23 Hotel Instagramable dan Murah Meriah, Cocok Buat Liburan Keliling Indonesia

Punya rencana jalan-jalan, tapi bingung mau menginap di mana? Tenang, Indonesia dipenuhi orang-orang kreatif yang menawarkan penginapan atau hotel instagramable dan murah meriah. Lokasinya tersebar di seantero negeri, dari Sabang sampai Merauke.

Coba lihat akun instagram kamu sekarang? Pasti ada saja teman atau kenalanmu yang update foto liburan setiap hari. Liburan gak seru kalau cuma pulang pergi. Pasti menginap beberapa hari untuk mengeksplor lebih banyak tempat-tempat wisata di suatu daerah.

Kalau merencanakan liburan dalam beberapa hari, tentu saja kamu membutuhkan penginapan atau hotel. Tapi milenial atau kids zaman now mah, gak mau tuh penginapan yang biasa-biasa saja. Maunya tinggal di hotel yang instagramable, tapi harganya terjangkau. Kan bisa sambil foto-foto cantik untuk diunggah di media sosial.

Okelah kalau begitu. Cermati.com akan mengulas hotel-hotel unik, instagramable, dan murah yang bisa jadi rekomendasi buat kamu kalau lagi jalan-jalan keliling Indonesia:

Baca Juga: Dear Pengantin Baru, ini 7 Hotel Romantis di Dunia yang Cocok untuk Bulan Madu

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Capsule Inn, Medan

Berlokasi di Jl. KH. Zainul Arifin No. 176, Madras Hulu, Medan, Capsule Inn merupakan hotel kapsul yang digandrungi muda mudi untuk liburan karena sangat futuristik. Tidur di dalam tabung yang sudah lengkap dengan fasilitas televisi, meja kecil, earphone, colokan USB, dan alat pemadam api. Kamu bisa merasakan hotel kapsul yang mirip di Jepang ini dengan harga mulai dari Rp256 ribu per malam. 

2. O2 Residence Luxury, Medan

Hotel
O2 Residence Luxury via pegipegi.com

Penginapan ini tampak mirip apartemen. Nuansanya serba minimalis dan didominasi warna putih serta hitam. Bikin para tamu nyaman dan betah serasa di rumah. Dengan harga per kamar mulai dari Rp100 ribu per malam. Letak penginapan ini di Jl. Sei Rokan No. 26, Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Medan.

3. Freddies Santai Sumurtiga, Sabang-Aceh

Kalau kamu berencana liburan ke Sabang wilayah paling barat Indonesia, coba menginap di Freddies Santai Sumurtiga. Lokasinya ada di Jl. KH. Agus Salim, Sukajaya, Kota Sabang.

Penginapan ini seperti pondokan yang terbuat dari anyaman bambu. Terasa asri, apalagi ditemani suara deburan ombak pantai di sekitarnya. Menginap di sini, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp300 ribu per malam. 

4. Riverside Hostel, Padang

Berada di Jl. Batang Arau No. 66 C/D, Padang Selatan, Berok Nipah, Padang, Riverside Hostel menjadi pilihan menginap bagi wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke Kota Gadang. Dengan harga mulai dari Rp100 ribu per malam, kamu bisa tidur dengan nyaman karena dilengkapi AC.

Tersedia juga fasilitas mandi dengan shower dan free wifi. Lobi depan luas, suasana tenang, dan perabotan ditata apik sehingga cocok untuk tamu berselfie ria.

5. MaxOne Hotels, Kramat Raya-Jakarta Pusat

Hotel
MaxOne Hotels Kramat, Jakarta via maxonekramatjakarta.com

Menghadirkan konsep Betawi, MaxOne Hotels cocok buat kamu yang sedang liburan ke Jakarta. Kamu bisa puas foto-foto dengan latar belakang lukisan ondel-ondel, tarian asli Jakarta, dan masih banyak lainnya.

Lokasinya cukup strategis, karena berada di Jl. Kramat raya No. 91, Senen, Jakarta Pusat. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp300 ribu per malam.

6. Artotel, Thamrin-Jakarta Pusat

Artotel
Artotel, Thamrin, Jakarta Pusat via artotelgroup.com

Hotel instagramable dan murah meriah di kawasan jantung Ibu Kota lain adalah, Artotel yang terletak di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat. Sesuai namanya, hotel ini menawarkan beragam karya seni menarik yang bisa jadi latar belakang fotomu. Mau menginap di Artotel? Harga kamar per malamnya sekitar Rp400 ribu.

7. D’Cabin Hotel Container, Bogor

Hotel
D'Cabin Hotel Container, Mekarsari, Bogor via pegipegi.com

Bogor memang salah satu destinasi wisata favorit. Apalagi buat warga Jakarta. Kalau lagi jalan-jalan ke Kota Hujan, menginap di D’Cabin Hotel Container di Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Di sini kamu dapat merasakan sensasi bermalam di dalam kontainer yang disulap menjadi penginapan.

Kontainer tersebut berada di alam terbuka. Rasanya asri, tenang, nyaman, dan private. Didukung suasana sejuk hawa Bogor dan lengkap dengan fasilitas hotel, seperti AC, lemari, kamar mandi dalam, televisi, dan kulkas. Harga menginap untuk 4 orang di D’Cabin Hotel Container mulai dari Rp600 ribu per malam.

8. De Salak Homestay, Bogor

Mau menikmati suasana pedesaan dengan pemandangan hamparan sawah? Menginap saja di De Salak Homestay. Penginapan ini terlihat sangat asri karena dibangun dari anyaman bambu.

Letaknya di Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, De Salak Homestay menawarkan harga per kamar sekitar Rp350 ribu per malam.

9. Pavilion 19, Bandung

Bandung sih surganya penginapan atau hotel unik dan instagramable. Termasuk harganya yang sangat bersahabat. Salah satunya Pavilion 19 di Jl. Waspada No. 19, Pasteur, Bandung.

Penginapan ini didesain rapi, menarik, dan lucu dengan kombinasi warna yang epik. Setiap sudut bisa jadi spot foto. Mau menginap di Pavilion 19? Tarifnya mulai dari Rp200 ribu per malam.

10. Cottonwood Bed & Breakfast House, Bandung

Nyari penginapan dengan harga Rp200 ribuan? Melipir ke Jl. Mustang Blok B2 No. 1A, Sukajadi, Bandung. Lokasi Cottonwood Bed & Breakfast House berada. Penginapan ini didominasi warna-warna pastel dan dihias dengan ornamen unik dan artistik.

Baca Juga: Nggak Cuma Gili, 5 Pantai di Lombok ini Juga Sangat Indah dan Masih Jarang Pengunjung

11. Sleep & Sleep, Semarang

Hotel
Sleep & Sleep Semarang via pegipegi.com

Berlokasi di Jl. Imam Bonjol No. 15-17 Semarang, menawarkan berbagai spot instagramable untuk berselfie. Fasilitasnya pun termasuk lengkap, selain tempat tidur, ada wifi gratis, AC, TV, tempat parkir, dan lainnya. Tarif sewanya murah banget mulai dari Rp39 ribu per malam.

12. Bring In House, Yogyakarta

Siapa yang kangen Yogyakarta? Yuk, kembali ke Kota Gudeg untuk liburan. Nyari hotel atau penginapan murah di Yogya, seabrek. Ada nih Bring in House yang terletak di Jl. Pugeran Timur, Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta.

Dengan harga mulai dari Rp120 ribu, kamu bakal merasa seperti tinggal di rumah. Bangunannya masih tradisional dengan pagar terbuat dari kayu. Dinding penginapan dicat warna warni dan dihiasi lukisan mural. Instagramable banget deh.

13. Abrakadabra Art B&B, Yogyakarta

View this post on Instagram

Love is the answer. At least for most of the questions in my heart, like: "Why are I'm here?" . 📷 @dheniaal ______________________________________________ "you can check-out any time you like, but you can never leave!" ______________________________________________ ABRAKADABRA! ARTB&B Minggiran Baru st. No. 19 Suryodiningratan, Mantrijeron Special Region of Yogyakarta 55141 abrakadabrabnb@gmail.com +6285727926925 +622742872906 . #guesthouse #hostel #homestay #yogya #jogja #yogyakarta #jogjakarta #jogjabnb #jogjaguesthouse #guesthousejogja #homestayjogja #hosteljogja #artspace #instapic #visitjogja #visityogyakarta #artwork #abrakadabra #abrakadabrabnb #abrakadabrajogja #instagramhostel #hostelworld #livefolks #instatravel #instatraveling #instajogja #magic #simsalabim #backpackerstylekite

A post shared by ABRAKADABRA! ARTBNB (@abrakadabraartbnb) on

Masih di kawasan Suryodiningratan, ada juga penginapan dengan nama unik Abrakadabra Art B&B. Uniknya, setiap kamar didesain berbeda. Harga sewa kamarnya murah banget mulai dari Rp100 ribu, sudah termasuk sarapan pagi.

14. My Studio Hotel City Center, Surabaya

Hotel
My Studio Hotel City Center, Surabaya via pegipegi.com

Siapa bilang di Surabaya serba mahal? Buktinya ada nih penginapan murah dan bagus buat spot foto, yakni My Studio Hotel City Center. Lokasinya di Jl. Sumatera No. 20C, Ketabang, Gubeng, Surabaya.

Tarif sewa kamar mulai dari Rp80 ribu per malam. Mirip dormitory karena tempat tidur disusun tingkat dua. Meski begitu, tamu tidak akan bosan karena penginapan ini didesain dengan konsep kekinian.

15. Kamariska Hostel, Sidoarjo

Buat kamu yang ngefans dengan Inggris, pas banget menginap di Kamariska Hostel. Desain dan ornamen di penginapan ini serba berbau Inggris. Serasa seperti sedang berada di London. Mulai dari cover bed, bantal sofa, wastafel, toilet, dan setiap sudutnya dihiasi dengan ornamen Inggris.

Menginap di Kamariska Hostel yang berada di Jl. Mandala No. 621A, Sidoarjo, Jawa Timur ini dikenai tarif mulai dari Rp200 ribu per malam.

16. The Lalita Backpacker Beds, Malang

Berada di Jl. Kedawung No. 21, Tulusrejo, Kota Malang, penginapan The Lalita Backpacker Beds terasa sangat cozy. Banyak ornamen menghiasi dinding. Sederhana tapi begitu sedap dipandang mata. Cocok untuk spot foto-foto. Tarif sewa penginapan ini sekitar Rp108 ribu per malam.

17. Kapal Garden Hotel, Malang

Sesuai namanya, Kapal Garden Hotel memiliki bentuk bangunan menyerupai kapal besar. Hotel bintang 3 ini dapat dinikmati dengan tarif mulai dari Rp180 ribu. Dilengkapi fasilitas kolam renang, wifi gratis, kolam renang, dan masih banyak lainnya. Ada juga kamar konsep dormitory untuk para backpacker.

18. Cara Cara Inn, Kuta-Bali

View this post on Instagram

A post shared by 🏝CARA CARA 🏖 (@caracarainn) on

Di dekat Pantai Kuta, Bali, terdapat penginapan murah dan instgramable untuk wisatawan domestik maupun asing, yakni Cara Cara Inn. Bukan saja unik namanya, tapi juga desain hotel yang dipenuhi warna-warna menarik. Harga sewa kamar per malam mulai dari Rp300 ribu. Bisa sharing juga loh dengan temanmu.

19. Fame Hotel Sunset Road, Bali

Hotel kekinian yang berada di Jl. Sunset Road No. 9 Legian, Kuta, Bali. Dengan harga mulai dari Rp290 ribu per malam, kamu bisa puas melihat setiap sudut ruang yang disulap seperti lokasi syuting hollywood. Dinding hotel dihias dengan gambar para selebriti Hollywood

20. Hotel Toddopuli Mas, Makassar

Hotel
Hotel Toddopuli Mas, Makassar via pegipegi.com

Berada di Jl. Toddopuli Raya No. 21, Panakkukang, Makassar, menginap di Hotel Toddopuli Mas gak bikin kantong jebol. Tarif sewanya mulai dari Rp200 ribu per malam.

21. Gili Meno Eco Hostel, Lombok

Jika kamu mengunjungi Lombok, tak ada salahnya menginap di Gili Meno Eco Hostel. Penginapan ini masuk daftar hostel paling instagramable di dunia versi situs pemesanan hostel, Hostelworld.

Bagaimana tidak? Bangunan hostel ini penuh dengan kayu dan bambu. Tempat tidurnya bertiraikan kelambu. Ditemani suara deburan ombak, yang menambah suasana makin romantis dan syahdu. Tarif sewa menginap di sini mulai dari Rp180 ribu per malam.

22. Le Pirate Boatel, Labuan Bajo

Plesiran ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur paling enak menginap di Le Pirate Boatel. Penginapan yang didominasi warna serba putih dan hijau ini mengapung di pantai. Terombang ambing mengikuti gerak ombak. Untuk menikmati penginapan yang lengkap dengan restoran dan bar ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp500 ribu per malam.

23. Kamar Raja Homestay, Raja Ampat

Di ujung Timur Indonesia, tepatnya kawasan wisata terkenal Raja Ampat, Papua Barat, kamu masih bisa menemukan penginapan murah. Kamar Raja Homestay menawarkan harga mulai dari Rp300 ribu per malam.

Melongok bangunannya, dari kayu dan bambu. Kasur empuk dikeliling kelambu untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk. Tenang, ada listrik di sini untuk charge ponsel dan fasilitas kipas angin, serta makan tiga kali sehari.

Makin Untung dengan Kartu Kredit

Selain beli tiket pesawat, pesan hotel atau penginapan makin mudah, hemat, dan untung dengan menggunakan kartu kredit. Manfaatkan berbagai promo menarik dari bank penerbit kartu kredit untuk pemesanan hotel. Kamu dapat mengajukan kartu kredit melalui website atau aplikasi Cermati.com.

Baca Juga: Review Kartu Kredit: BRI Wonderful Indonesia