12 Tips Ampuh Agar Tidak Bangkrut Setelah Liburan

Berlibur seringkali menjadi momen yang sangat baik bagi untuk bisa beristirahat sejenak dan menikmati suasana yang berbeda dari biasanya. Mendatangi tempat baru dan menghabiskan beberapa waktu di sana, akan membuat Anda lebih fresh dan bersemangat. Sesekali, memang membutuhkan istirahat dan suasana yang baru, agar tidak jenuh terhadap pekerjaan dan rutinitas yang membutuhkan tenaga dan totalitas sepanjang minggu.

Kegiatan liburan tentu akan membutuhkan sejumlah biaya, di mana jumlah ini bisa saja terbilang cukup besar, tergantung pada kota tujuan dan juga cara menjalani liburan itu sendiri. Ramah atau tidaknya liburan yang Anda jalani kepada kantong, tentu akan sangat tergantung pada cara merencanakan dan menjalaninya.

Penting untuk mewaspadai biaya liburan, terutama yang kurang kontrol terhadap keuangan sehari-hari. Jangan sampai liburan justru membawa pada sejumlah masalah keuangan, di mana terjadi pembengkakan biaya liburan yang jumlahnya berada di luar perkiraan sejak awal. Bukannya bersemangat dan bahagia setelah menjalaninya, yang ada akan stres sekembali dari liburan. Atau, bisa jadi akan segera berhadapan dengan sejumlah tagihan yang besar di dalam kartu kredit di bulan depan.

Hindari berbagai masalah setelah liburan dengan antisipasi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut:

1. Sesuaikan Liburan dengan Anggaran

anggaran liburan
Anggaran Liburan via shutterstock.com

Siapapun tentu mengharapkan sebuah liburan yang menyenangkan, lengkap dengan berbagai fasilitas yang terbaik selama menjalaninya. Namun, hal tersebut belum tentu bisa dicicipi oleh semua orang, terutama mereka yang hanya memiliki sejumlah budget liburan yang pas-pasan saja. Penting untuk menentukan dan merencanakan liburan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Jangan sampai menjalani liburan tanpa anggaran yang sesuai dengan kemampuan keuangan, sebab hal ini berpotensi menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari. Pilih destinasi yang tepat dan sesuai dengan biaya yang dianggarkan, sehingga bisa berlibur dengan tenang dan nyaman tanpa terbebani dengan biaya mahal yang berada di luar jangkauan keuangan.

2.  Siapkan Dana dalam Jumlah yang Tepat dan Hindari Utang

Jika sudah menetapkan anggaran, maka waktunya menyusun strategi untuk mempersiapkan anggaran tersebut dengan matang. Kumpulkan / tabung uang sesuai dengan jumlah biaya yang akan dibutuhkan selama liburan. Jangan membuatnya kurang dari yang seharusnya, bahkan harus mengupayakan agar jumlahnya lebih besar.

Hal ini akan membuat perjalanan liburan lebih nyaman dan jauh dari masalah kekurangan dana. Bukan hanya itu saja, hindari untuk mengandalkan dana liburan yang berasal dari utang, terutama jika ternyata memang tidak ingin menghadapi hal-hal seperti ini sepulang liburan. Bersabarlah dalam mengumpulkan dana liburan ini hingga jumlahnya cukup, agar bisa menghindari penggunaan dana yang berasal dari utang.

Baca Juga : Cara Memilih Paket Tour Murah untuk Liburan ke Luar Negeri

3. Miliki Dana Darurat

Jangan lupa untuk menempatkan sejumlah biaya darurat (tak terduga) di dalam anggaran liburan, sebab hal ini sangat penting untuk perjalanan. Dana darurat ini akan mengatasi masalah pembengkakan biaya atau bahkan jika sewaktu-waktu kekurangan biaya di perjalanan liburan.

Tetapkan jumlahnya sejak awal, tidak perlu terlalu besar, namun jangan terlalu kecil juga. Setidaknya, Anda bisa menetapkan jumlah dana darurat ini minimal sebesar 15% dari jumlah total biaya liburan. Berapapun anggaran liburan, dana darurat harus selalu ada di dalamnya, agar keuangan lebih aman setelah kembali berlibur nanti.

4. Atur Jadwal Sejak Awal

jadwal liburan

Jadwal Liburan via shutterstock.com

Jangan berlibur secara mendadak, terutama ke berbagai destinasi yang cukup jauh dan membutuhkan berbagai fasilitas (seperti: pesawat dan hotel). Akan sangat tepat jika merencanakan dan mengatur perjalanan liburan sejak jauh-jauh hari, sehingga memiliki waktu yang panjang untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Anda juga akan berkesempatan untuk mendapatkan sejumlah penawaran yang menarik dan lebih murah untuk berbagai kebutuhan liburan.

5. Hindari Membawa Uang Berlebih

Membawa uang pas-pasan mungkin akan membuat khawatir, namun membawa banyak uang ketika berlibur juga bukan sebuah tindakan yang tepat. Tidak perlu membawa uang berlebih ketika berlibur, cukup membawa uang sejumlah anggaran liburan.

 Untuk berjaga-jaga jika kehabisan uang atau mengalami masalah ketika liburan, cukup membawa serta satu kartu ATM Anda saja sebagai antisipasi terhadap hal-hal tak terduga tersebut. Hindari juga membawa serta semua kartu ATM dan kartu kredit, sebab jika hilang hal ini bisa menjadi masalah yang merepotkan.

6. Pilih Destinasi Liburan yang Murah

Hindari biaya yang mahal ketika berlibur, Anda bisa memilih destinasi liburan yang murah dan tidak menguras kantong dalam-dalam. Saat ini, ada banyak pilihan destinasi liburan yang cukup murah, baik itu di dalam negeri atau di luar negeri. Jadi, Anda tidak akan mengalami masalah keuangan setelah berlibur ke sana nanti.

Baca Juga : Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Dengan di Mancanegara

7. Berlibur di Luar Musim Liburan

Jika ingin bebas masalah keuangan setelah liburan, maka pangkas biaya liburan dengan cara berlibur di luar musim liburan. Semua fasilitas liburan akan jauh lebih mahal di musim liburan, sehingga Anda juga harus mengeluarkan biaya yang lebih besar ketika berlibur di waktu tersebut. Hindari musim liburan dan atur jadwal liburan hemat di luar waktu tersebut, gar biaya bisa ditekan dengan maksimal.

8. Manfaatkan Diskon dan Penawaran Menarik

diskon dan penawaran menarik

Diskon dan Penawaran Menarik via shutterstock.com

Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mengumpulkan informasi mengenai penawaran dan diskon menarik untuk liburan. Ini akan mengemat banyak uang, sehingga masalah keuangan setelah liburan bisa dihindarkan. Gunakan fasilitas kartu kredit untuk mendapatkan tiket penerbangan atau voucher hotel yang lebih murah, sehingga liburan lebih hemat.

9. Cari Informasi Tujuan Wisata yang Lengkap, Agar Lebih Hemat

Sebelum berangkat berlibur, upayakan untuk selalu mengumpulkan informasi yang lengkap mengenai destinasi liburan yang akan dikunjungi nanti. Pelajari juga rute perjalanan yang paling tepat, agar semua waktu terpakai dengan baik selama berlibur di sana. Jangan sungkan untuk bertanya kepada mereka yang mengerti dan telah berkunjung sebelum Anda, agar tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya dengan sia-sia ketika berlibur nanti.

10. Cerdas Ketika Berbelanja

Hindari belanja tanpa kontrol selama liburan, terutama untuk berbagai macam oleh-oleh yang terkadang jumlahnya berlebihan. Aturan ini juga berlaku ketika akan makan di tempat liburan, sebab biaya makan juga termasuk salah satu yang paling besar di dalam anggaran liburan. Pilih tempat makan yang bersih dan murah, agar hemat selama berlibur. Belilah oleh-oleh yang secukupnya saja, terutama untuk barang-barang yang ternyata tidak begitu bermanfaat.

11. Gunakan Kendaraan Umum Selama Berlibur

kendaraan umum

Menggunakan Kendaraan Umum via shutterstock.com

Selama berlibur, gunakan kendaraan umum ketika bepergian, ini akan menghemat banyak uang. Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu mempelajari rute perjalanan yang paling efektif, sehingga semua waktu bisa termanfaatkan dengan maksimal, begitu juga dengan biaya selama liburan.

12. Jaga Kesehatan Sebelum dan Selama Masa Liburan

Hal berikutnya yang paling penting adalah menjaga kesehatan Anda, baik itu sebelum liburan ataupun selama berlibur nanti. Jika sampai sakit, maka bukan hanya biaya berobat saja yang harus dikeluarkan, namun masa liburan juga akan terbuang dengan percuma.

Selalu Rencanakan dengan Baik Sejak Awal

Berlibur merupakan salah satu jalan yang bisa Anda tempuh untuk sejenak melupakan kesibukan dan juga rutinitas yang padat. Liburan adalah masa-masa bahagia yang akan berkesan, dan jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan setelah menjalaninya. Upayakan untuk selalu merencanakan liburan dengan baik sejak awal, agar momen ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan budget yang disiapkan.

Baca Juga : Tanda-Tanda yang Menandakan Anda Harus Segera Liburan