21 Film yang Wajib Ditonton untuk Nambah Motivasi Hadapi Tahun Baru 2021

Menyambut tahun baru harus diawali dengan berbagai semangat positif dan motivasi baru untuk menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya baik itu untuk karir, keuangan, keluarga sampai percintaan. Banyak orang mencoba mencari inspirasi dan motivasi baru dengan berbagai hal seperti berlibur keluar kota atau keluar negeri, berkumpul bersama keluarga atau nongkrong dengan sahabat-sahabat lama.

Dari seluruh kegiatan menyenangkan diatas ada satu hal menyenangkan lagi yang bisa kamu jadi sarana untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi baru dalam mengembangkan hidup kamu ke arah yang lebih baik lagi yaitu dengan menonton film!

Yap, menonton film dengan berbagai pesan positif didalamnya bisa membangkitkan semangat dalam diri kamu dalam menemukan kegiatan positif baru, cita-cita baru sampai memperbaiki masalah hidup yang sedang kamu alami.

Ini dia berbagai film dengan pesan positif yang cocok untuk kamu saksikan dalam menyambut tahun baru dengan semangat dan motivasi baru:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Inside Job

Inside Job
Inside Job via ethicsfilmfestival.com

Film besutan tahun 2011 ini adalah salah satu film tentang investasi yang paling direkomendasikan untuk kamu yang ingin lebih pintar bidang ekonomi terutama untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa jurusan ekonomi. Film yang dibintangi oleh aktor pemenang oscar Matt Damon ini banyak menceritakan tentang bagaimana cara mencari solusi dalam menyelesaikan permasalahan krisis ekonomi baik level mikro sampai dunia.

Baca Juga: 10 Film yang Menginspirasi Orang Berinvestasi

2. The Wolf of Wallstreet

The Wolf of Wallstreet
The Wolf of Wallstreet via scmp.com

Leonardo Dicaprio berhasil masuk ke berbagai nominasi aktor terbaik di berbagai acara penghargaan film bergengsi seperti oscar dan golden globe karena kualitas aktingnya di film bertema investasi terbaik sepanjang masa The Wolf of Wallstreet. Film yang bercerita tentang seorang pria bernama Belfort (Leonardo Dicaprio) yang berjuang menjadi salah satu broker investasi dan investor tersukses di Amerika dengan kepandaian, ketekunan dan kegigihannya.

3. The Pursuit of Happines

The Pursuit of Happiness
The Pursuit of Happiness via filmmattersmagazine.com

Film ini menceritakan bagaimana menjadi broker sukses dengan keadaan miskin dan tidak memiliki apapun. Namun Anda juga diajarkan tidak ada yang tidak mungkin jika Anda gigih dan sabar. Tidak hanya membuat kamu belajar tentang arti tidak menyerah tapi juga indahnya arti orang terkasih dihidup kita.

Film yang berdasarkan kisah nyata ini dimainkan oleh Will Smith sebagai Chris Gardner seorang pengusaha yang telah bangkrut dan mencoba bangkit kembali menjadi broker demi memberikan kehidupan yang lebih baik untuk anak laki-laki semata wayangnya.

4. Confession of a Shopaholic

Confesaions of Shopaholic
Confessions of Shopaholic via sobrosnetwork.com

Ini nih film yang tepat buat kamu yang punya hobi belanja tapi susah untuk mengendalikannya sehingga kondisi keuansgan kamu sedikit acak-acakan. Film yang bertema romance-comedy ini bercerita tentang perempuan bernama Rebbeca Bloomwood (Isla Fisher) yang memiliki kecanduan dalam berbelanja.

Kecanduannya pun menjadi sangat parah dititik dia harus melakukan terapi untuk meredam keinginan belanjanya. Untuk kamu generasi millenial yang baru bekerja dan pegang uang sendiri perlu menonton film ini agar mengerti seberapa pentingnya memiliki sikap bisa menahan diri dan menjadi boros.

5. Alangkah Lucunya Negeri Ini

Alangkah Lucunya Negeri ini
Alangkah Lucunya Negeri ini via twitter.com

Beralih ke film tanah air, ada film dengan genre drama yang bisa membuat kamu sadar pentingnya sifat pantang menyerah dalam membuat perubahan ke arah masa depan yang lebih baik. Bercerita tentang Muluk yang diperankan oleh Reza Rahardian, bendahara yang mengolah uang-uang dari hasil copetan.

Walaupun Muluk memiliki pekerjaan yang tidak baik dan bisa dikatakan kriminal. Tapi Muluk secara diam-diam mencoba menyisihkan sedikit demi sedikit uang copetan yang diolahnya untuk menjadi dana untuk mendidik para pencopet agar memiliki nasib yang lebih baik. Kerja keras Muluk pun pelan-pelan terlihat dan sahabat-sahabatnya pun akhirnya memiliki pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik bahkan memiliki keluarga yang harmonis.

6. Silver Spoon

Silver Spoon
Silver Spoon via awflix.com

Film ini adalah produksi dari negara sakura Jepan. Menceritakan tentang sekumpulan anak SMA kaya yang manja dan dibesarkan penuh di kota mau tidak mau harus pergi kesebuah desa untuk kepentingan kegiatan praktik sekolahnya yang merupakan sekolah pertanian.

Film ini akan menceritakan mengajarkan kamu tentang bagaimana kehidupan di desa, seberapa menyenangkannya dan seberapa penting kerja sama dalam sebuah tim. Film ini juga mengajarkan tentang keindahan persahabatan dan kekeluargaan.

7. Eat, Pray and Love

Eat, Pray and Love
Eat, Pray and Love via aceshowbiz.com

Bercerita tentang Elizabeth Gilbert (Julia Roberts) yang harus gagal dalam mempertahankan pernikahannya karena tidak bisa hamil. Dengan tingkat stress yang luar biasa dia pun memutuskan untuk mencari lagi jati dirinya yang baru dengan traveling kebeberapa negara dan mencoba menyembuhkan mentalnya dengan keindahan dari masing-masing negara yang dikunjunginya.

Film yang sempat heboh di Indonesia karena pernah berlokasi di Bali ini pun sukses menjadi film yang sering direkomendasikan untuk para wanita yang sedang mengalami banyak kesulitan baik dalam karir dan percintaan untuk memotivasi mereka dalam memperbaiki masalah mereka dan tetap semangat dalam mencari kebahagiaan dalam hidup.

Baca Juga: Film-film yang Membuat Keluarga Lebih Harmonis

8. Haji Backpacker

Haji Backpacker
Haji Backpacker via youtube.com

Film ini pun memiliki alur cerita yang sama dengan film diatas. Berbeda dengan Eat, Pray and Love yang berujung kebahagian karena berhasil menemukan cinta sejati. Cerita ini bercerita tentang si pemeran utama pria (Abimana) yang berhasil menemukan kedamaian hidup karena berhasil mendekatkan diri ke tuhan dan menemukan makna indah dari ajaran-ajaran agama Islam.

Berawal dari dirinya yang stress dan patah hati karena gagalnya pernikahan akibat mempelai wanita (Dewi Sandra) yang tiba-tiba kabur di tengah acara pernikahan. Setelah itu dia pun meluapkan kemarahannya kepada tuhan dan akhirnya pergi dari rumah tanpa tujuan. Lambat laun dia pun semakin melupakan tuhan dan ajaran agamanya.

Berada dalam jalan hidup yang sesat, pemuda itu pun melewati hari-harinya penuh dengan kecemasan dan sering dihantui mimpi buruk dalam tidurnya. Setelah beberapa kejadian buruk yang menimpanya, pemuda itu pun akhirnya menyadari bahwa dia tetaplah dilindungi oleh tuhan, walaupun dia hidup di jalan yang tidak benar. Film ini pun berlokasi di 7 negara lain selain Indonesia yaitu Thailand, Vietnam, Cina, India, Tibet, Nepal, Iran dan Arab Saudi.

9. The Intern

The Intern
The Intern via thesociallit.com

Kamu yang sudah kehilangan motivasi dalam berkarir sepertinya butuh banget untuk nonton film keluaran tahun 2015 satu ini agar kembali bersemangan bekerja lagi. Bercerita tentang Ben Whittaker (Robert De Niro) yang bosan hidup sebagai pensiunan memutuskan bekerja sebagai internt di salah satu perusahaan startup.

Bersama dengan bosnya Jules (Anne Hatheway), Ben banyak mempelajari hal baru dalam dunia bisnis dan teknologi. Dan dengan adanya Ben, permasalahan keluarga dan bisnis yang dihadapi Jules pun lambat laun terselesaikan dan membuat Jules menjadi lebih bahagia.

Bekerja memang tidak selalu mudah, bahkan untuk menjalankan sebuah bisnis. Terlebih kalau pekerjaan atau bisnis tersebut menyita banyak waktu. Namun, usia yang sudah tua bukanlah alasan untuk berhenti bekerja. Melalui pekerjaan yang dijalani pun, kita bisa memberi manfaat bagi banyak orang. Inilah yang digambarkan film yang disutradarai Nancy Meyers tersebut.

10. Miracle in Cell Number 7

Miracle in Cell No.7
Miracle in Cell No.7 via fushionmovie

Film yang satu ini tidak hanya bisa bikin kamu sesengukan menangis tapi juga mengajarkan kamu kasih yang besar antara seorang ayah dan anak juga indahnya persahabatan yang dijalin disebuah penjara di Korea Selatan.

Bercerita tentang seorang ayah bernama Lee Yong-Gu yang sedikit memiliki cacat mental menjadi tersangka pelecehan dan pembunuhan terhadap anak gadis seorang komisaris besar di kepolisian Seoul. Kejahatan yang tidak pernah dilakukannya ini mendorong teman-teman napinya memutuskan untuk membuat Yong-Gu belajar untuk membela dirinya di pengadilan agar dia terlepas dari tuduhan dan bisa bebas.

Sepanjang cerita kamu akan disuguhkan banyak adegan komedi antara sang ayah Yong-gu, teman-teman napinya dan anak gadis Yong-gu bernama Yesung (Kal So-Won) yang mereka masukan ke penjara secara diam-diam agar Yong-gu tidak merengek lagi karena merindukan anaknya. Walaupun film ini memiliki ending yang mengejutkan, tapi makna indah dari film ini akan membuat kamu tergugah dengan ketulusan kasih sayang dan cinta dari keluarga dan sahabat.

11. Becoming 

Becoming
Becoming via vogue.com

Becoming adalah film biografi berdasarkan kehidupan seorang mantan ibu negara juga sekaligus sosok wanita paling berpegaruh di dunia Michele Obama. Di film ini kamu  bisa mengetahui bagaimana kehidupan Michelle sebagai perempuan kulit hitam, di mana kala itu hal ini menjadi tantangan tersendiri baginya.

Perjuangan Michele hidup sebagai seorang perempua berkulit hitam berjuang untuk mendapatkan pendidikan terbaik meskipun berasal dari keluarga dengan latar belakang yang sangat biasa dan perlakuan rasisme yang ditunjukan kepadanya selama menempuh pendidikan tinggi bisa dijadikan inspirasi untuk kamu yang tengah mengalami kegalauan dalam meraih impian mu.

12. Uncorked

Uncorked
Uncorked via www.dailydot.com

Film bertema keluarga dan drama ini menceritakan seseorang pria bernama Elijah (Mamoudou Athie) yang menolak untuk meneruskan bisnis restoran keluarganya, dan memilih untuk menggapai cita-citanya sebagai master sommelier.

Master Sommelier sendiri adalah profesi level tertinggi sebagai seorang wine expert. Di film ini kamu akan belajar untuk berjuang untuk meraih impian mu sendiri dari berbagai tantangan meskipun itu keluarga mu sendiri. Film Uncorked juga akan memotivasi mu untuk berani mengambil keputusan untuk dirimu sendiri dan masa depan mu.

13. Crip Camp

Crip Camp
Crip Camp via nytimes.com

Film yang diproduseri oleh Barrack & Michelle Obama ini bagus banget ini adalah film dokumenter yang diangkat dari kisah nyata.

Berkisah tentang sebuah kamp musim panas khusus orang dengan disabilitas yang dibina oleh kaum Hippies. Kala itu, penyandang disabilitas dianggap sebagai sampah masyarakat.

Para anggota kamp tersebut kemudian melakukan revolusi demi terwujudnya hak-hak bagi penyandang disabilitas. ini mengajarkan bahwa penyandang disabilitas tetaplah manusia sepenuhnya.

Dengan menonton film ini kamu akan belajar lebih bersyukur atas setiap pencapaian yang telah kamu dapatkan dan apa yang telah kamu dapatkan selama ini dalam hidup kamu.

14. The Platform 

The Platfor
The Platform via www.michigandaily.com

Untuk yang suka film bertema thriller, The Platform merupakan salah satu film Netflix terbaru yang wajib kamu saksikan. Memiliki pesan moral yang kuat, dijamin dengan menonton film ini kamu akan merasa tertampar dan semakin sadar dengan kerasnya kehidupan dan kenyataan pahit  di dunia nyata.

Bercerita tentang seorang pria bernama Goreng yang dipenjara di sebuah penjara vertikal dengan ratusan lantai. Makanan bakal diturunkan melalui platform dari lantai teratas hingga terbawah.

Artinya, makanan sisa dari lantai atas bakal dimakan oleh orang yang ada di bawah, begitu seterusnya. Rekomendasi film Netflix Sci-Fi horror ini bakal membuka mata kamu mengenai realita kasta dalam masyarakat.

15. I Lost My Body

I Lost My Body
I Lost My Body via www.rollingstone.com

Walaupun sedikit absurd tapi film ini memiliki makna yang sangat dalam pada ceritanya.

Film animasi ini menceritakan perjalanan sepotong tangan untuk kembali ke pemiliknya, Naoufel (Hakim Faris), yang digabungkan dengan kisah dari Naoufel itu sendiri.

Seperti film animasi Perancis lainnya, I Lost My Body mengangkat kisah yang sangat surreal tapi keanehan ini yang justru membuatnya unik.

Film ini mengisahkan tentang; kehilangan, ketidaklengkapan, dan perpisahan yang tak tertahankan. Ini menggabungkan fantasi dengan fatalis dan kerinduan tangan tanpa tubuh dengan semacam animasi tubuh horor yang aneh. Ada rasa urgensi di sepanjang film yang bikin tegang.

Dengan menonton film ini kamu bisa merasakan berbagai emosi dan tentu saja bisa terinspirasi untuk menemukan hal terbaik dalam diri kamu dimasa tersulit sekalipun.

16. Uncut Gems

Uncut Gems
Uncut Gems via www.gq-magazine.co.uk

Uncut Gems merupakan sebuah film bertema dark comedy yang dibintangi oleh aktor kawakan Adam Sandler. Film ini menceritakan kisah penjual perhiasan yang terlilit hutang. Ia harus mendapatkan batu mulia yang ia beli untuk dapat membayar hutangnya.

Kamu bisa menyaksikan perjuangan Adam Sandler yang berusaha untuk mempertahankan seluruh hal yang dimiliki dengan memanfaatkan skill dan seluruh kemampuannya. Menonton film ini di tahun baru bisa jadi awal yang baik untuk kamu yang butuh motivasi tambahan ketika masa sulit datang.

17. Guru-Guru Gokil

Guru-Guru Gokil
Guru-Guru Gokil via www.thejakartapost.com

Guru-Guru Gokil adalah film Indonesia 2020 yang disutradarai oleh Sammaria Simanjuntak, ditulis oleh Rahabi Mandra, Dian Sastrowardoyo dan Tanya Yuson dan dibintangi oleh Gading Marten, Boris Bokir dan Kevin Ardilova.

Guru-guru Gokil bercerita tentang Taat (Gading Marten) yang berambisi untuk sukses, tapi lebih sering menemui kegagalan dalam karier. Baginya, kesuksesan berarti memiliki uang banyak.
 
Hingga suatu saat, keadaan mengharuskan Taat untuk bekerja menjadi guru di sebuah sekolah. Di saat bersamaan, terjadi insiden yang menimpa para guru. Kejadian tersebut mengubah pandangan taat terhadap uang, kesuksesan, dan dedikasi para guru.

18. Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah

Masih produk lokal nih, film ini merupakan film komedi garapan Ernest Prakasa yang dirilis pada 2016. 

Menceritakan tentang kehidupan dan mengangkat fenomena yang terjadi pada keluarga keturunan Tionghoa. Ide cerita film ini sebenarnya berkisah mengenai seorang anak yang sudah sekolah tinggi-tinggi akan berakhir dengan menjaga sebuah toko. Problematika yang tersaji di film ini sebenarnya adalah realita sosial yang ada sudah ada di kehidupan nyata.

Seperti menggambarkan sikap orangtua yang kerap membandingkan anak-anaknya dan selalu beranggapan bahwa anak lulusan dari universitas terbaik pasti mampu meneruskan usaha milik keluarga. Sementara anak lain, yang hidupnya penuh masalah dan berantakan.

19. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini via thejakartapost.com

Film lokal bertema drama dan keluarga ini diangkat berdasarkan buku karya Marcella FP dengan judul yang sama.

Film ini berisi aktor dan aktris kawakan yaitu Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha, Donny Damara, Susan Bachtiar, Ardhito Pramono, Oka Antara, Niken Anjani, Agla Artalidia dan masih banyak lagi.

Berkisah tentang keluarga yang tampak bahagia dengan tiga anak, Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara Aisha), dan Awan (Rachel Amanda). Awan merupakan anak ketiga yang mendapat penjagaan ketat dari sang kakak, Angkasa karena tuntutan sang ayah (Donny Damara). 

Pesan dalam buku itu kemudian diracik Angga dengan bantuan penulis skenario Jenny Jusuf hingga menjadi sebuah cerita utuh mengenai kisah sebuah keluarga yang menyimpan sebuah rahasia.

20. Orang Kaya Baru

Orang Kaya Baru
Orang Kaya Baru via Youtube.com

Film Orang Kaya Baru berkisah tentang sebuah keluarga miskin yang selalu dilanda permasalahan ekonomi, tapi menjadi mendadak kaya.
Orang Kaya Baru berkisah tentang sebuah keluarga miskin yang selalu dilanda permasalahan ekonomi. Tokoh-tokoh utama dalam film ini adalah Bapak (Lukman Sardi), Ibu (Cut Mini), Tika (Raline Shah) sebagai anak pertama, Duta (Derby Romero) sebagai anak kedua, dan Dodi (Fatih Unru) sebagai si bungsu.
Dalam film ini kamu akan belajar berbagai pelajaran kehidupan seperti akibat apa yang didapat karena ketamakan terhadap uang dan materi sampai permasalahan keluarga.

21. My Stupid Boss 2

My Stupid Boss
My Stupid Boss via Netflix.com

Dengan pemain utama tetap yaitu Reza Rahardia dan Bunga Citra Lestari, film komedi My Stupid Boss series ini sangat populer seakan telah menjadi film keluarga yang wajib di tonton bersama ketika hari libur panjang tiba.

Bercerita tentang si Boss pelit, Bossman (Reza Rahardian) yang pelit dan tak pernah habis akal dalam mengerjai anak buahnya untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dia mulai sendiri mengajak anak buahnya untuk menemani dia melakukan perjalanan bisnis ke Vietnam.

Diana (Bunga Citra Lestari) yang berperan sebagai sekertaris baru ini pun bersama dengan karyawan lainnya pun tidak hanya mencoba membalas perlakuan semena-mena si Bossman bersama-sama tapi juga membantu Bossman dalam mempertahankan perusahaannya demi menyelamatkan karyawan lainnya dari status PHK selama perjalanan bisnis tersebut.

Mulai Tahun Baru dengan Semangat Baru

Menonton film bisa menjadi hobi yang positif jika film tersebut memiliki makna yang bisa membawa perubahan baik di hidup kamu. Banyaknya genre film yang ada membuat kamu memiliki banyak pilihan untuk menambah pengetahuan kamu dibidang apapun. Pilih yang sesuai dengan passion mu dan nikmati bersama sahabat atau keluarga biar liburan tahun baru semakin seru.

Baca Juga: Yuk, Belajar Cintai Diri Sendiri dengan Nonton 4 Film ini!