14 Strategi Belanja Bulanan Hemat di Supermaket

Banyak cara yang dilakukan seseorang dalam berhemat, tidak terkecuali dalam hal berbelanja kebutuhan bulanan. Mulai dari membuat anggaran sampai dengan membeli barang dalam jumlah banyak. Terutama bagi mereka yang berbelanja kebutuhan rumah tangga di supermarket, tentu perlu strategi pengelolaan keuangan yang tepat, agar bisa hemat belanja bulanan khususnya di supermarket.

Lalu apa saja yang harus Anda lakukan untuk menghemat uang belanja bulanan di Supermarket? Berikut 12 strategi tepat untuk hemat berbelanja di supermarket:

1. Buat Daftar Belanja Selama 1-2 Pekan

Daftar Belanja Bulanan

Buat Daftar Belanja Bulanan via digishelf.co.id

 

Jika Anda terbiasa membuat menu masakan setiap hari hingga satu pekan, buat patokan awal untuk membuat rencana mau masak apa dan makanan apa yang akan dihidangkan tiap pekan, dari mulai sarapan hingga makan malam.

Dengan membuat daftar belanja selama 1-2 pekan Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti:

Lebih efisien

Dengan disiplin membuat daftar menu akan menghemat banyak barang karena bisa sekali belanja. Anda bisa manfaatkan diskon-diskon makanan atau barang di supermarket yang memang dibutuhkan sesuai daftar menu makanan tadi.

Lebih hemat

Dengan daftar belanja juga makin hemat, sehingga tidak tergoda membeli barang lain di luar daftar. Apalagi barang itu tidak dibutuhkan. Jangan tergoda merek barang, tapi pentingkan mutu dan fungsi barang. Apalagi jika Anda bisa mendapatkan harga barang yang terjangkau dengan kualitas barang yang bagus.

Skala Prioritas

Penting mengecek skala prioritas pembelian barang. Barang apa yang harus dibeli dan barang mana yang nanti dibeli di bulan berikutnya. Cek juga apakah stok barang primer seperti perlengkapan mandi, produk perawatan wajah, bahan masakan, dan lain-lain di rumah sudah habis atau perlu membeli baru.

Mengatur Anggaran

Dari daftar belanja yang Anda buat akan menentukan anggaran belanja. Sehingga diketahui berapa jumlah uang akan digunakan untuk belanja bulan ini. Pengelolaan anggaran ini juga untuk mencegah pemborosan membeli barang-barang yang belum penting.

2. Belanja Banyak Sekaligus

  Belanja Banyak Sekaliigus

Belanja Banyak Sekaligus via wordpress.com

 

Perlu untuk membeli barang dalam jumlah besar sekaligus yang bisa digunakan hingga satu bulan hingga dua atau tiga bulan ke depan. Harga barang dalam jumlah besar (lusin atau kodi) biasanya lebih hemat daripada harga satuan (ecer). Ini juga agar Anda tak berulang-ulang berbelanja, sehingga waktunya bisa dimanfaatkan untuk aktivitas yang lebih bermanfaat atau menghasilkan uang. Lebih smart bukan?

3. Cemat Membandingkan Harga

Cermat Membandingkan Harga

Cermat Membandingkan Harga via detik.com

 

Umumnya, Anda atau ibu rumah tangga adalah orang yang sangat teliti membandingkan harga sebuah barang, khususnya barang kebutuhan keluarga. Harga barang di tukang sayur, minimarket, supermarket, atau tempat grosiran. Dengan rajin membandingkan harga, keuangan Anda untuk belanja bulanan akan lebih hemat.

4. Bayar Tunai

 

Bayar Tunai

Bayar Dengan Tunai via wordpress.com

 

Kenapa Anda harus bayar secara tunai? Sebuah penelitian melaporkan bahwa orang cenderung lebih banyak mengeluarkan uang sekitar 20-50% ketika membayar dengan kartu kredit maupun debit. Kok bisa? Sebab ketika bayar menggunakan kartu, Anda seakan merasakan tidak membeli barang dengan uang tunai. Akibatnya, tidak merasakan adanya perasaan khawatir telah berbelanja banyak. Jika Anda membayar tunai? Anda akan merasa sudah mengeluarkan uang banyak, sehingga bisa pengeluaran bisa direm atau stop belanja lagi.

Bagaimana jika menggunakan kartu? Meski menggunakan kartu, usahakan tetap bijak berbelanja. Manfaatkan poin rewards yang diberikan untuk setiap transaksi tertentu. Penggunaan poin rewards punya dua manfaat: kebutuhan keluarga terpenuhi dan dapat hadiah dari pengumpulan poin serta cashback. Tapi kunci penggunaan kartu adalah tetap dalam kontrol Anda. Anda yang mengontrol kartu, bukan Anda dikontrol kartu kredit.

5. Pakai Kartu Member

Bayar Dengan Menggunakan Kartu Member

Bayar Dengan Menggunakan Kartu Member via wordpress.com

 

Hampir di semua pusat perbelanjaan atau supermarket menyediakan kartu member buat pelanggan. Termasuk minimarket di sepanjang jalan menuju rumah Anda. Tujuan penerbitan kartu tersebut adalah untuk menciptakan loyalitas berbelanja dengan sejumlah keuntungan. Di antara keuntungan tersebut yakni:

- Diskon khusus produk supermarket

- Diskon program tertentu (diskon hotel, restoran, tempat hiburan, rumah sakit dan lain-lain)

- Poin dan cashback

- Kemudahan membayar tanpa uang tunai

Sama dengan poin nomor empat, tetap pergunakan kartu dengan bijak. Jeli melihat program dan even acara, khususnya saat diskon. Agar belanja efisien dan efektif.  

6. Bijak Sikapi Bonus dan Hadiah

Bijak Sikapi Bonus dan Hadiah

Bijak Sikapi Bonus dan Hadiah via credit.com 

 

Sama dengan kartu member. Minimarket maupun supermarket juga berlomba-lomba menggaet loyalitas pelanggan dengan beragam bonus dan hadiah. Kuncinya tetap sama, yaitu bersikaplah bijak. Sebaiknya hindari bonus dan hadiah bila salah satu barang yang Anda beli tidak terlalu dibutuhkan. Seperti iming-iming bonus membeli dua barang sejenis gratis satu barang serupa. Atau membeli sabun cuci berhadiah piring kaca. Silakan dipertimbangkan. Anda yang tahu kebutuhan rumah tangga pada saat itu.

Baca Juga : 5 Cara Jitu Mengatur Gaji Bulanan

7. Cerdik Manfaatkan Kupon

Kupon Belanja

Manfaatkan Kupon Belanja via wordpress.com

 

Selain bonus dan hadiah, minimarket dan supermarket atau produsen sponsor kerap memberikan kupon. Anda bisa mendapatkan kupon-kupon ini melalui koran, majalah, internet dan aplikasi via Android atau IOS. Kupon belanja tersebut akan memberikan diskon khusus untuk barang belanjaan Anda. Jika Anda cerdik memanfaatkan, anggaran belanja bulanan bisa terkelola dengan baik.  

8. Cermat Manfaatkan Info Diskon

Info Diskon

 

Cermat Memanfaatkana Info Diskon via wordpress.com

 

Di era digital ini berbagai macam diskon ditawarkan melalui sosial media. Misalkan ketika membuka akun media sosial Anda, usahakan mengecek situs yang memberikan info terbaru tentang diskon. Apa saja penawaran diskon terkini dari supermarket yang menjadi langganan. Jika tidak ketinggalan info-info terkini, daftar sebagai newsletter di situs-situs tersebut. Newsletter akan mengirim info berkala seputar diskon via email.  

9. Beli Buah dan Sayur Utuh

Beli Buah daan Sayur Utuh

Beli Buah dan Sayur Utuh via intisari-online.com

 

Sebaiknya membeli buah dan sayur dalam keadaan utuh, agar lebih hemat. Daripada beli satuan buah atau buah irisan. Anda bisa mengiris sendiri di rumah. Apalagi buah yang masih ada kulitnya bisa disimpan lebih lama daripada buah yang sudah dipotong-potong ukuran kecil.

10. Beli Buah dan Sayur Sesuai Musim

Belanja Buah dan Sayur Sesuai Musim

Belanja Buah dan Sayur Sesuai Musim via blogspot.com

 

Belilah buah musiman atau sayur pada waktu tertentu. Harganya akan jauh lebih murah dibandingkan saat tidak musim. Tentu Anda harus rajin mencatat periodesasi musim buah dan jadwal sayur saat panen.

11. Ganti Protein Mahal dengan yang Lebih Murah

  Ganti Protein Mahal Dengan Lebih Murah

Ganti Protein Mahal Dengan Lebih Murah via klgusa.com

 

Harga tertinggi daging adalah daging sapi. Bila ingin berhemat, Anda bisa menggantinya dengan produk protein sehat lain yang mutunya juga bagus, seperti ikan, seafood atau ayam. Atau rutin mengonsumsi telur dan tahu-tempe. Selain harganya bersahabat, proteinnya juga bagus untuk kesehatan. Mungkin beli daging saat dapat bonus atau sesekali. Tidak rutin harian.

12. Pilih Produk Lokal

Pilih Produk Lokal

Pilih Produk Lokal via intisari-online.com

 

Sama dengan pertimbangan perbandingan harga. Pilih barang dari produk lokal dengan harga lebih terjangkau namun mutu tetap bagus. Meski ada produk asing yang berharga mahal kadang tidak menjamin bermutu bagus. Pilihan pada produk lokal juga untuk ikut mengkampanyekan program pemerintah.

13. Pintar Pilih Waktu Belanja

Pintar Pilih Waktu Belanja

Pintar Pilih Waktu Belanja via gunungrizki.com

 

Ini strategi yang tak kalah penting. Pilihlah waktu belanja pada pagi dan malam hari untuk menghindari ramainya pengunjung. Bila membeli saat ramai, ada kecenderungan akan membeli barang lain yang tidak diperlukan, tapi barang tersebut ada di keranjang atau troli pembeli yang lain. Selain waktu pagi atau malam, pilihlah belanja saat akhir pekan, Sabtu atau Minggu. Pada pada akhir pekan atau saat rileks membuat perasaan senang dan lebih bisa berkonsentrasi. Sehingga bisa cermat memilih barang-barang yang dibutuhkan sekaligus mengontrol keuangan belanja.

14. Jangan Belanja Saat Lapar

Jangan Belanja Saat Lapar

Jangan Belanja Saat Lapar via tbo.com

 

Hindari berbelanja dalam keadaan panik atau lapar. Jika masih panik, Anda kadang tak fokus memilih barang sehingga asal-asalan. Sama tidak fokusnya saat berbelanja ketika keadaan lapar. Kadar glukosa dalam tubuh ketika lapar akan membuat Anda belanja berlebihan. Pilih waktu belanja di hari Minggu, karena ada banyak diskon yang biasanya diberikan supermarket. Selain itu, berbelanjalah di pagi atau malam hari untuk menghindari keramaian pengunjung.

Baca Juga : 8 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga Cermat

Beli Barang Yang Benar-benar Anda Butuhkan

Membeli barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan adalah cara lain dalam menghemat belanja bulanan Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk barang yang belum Anda butuhkan dalam waktu dekat. Selain dapat menghemat uang belanja bulanan Anda, membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan dapat melatih Anda displin dalam menggatur pengeluaran Anda. Selamat berbelanja!

Baca Juga : Ajarkan Anak Hidup Hemat, Lakukan Cara Jitu Ini