15 Hal yang Tidak Dilakukan Orang Percaya Diri

Mungkin anda merasa heran, mengapa ada orang yang selalu percaya diri (PD) di segala situasi, sedangkan anda sendiri tidak bisa melakukannya. Apa rahasianya? Mereka jelas berbeda dari orang lain yang menyimpan perasaan malu dan minder, bahkan tidak ada satupun pemikiran negatif dan pesimis yang menumpuk dalam benak mereka.

Jika anda ingin tahu lebih lanjut rahasianya setidaknya ada lima belas hal yang sengaja tidak dilakukan oleh orang percaya diri agar selalu yakin bertindak dan ambil keputusan. Berikut ini uraian lengkapnya:

1. Orang PD Tidak Suka Beralasan

tidak suka beralasan

Orang PD Tidak Suka Beralasan via howwelead.files.wordpress.com

 

Mereka selalu bertanggung jawab atas segala pemikiran dan tindakan yang dilakukan. Mereka tidak menyalahkan hal apapun ketika gagal menyelesaikan tugas. Mereka juga tidak akan membuat alasan palsu atas segala kekurangan yang dimiliki serta berusaha tepat waktu dan terus berkembang sampai tampil lebih baik lagi.

2. Orang PD Tidak Takut Mengerjakan Sesuatu

Mereka tidak ingin ketakutan mengendalikan hidupnya sehingga ragu dalam mengerjakan sesuatu. Rasa takut sering dianggap sebuah tantangan untuk berkembang menjadi orang yang lebih baik lagi di masa depan.

3. Orang PD Tidak Suka Zona Nyaman

Mereka tidak suka terus berada di zona nyaman. Berusaha mengejar atau mengerjakan sesuatu yang tidak nyaman untuk meraih rekor-rekor baru adalah passion mereka. Setiap halangan dan tantangan selalu dianggap batu loncatan yang harus ditaklukkan demi meraih sukses.

4. Orang PD Tidak Suka Menunda Waktu

Mereka tidak suka menunda waktu, rencana yang sudah disusun harus segera dilaksanakan. Tidak ada kalimat "menunggu waktu atau kondisi yang tepat", ketidakmauan menunda ini bisa terjadi karena Orang PD tidak takut akan perubahan. Prinsip mereka tindakan harus dijalani segera mungkin demi mengetahui progresnya.

5. Orang PD Tidak Terpengaruh Opini Orang Lain

opinion

Tidak Terpengaruh Opini Orang Lain via huffpost.com

 

Mereka tidak suka terpengaruh dengan ucapan atau opini negatif yang sama sekali tidak membangun. Segala ucapan, opini dan tindakan positif dari orang lain selalu diutamakan. Orang PD selalu yakin kepada para sahabat sejati mereka yang akan menerima dengan tangan terbuka dan tidak peduli terhadap opini orang lain.

6. Orang PD Tidak Suka Menghakimi Orang Lain

Mereka tidak menyukai hal-hal sepele yang terlalu didramatisir. Mereka juga tidak pernah ada keinginan untuk menghina atau menjelekkan orang lain tanpa sepengetahuan dan tidak suka membicarakan orang lain yang berbeda-beda opini. Mereka sudah merasa nyaman dengan diri sendiri sehingga tidak perlu merendahkan orang lain.

7. Orang PD Tidak Pernah Miskin Ide

Mereka selalu berusaha memanfaatkan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki serta menggunakan apa saja sebagai alternatif. Selalu yakin segala sesuatu pasti bisa teratasi dengan kreativitas dan enggan berhenti sampai bisa. Mereka ogah menghakimi kekurangan atas sumber daya, namun lebih suka fokus mencari sebuah solusi.

Baca Juga : 5 Ide Bisnis yang Menjanjikan dan Cara Memulainya

8. Orang PD Tidak Suka Membandingkan

Mereka tidak suka bersaing dengan orang lain, namun lebih suka bersaing dengan diri sendiri dan berusaha lebih baik dari hari kemarin. Selalu tahu bahwa setiap orang punya cerita kehidupan yang unik sehingga membuat perbandingan dianggap sebagai tindakan tidak wajar dan tidak pantas untuk dilakukan.

9. Orang PD Tidak Suka Menjilat

Mereka tidak suka menjilat atau memuji orang lain setiap kali berjumpa. Mereka yakin tidak semua orang bisa saling kenal akrab, itulah bagian dari kehidupan yang harus dihadapi. Daripada harus memperbanyak jumlah teman, mereka lebih suka meningkatkan kualitas dalam menjalani hubungan pertemanan.

10. Orang PD Tidak Butuh Uluran Tangan

alone.jpg

Independent via msecnd.net

 

Mereka tidak butuh uluran tangan dalam menghadapi kehidupan pribadi yang penuh lika-liku. Mereka sadar hidup itu tidak adil dan segala sesuatu terkadang berjalan di luar rencana. Tidak semua hal bisa dikendalikan dalam hidupnya, oleh karena itu mereka fokus pada tenaga untuk bereaksi positif agar melangkah mantap ke depan.

11. Orang PD Tidak Menghindari Masalah Hidup

Orang PD sangat percaya diri menghadapi masalah hidup dan menganggapnya sebagai sebuah penyakit yang dapat menyebar lebih jauh dan harus segera diselesaikan. Mereka tahu bahwa meninggalkan masalah sebelum terselesaikan hanya akan memicu masalah lain dikemudian hari.

12. Orang PD Tidak Berhenti Mencoba Saat Gagal

Orang PD sangat percaya diri kembali setiap kali mereka jatuh. Mereka tahu bahwa kegagalan adalah bagian tidak terhindarkan dari proses mencapai kesuksesan. Mereka seperti detektif, selalu ingin tahu dan mencari mengapa pendekatan metode yang mereka lakukan gagal dan kemudian memodifikasinya dengan cara baru. Mereka mencoba lagi sampai berhasil.

13. Orang PD Tidak Bekerja Secara Ragu-Ragu dan Tidak Sistematis

Orang PD sangat percaya diri dalam mengambil tindakan yang tepat dan terukur tanpa ragu-ragu. Setiap hari, mereka mengingatkan diri mereka sendiri, "Jika bukan aku, siapa?" Berfikir dan bertindak tidaktis, sistematis dan melalui tahapan yang terstruktur membuat mereka semakin yakin dengan hasil yang akan dicapai.

Baca Juga : Gairah Bekerja Menurun? Ini Cara Meningkatkan Mood Anda

14. Mereka Tidak Membatasi Diri Hanya dengan Satu Rencana Saja

Orang PD tidak membatasi diri dengan hanya satu rencana saja. Mereka memanfaatkan setiap potensi yang mereka miliki, tanpa henti menguji efektivitas setiap pendekatan yang dilakukan, sampai mereka mengidentifikasi strategi yang paling tepat untuk menyelesaikan sebuah masalah. Setiap akan melakukan sebuah tindakan, mereka selalu yakin bahwa plan A adalah yang paling realistis dijalankan, namun jika itu gagal mereka juga sudah menyiapkan Plan B, C, D sebagai alternatif solusi permasalahan yang ada.

15. Mereka Tidak Menerima Sebuah Informasi Tanpa Mempelajarinya Dulu

learning information

Mempelajari Informasi via smart-elearning.eu

 

Orang PD tidak hanya menerima artikel di internet sebagai kebenaran hanya karena beberapa penulis "bilang begitu" tanpa mempelajarinya lebih lanjut. Mereka melihat setiap informasi yang didapatkan dari berbagai macam perspektif yang berbeda sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan yang lebih akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Jadilah Percaya Diri

Selalu terapkan sikap percaya diri terhadap setiap hal yang Anda lakukan, baik dalam pekerjaan dan kegiatan sehari-hari Anda. Menjadi percaya diri akan membawa banyak hal positif terhadap kehidupan Anda.

Baca Juga : 11 Kata Kata Motivasi Kerja yang Akan Membuatmu Sukses