20 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2015

Semangat dan kerja keras merupakan kunci untuk mencapai kesuksesan. Tidak hanya untuk lingkup akademis, dalam dunia kerja pun dua kunci utama ini harus dimiliki dan dipertahankan bila nama Anda ingin tercatat sebagai salah satu dari daftar orang terkaya di dunia seperti yang akan kami berikan untuk Anda di bawah ini. Dari sekian banyak nama yang terdaftar dalam deretan orang kaya, hanya sekitar 1% yang diakui memperoleh kekayaannya dari ‘warisan’ dan hanya tinggal melanjutkan dan mempertahankan posisi yang dimilikinya sekarang.

Sisanya, sebanyak 99% merupakan orang-orang yang mencapai kesuksesan dengan berjuang mulai dari titik nol. Sebagai motivasi bagi Anda untuk dapat memiliki mind set bahwa kesuksesan tidak hanya dari warisan, 20 orang terkaya di dunia ini memiliki kisah dan lika-liku perjalanan untuk meraih kesuksesan membangun kerajaannya. Berikut adalah nama-nama yang menduduki posisi teratas orang terkaya di dunia versi Forbes serta jumlah kekayaan yang mereka miliki (USD 1.00 = Rp14.000,00).

20. Sergey Brin

20 Orang Terkaya di Dunia, Sergey Brin

Sergey Brin via hdwallpapersfit.com

 

Pada urutan ke-20 terdapat nama Sergey Brin. Dikenal sebagai partner Larry Page dalam membangun kerajaan Google Inc. Ia sempat mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum akhirnya terjun dalam dunia bisnis. Awalnya, Google merupakan sebuah mesin pencari informasi biasa hingga akhirnya mendapat respon positif dan luar biasa hingga mampu mengakuisisi Blogger, Youtube, dan mengembangkan browser Google Chrome. Hal ini jelas mengantarkan Sergey sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan kekayaan pada tahun 2015 dilaporkan mencapai USD 29.2 miliar (sekitar Rp408 triliun).

19. Larry Page

20 Orang Terkaya di Dunia, Larry Page

Larry Page via nbcbayarea.com

 

Ia adalah salah satu pendiri raksasa pencari internet, Google. Tahun 1998 bersama dengan Sergey Brin, ia memutuskan untuk membangun kerajaan mereka yang dinamakan Google Inc. di sebuah garasi di Menlo Park, California. Pertumbuhan perusahaan yang cepat ini mengantarkan Larry Page sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan kekayaan pada tahun 2015 mencapai USD 29.7 miliar (sekitar Rp415 triliun).

18. Sheldon Adelson

20 Orang Terkaya di Dunia, Sheldon Adelson

Sheldon Adelson via abcnews.com

 

Dikenal sebagai seorang pengusaha asal Amerika Serikat yang berkecimpung dalam bisnis pengembangan properti dan menjadi Chairman dan CEO di Las Vegas Sands Corp. yang merupakan perusahaan yang mengoperasikan The Venetian Resort Hotel Casino dan Sands Expo and Convention Center. Kekayaannya mencapai USD 31.4 miliar (sekitar Rp439 triliun) pada tahun 2015 dan menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

17. Li Ka-shing

20 Orang Terkaya di Dunia, Li Ka-shing

Li Ka-shing via picpicx.com

 

Beliau dikenal sebagai seorang wirausaha yang berasal dari China dan merupakan satu-satunya orang Asia yang termasuk dalam deretan nama orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Li Ka-shing merupakan seorang Chief Hutchison Whampoa Limited and Cheng Kong Holdings yang bergerak di bidang operator terminal container dan pengecer kecantikan terbesar di dunia. Kekayaannya dilaporkan mencapai tingkat USD 33.3 miliar (sekitar Rp466 triliun).

16. Mark Zuckerberg

20 Orang Terkaya di Dunia, Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg via fastcompany.net

 

Ia dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia yang termuda dan namanya melejit berkat situs jejaring sosial Facebook yang mendunia – yang pada awalnya merupakan proyek untuk kepentingan internal kampus. Meski sempat terlibat permasalahan dengan pihak kampus karena dianggap telah mencuri data pribadi mahasiswa hingga akhirnya ia harus rela meninggalkan bangku kuliah, Mark berhasil memodifikasi sistem jejaring sosialnya secara lebih baik yang hingga kini dipakai oleh masyarakat dunia. Berkat hal itu, Mark kini memiliki kekayaan sebesar USD 33.4 miliar (sekitar Rp467 triliun) pada tahun 2015 dan dinobatkan menjadi salah satu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

15. Jeff Bezos

20 Orang Terkaya di Dunia, Jeff Bezos

Jeff Bezos via huffpost.com

 

Dikenal sebagai seorang pendiri, direktur utama, CEO, hingga ketua dewan toko ritel online Amazon (amazon.com). Beliau merupakan lulusan Universitas Princeton dan pernah bekerja sebagai analis keuangan di D.E. Shaw & Co sebelum akhirnya memutuskan untuk membangun kerajaannya sendiri pada tahun 1994. Kepemilikan sahamnya di amazon.com berkontribusi dalam mengantarkan Jeff menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD 34.8 miliar (sekitar Rp487 triliun) pada tahun 2015.

14. Michael Bloomberg

20 Orang Terkaya di Dunia, Michael Bloomberg

Michael Bloomberg via businessinsider.com

 

Beliau dikenal sebagai seorang multi-miliarder dan pernah menjabat sebagai wali kota New York City pada periode 2002 hingga 2014. Selain dikenal sebagai sosok politikus, Michael juga dikenal sebagai sosok pebisnis dan menjabat sebagai presiden Pasar Keuangan Bloomberg yang telah memiliki pelanggan dengan jumlah lebih dari 165.000 di seluruh dunia. Hal ini berkontribusi pada kekayaannya yang dilaporkan mencapai USD 35.5 miliar (sekitar Rp497 triliun) pada tahun 2015 dan menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

13. Bernard Arnault

20 Orang Terkaya di Dunia, Bernard Arnault

Bernard Arnault via forbes.com

 

Dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Perancis dan juga dikenal karena telah mengubah LVMH, sebuah perusahaan barang-barang murah yang disulap menjadi perusahaan global lewat jalan akuisisi, pemasaran yang cerdas, serta desain yang lebih berani. Kekayaannya tercatat menjadi USD 37.2 miliar (sekitar Rp520 triliun) pada tahun 2015 versi majalah Forbes.

12. Samuel Robson Walton

20 Orang Terkaya di Dunia, Samuel Robson Walton

Samuel Robson Walton via cdn.com

 

Beliau adalah putra pertama pendiri retail kelas dunia Wal-Mart. Jalannya dalam membangun kerajaan tersebut memang dipermudah oleh posisi ayahnya sebagai pendiri Wal-Mart, tetapi Rob juga melebarkan sayapnya dengan bergabung bersama Conner and Winters yang merupakan sebuah firma hukum. Kekayaannya dilaporkan mencapai USD 39.1 miliar (sekitar Rp547 triliun) pada tahun 2015 oleh majalah bergengsi Forbes.

11. Alice Walton

20 Orang Terkaya di Dunia, Alice Walton

Alice Walton via realtytoday.com

 

Namanya dikenal sebagai putri pebisnis retail modern, Sam Walton. Kekayaan Alice berasal dari kepemilikan saham Wal-Mart dan sebagai pemegang saham di salah satu perusahaan jasa keuangan, E.F. Hutton. Kekayaannya tercatat mencapai USD 39.4 miliar (sekitar Rp551 triliun) pada tahun 2015 dan menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

10. Liliane Bettencourt

20 Orang Terkaya di Dunia, Liliane Bettencourt

Liliane Bettencourt via cmgdigital.com

 

Beliau dikenal sebagai orang paling kaya di Perancis yang bekerja untuk memimpin perusahaan kosmetik yang merupakan bisnis warisan dari orang tuanya, L'Oreal. Beliau bisa dikatakan sebagai orang yang beruntung karena posisinya sebagai pewaris tunggal perusahaan ayahnya. Lilliane merupakan pemegang saham utama L'Oreal sebesar 27,5% dan menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan laporan kekayaan mencapai USD 40.1 miliar (sekitar Rp561 triliun) pada tahun 2015.

9. Jim Walton

20 Orang Terkaya di Dunia, Jim Walton

Jim Walton via profilbos.com

 

Beliau adalah adik dari Christy Walton yang dikenal menjabat sebagai Chariman di Bank Arvest. Lika-liku perjalanan karirnya dimulai sejak lulus kuliah dan bergabung dalam bisnis Wal-Mart yang merupakan bisnis keluarga. Beliau kemudian keluar dan mencoba peruntungan di bisnis keluarga Walton yang lain yaitu Walton Enterprise. Tak puas, beliau menarik diri dari jajaran dewan bisnis retail ini dan memutuskan untuk menjadi seorang banker. Kekayaannya dilaporkan mencapai USD 40.6 miliar (sekitar Rp568 triliun) dan menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

8. Christy Walton

20 Orang Terkaya di Dunia, Christy Walton

Christy Walton via wallpaperbang.com

 

Christy Walton merupakan wanita terkaya versi majalah Forbes pada tahun 2015 karena persentase kepemilikan saham di Wal-Mart sangat besar. Selain itu, Christy Walton juga dikenal mewarisi bisnis penyedia energi alternatif milik suaminya yaitu First Solar yang diketahui penjualannya terus mengalami peningkatan hingga sempat meningkat sebesar 359% sejak dibuka pertama kali pada tahun 2006. Kekayaannya dilaporkan mencapai USD 41.7 miliar (sekitar Rp583 triliun) oleh majalah Forbes.

7. David Koch

20 Orang Terkaya di Dunia, David Koch

David Koch via wordpress.com

 

Beliau adalah saudara Charles Koch yang juga menjabat sebagai Executive Vice President di Koch Industries. Selain dikenal sebagai pemilik Koch Industries, pria 74 tahun ini juga dikenal sebagai sosok filantropis, aktivis politik, serta insinyur kimia. Kekayaan bersih yang dimilikinya pada tahun 2015 versi majalah Forbes telah mencapai USD 42.9 miliar (sekitar Rp600 triliun).

6. Charles Koch

20 Orang Terkaya di Dunia, Charles Koch

Charles Koch via huffpost.com

 

Lulusan MIT ini dikenal sebagai pemilik, ketua dewan, sekaligus CEO Koch Industries. Perusahaan ini bergerak di bidang proses dan pengendalian polusi peralatan dan teknologi, mineral, pupuk, perdagangan dan jasa komoditas, serta berbagai sektor bidang lain. Kekayaannya dilaporkan mencapai angka USD 42.9 miliar (sekitar Rp600 triliun) pada tahun 2015 versi majalah Forbes.

5. Larry Ellison

20 Orang Terkaya di Dunia, Larry Ellison

Larry Ellison via huffpost.com

 

Beliau adalah salah satu pendiri sekaligus CEO dari Oracle Corporation, sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang perangkat lunak database. Larry Ellsion tak langsung mendapatkan kekayaannya dari warisan orang tuanya, beliau bahkan sempat mengabdi kepada Perusahaan Ampex dan salah satu proyeknya adalah membuat gudang data untuk kepentingan kerja CIA yang dinamakan Oracle. Pada tahun 2015 menurut majalah Forbes, kekayaan pria 71 tahun ini mencapai USD 54.3 miliar (sekitar Rp760 triliun).

4. Amancio Ortega

20 Orang Terkaya di Dunia, Amancio Ortega

Amancio Ortega via picpicx.com

 

Dilahirkan bukan dari keluarga yang sangat mampu, ia berhasil membebaskan dirinya dari lingkaran kemiskinan. Amancio Ortega dikenal sebagai seorang eksekutif muda asal Spanyol sekaligus sebagai pendiri grup mode Inditex. Di balik penampilannya yang sederhana, siapa sangka ia adalah seorang miliarder dan namanya tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih pada tahun 2015 mencapai USD 64.5 miliar (sekitar Rp903 triliun).

3. Warren Buffett

20 Orang Terkaya di Dunia, Warren Buffet

Warren Buffet via kizaz.com

 

Warren Buffett Dikenal sebagai seorang investor dan pengusaha asal Amerika Serikat yang telah mengumpulkan kekayaan dari kelihaiannya dalam berinvestasi melalui perusahaan Berkshire Hathaway dengan persentase kepemilikan saham 38%. Ia telah terbiasa bekerja keras sejak kecil dengan menjadi pengantar surat kabar atau koran. Kekayaan yang didapat dari hasil kerja kerasnya selama ini dilansir mencapai USD 72.7 miliar (sekitar Rp1,01 kuadriliun) pada tahun 2015.

2. Carlos Slim Helu

20 Orang Terkaya di Dunia, Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu via forbes.com

 

Ia dikenal sebagai pengusaha dan filantropis asal Spanyol yang memimpin perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil. Beliau tidak terlahir dari keluarga mampu namun sanggup berjuang dan membangun kerajaannya di Meksiko hingga dinobatkan menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih yang dilaporkan mencapai USD 77.1 miliar (sekitar Rp1,07 kuadriliun).

Baca Juga: 10 Wanita Muda Terkaya di Dunia

1. Bill Gates

20 Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates

Bill Gates via tribune.com

 

Dikenal sebagai pendiri perusahaan perangkat lunak Microsoft. Perjalanan hidup Bill Gates hingga menjadi orang terkaya nomor 1 di dunia versi majalah Forbes ini tidak mulus.  Ia rela untuk tidak tidur demi terus menambah ilmu pengetahuan, mendedikasikan hidupnya kepada komputer meski harus mengalami putusan Drop Out oleh Harvard University. Berkat segala perjuangannya yang tak kenal lelah dan putus asa, ia berhasil membangun kerajaannya sendiri dan kekayaan bersih Bill Gates dikabarkan mencapai USD 79.2 miliar (sekitar Rp1,1 kuadriliun) berdasarkan perhitungan majalah Forbes.

Baca Juga: 10 Artis Indonesia Terkaya Saat Ini

Terus Berusaha

Meraih kesuksesan memang tidak bisa didapat dengan mudah, apalagi untuk bisa menempatkan nama pada pemuncak posisi orang terkaya di dunia seperti di atas. Namun 20 orang di atas telah membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil jika Anda benar-benar berusaha. Terus bekerja keras meraih apa yang diinginkan serta pantang menyerah sebelum Anda mendapatkannya. Hargai proses yang Anda lakukan untuk meraih kesuksesan, jangan terpancing untuk mengejar kesempurnaan semata.

Baca Juga: 20 Orang Terkaya di Indonesia