Dusun Bambu via wordpress.com

 

Dusun Bambu Lembang merupakan kawasan wisata yang baru saja didirikan. Berlokasi di Lembang bagian utara dan tepat berada di bawah kaki pegunungan Burangrang tentunya tempat ini akan menawarkan alam yang sangat indah, asri, dan menyejukkan. Sehingga tidak heran jika wisata ini cocok untuk kegiatan camping atau kegiatan outdoor lainnya seperti egale caping ground, bersepeda dan jogging. Selain itu, Dusun Bambu juga menawarkan wisata kuliner seperti menikmati makan di cafe Burangrang, saung purbasari restoran, lutung kasarung, berbelanja di pasar tradisional, dan menginap di villa dusun kampung layung.

Baca Juga: Paspor Hilang: Apa yang Harus Dilakukan?

9. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey via jayanjayan.com

 

Kawah Putih merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Bandung yang sangat populer di kalangan masyarakat, terutama di kalangan pecinta alam. Sesuai namanya, wisata ini menyuguhkan keindahan kawah vulkanik dengan kondisi tanahnya yang berwarna putih. Warna tanah putih ini yang menjadi keunikannya, warna putihnya ini terjadi karena tanahnya mengandung belerang. Selain itu ada keunikan lainnya, di mana air yang ada di kawah ini selalu berubah warna.

10. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu via jabarprov.go.id

 

Lokasi tempat ini berada di 20 km sebelah utara kota Bandung dan merupakan wisata gunung berapi. Keunikan yang dimiliki Gunung Tangkuban Perahu adalah bentuknya yang menyerupai perahu dengan posisi terbalik. Konon, menurut cerita masyarakat yang beredar, posisi gunung yang terbalik seperti perahu ini memang dulunya merupakan sebuah perahu yang terbalik akibat tendangan seseorang yang bernama Sangkuriang. Wisata ini sudah terkenal sejak dulu, maka jika anda berkunjung ke Bandung, Anda wajib mengunjungi tempat ini.

11. Rumah Mode

Rumah Mode

Rumah Mode via tempatwisatadibandung.info

 

Rumah Mode merupakan sebuah nama factory outlet ternama, terbesar, terlengkap, dan teramai yang lokasinya berada di Jalan Setiabudi, kota Bandung. Barang yang dijual di sini tidak hanya pakaian saja, tapi juga ada tas, sepatu, dan apapun itu yang hubungannya dengan fashion. Silahkan Anda, berbelanja sepuasnya di sini karena harganya relatif murah, karena barang-barangnya merupakan sisa ekspor.

Baca Juga: 15 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan

12. Dago Pakar Bandung

Dago Pakar Bandung

Dago Pakar Bandung via panduanwisata.id

 

Dago Pakar Bandung, merupakan wisata alam berupa kawasan hutan raya. Tempat ini cocok menjadi alternatif wisata terbaik bagi Anda dan keluarga yang ingin menghilangkan penat dan stress dari kesibukkan aktifitas kerja. Suasananya masih asri dan memiliki banyak pepohonan tua, tinggi, serta rimbun. Di tempat ini Anda akan melihat berbagai peninggalan bersejarah, seperti Goa Belanda dan goa Jepang yang dulunya merupakan markas pertahanan dan perlindungan pada masa penjajahan.

Tidak Perlu Bingung Mau Liburan Ke Mana

Demikian 12 tempat wisata di Bandung yang bisa dijadikan sebagai masukan ide liburan bersama keluarga. Anda tidak perlu bingung mencari tempat wisata di Bandung. Karena Bandung adalah surganya wisata, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner hingga wisata belanja semuanya lengkap. Di samping itu, masing-masing tempat wisata yang ada di Bandung menawarkan keunikan tersendiri, kemanapun Anda berlibur, pasti tidak akan menyesal karena ada banyak penawaran dan fasilitas yang tersedia di sana. Jadi, yuk kita berwisata ke Bandung!

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling