25 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2015

Pendidikan merupakan sebuah aset kehidupan yang terbaik yang tidak akan pernah bisa dicuri atau habis. Kekayaan ilmu pengetahuan akan membuat seseorang dapat menghidupi dirinya dari hasil pembelajaran ilmu yang diminati. Maka tak jarang bila banyak pihak kini turut serta dalam mendukung program pendidikan yang layak bagi semua orang, yang akhirnya diharapkan dapat memberi kontribusi bagi negara. Tidak harus besar, tetapi bisa membuat sebuah perubahan yang mengarahkan negara untuk lebih berkembang dan menjadi negara maju dan akhirnya menjadi negara terdepan. Beasiswa banyak disebar oleh berbagai kalangan mulai dari instansi pemerintah hingga perusahaan swasta dalam program CSR (Customer Social Responsibility) dengan maksud bisa memfasilitasi pelajar dengan tingkat kemauan dan kemampuan pendidikan yang tinggi namun mendapat kendala finansial, dikarenakan biaya pendidikan saat ini memang sangatlah tinggi.

Jadi, urusan pendanaan sudah bukan masalah utama lagi karena sudah banyak pihak yang membantu pembiayaan. Sekarang saatnya Anda menentukan tempat menempuh pendidikan. Memang ada yang bilang bahwa setiap universitas tidak memiliki perbedaan yang besar di mana pun Anda memilih. Namun tak menutup kemungkinan juga bahwa kampus atau sekolah yang memberikan fasilitas pendidikan tinggi, akan lebih berdampak bagi para pelajarnya dalam mengembangkan ilmu yang didapat secara teori di kelas. Berikut ini merupakan 25 universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2015 yang perlu Anda ketahui, dimulai dari peringkat ke-25.

Baca Juga: 3 Sumber Dana Untuk Biayai Kuliah Kamu Sendiri

25. Universitas Udayana

Universitas Udayana

Universitas Udayana via unud.ac.id

 

Dikenal juga dengan singkatan Unud, merupakan perguruan tinggi negeri di Bali yang berdiri sejak 29 September 1962 dan kini menawarkan berbagai program studi yang tersebar dalam berbagai fakultas, diantaranya Fakultas Sastra, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Pariwisata, Fakultas ISIPOL, dan Fakultas Kelautan dan Perikanan. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Udayana berkisar antara Rp1.600.000 - Rp7.000.000 per semester tergantung program studi.

24. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang via umm.ac.id

 

Adalah perguruan tinggi swasta yang berpusat di Malang, Jawa Timur. Universitas ini berdiri pada tahun 1964 dan berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. Sepuluh fakultas yang ada di UMM antara lain Fakultas Agama Islam, Fakultas ISIPOL, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Muhammadiyah Malang berkisar antara Rp2.750.000 - Rp17.000.000 per semester tergantung program studi.

23. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana via mercubuana.ac.id

 

Merupakan salah satu universitas swasta di Jakarta yang berdiri pada tanggal 22 Oktober 1985. Yang menarik dari kampus ini adalah ditawarkannya kelas khusus bagi karyawan yang ingin bekerja sembari melanjutkan studinya. Fakultas yang ada di Universitas Mercu Buana untuk program sarjana antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Seni dan Kreatif, Fakultas Ilmu Komunikasi, serta Fakultas Psikologi. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Mercu Buana adalah Rp6.660.000 per semester untuk semua jurusan.

22. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul via esaunggul.ac.id

 

Dikenal dengan singkatan UEU, merupakan perguruan tinggi swasta di Jakarta yang berdiri sejak tahun 1986 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa. 10 fakultas yang dimiliki UEU antara lain: Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Desain dan Industri Kreatif, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Fisioterapi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komputer, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Esa Unggul berkisar antara Rp5.000.000 - Rp8.100.000 per semester tergantung program studi.

21. Universitas Riau

Universitas Riau

Universitas Riau via blogspot.com

 

Disingkat UR, merupakan perguruan tinggi negeri di Pekanbaru yang berdiri sejak tanggal 25 September 1962. Program pendidikan yang ditawarkan ada program sarjana dan sekolah vokasi, Fakultas yang dimiliki UR membawahi cukup banyak program studi yang ditawarkan kepada mahasiswa, di antaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas ISIPOL, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertaian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikan, serta Fakultas Studi Ilmu Keperawatan. UR juga menyediakan jenis program pascasarjana dengan berbagai program studi. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Riau berkisar antara Rp2.450.000 - Rp13.600.000 per semester tergantung program studi.

20. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiya Yogyakarta via wikimedia.org

 

Adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang memiliki agenda rutin mengirimkan 20 hingga 30 tenaga pengajar untuk studi lanjut dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM pengelola. UMY menyediakan layanan pendidikan untuk program sarjana dan pascasarjana. Untuk program sarjana sendiri, UMY memiliki 8 fakultas, antara lain Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas ISIPOL, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pendidikan Bahasa. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkisar antara Rp3.735.000 - Rp52.275.000 per semester, dan harga tersebut berangsur turun setiap semester tergantung program studi.

19. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya via wordpress.com

 

Juga dikenal dengan singkatan UNSRI, merupakan perguruan tinggi negeri di Palembang dan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Kampus ini berdiri pada 29 Oktober 1960. Sepuluh fakultas yang dibawahi berbagai program studi yang ditawarkan Universitas Sriwijaya antara lain Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Komputer, serta Fakultas Kesehatan Masyarakat. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Sriwijaya berkisar antara Rp2.200.000 - Rp20.000.000 per semester tergantung program studi.

18. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta via uny.ac.id

 

Merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Gudeg yang sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta). Program studi yang ditawarkan tersebar dalam berbagai fakultas yang dimiliki UNY diantaranya adalah Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan juga terdapat program pascasarjana. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta berkisar antara Rp3.850.000 - Rp4.950.000 per semester tergantung program studi.

17. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara via wikimedia.org

 

Merupakan salah satu kampus bergengsi di Jakarta yang terkenal dengan kualitas pendidikan bisnisnya. Universitas Bina Nusantara berdiri sejak 8 Agustus 1996 di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara. Kampus ini menyediakan 3 jenis program kuliah yaitu reguler, internasional, dan secara daring. Untuk program sarjana reguler, kampus yang dikenal dengan nama Binus ini memiliki beberapa fakultas, diantaranya Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Sekolah Teknik Informatika, Sekolah Desain, Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Bisnis dan Manajemen, serta Fakultas Humaniora. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Bina Nusantara berbeda-beda tiap semester yang berkisar antara Rp1.650.000 - Rp13.760.000 tergantung program studi.

16. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra

Universitas Kriste Petra via blogspot.com

 

Dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi swasta nasional yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini berdiri sejak tahun 1961 dan fokus pada pengembangan kualitas pendidikan. Mahasiswa yang terdaftar dalam Universitas Kristen Petra sekitar 10.000 pelajar yang terdaftar dalam berbagai fakultas yang disediakan oleh UK Petra, diantaranya Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni dan Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Kristen Petra berkisar antara Rp4.500.000 - Rp14.000.000 per semester tergantung program studi.

15. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang via blogspot.com

 

Letaknya di Malang dan Blitar, Jawa Timur. Kampus ini merupakan perguruan tinggi negeri yang awalnya bernama PTPG Malang dan kemudian berubah nama menjadi IKIP Malang. Universitas Negeri Malang memiliki delapan fakultas dan satu pascasarjana. Delapan fakultas tersebut antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Pendidikan Psikologi. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Negeri Malang berkisar antara Rp5.000.000 - Rp5.500.000 per semester tergantung program studi.

14. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin via unhas.ac.id

 

Dikenal dengan singkatan Unhas, merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan, dan didirikan sejak 11 Juni 1956. Awalnya kampus ini merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Kini kampus dengan akumulasi luas wilayah mencapai 220 hektar ini menyediakan berbagai program studi yang terbagi dalam beberapa fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Kehutanan. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Hasanuddin berkisar antara Rp3.000.000 - Rp20.000.000 per semester tergantung program studi.

13. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang via blogspot.com

 

Universitas Negeri Semarang adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang terletak di daerah Semarang, Jawa Tengah. Universitas yang dikenal dikenal dengan singkatan UNNES ini membuka kelas untuk program sarjana maupun pascasarjana. Untuk program sarjana sendiri, UNNES menyediakan berbagai pilihan jurusan perkuliahan yang terbagi dalam beberapa fakultas, antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan IPA, serta Fakultas Hukum. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Negeri Semarang berkisar antara Rp5.700.000 - Rp8.250.000 per semester tergantung program studi.

12. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia via blogspot.com

 

Merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Bandung, Jawa Barat. Sistem yang dianut kampus ini adalah multikampus yaitu dengan adanya 6 kampus yang tersebar di Jawa Barat dan Banten. Lokasi lain selain kampus utamanya yang berada di Bandung adalah Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. Kampus ini menyediakan berbagai program studi yang terbagi dalam beberapa fakultas, antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Pendidikan Seni dan Desain. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Pendidikan Indonesia berkisar antara Rp5.850.000 - Rp9.000.000 per semester tergantung program studi.

11. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember via its.ac.id

 

Dikenal juga dengan singkatan ITS, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya dan awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik atau YPTT. Terdapat 5 fakultas di ITS, antara lain Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Kelautan, dan Fakultas Teknologi Informasi. Biaya kuliah tingkat sarjana di Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah Rp7.500.000 per semester untuk semua program studi.

10. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma via wordpress.com

 

Merupakan salah universitas ternama yang berada di kota Depok, Jawa Barat, dan lebih dikenal dengan sebutan GunDar atau UG. Selain menyediakan layanan pendidikan untuk program reguler, UG juga menyediakan kelas internasional. Program studi yang ditawarkan UG termasuk dalam 6 fakultas yang ada di UG, antara lain Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Gunadarma adalah Rp1.750.000 - Rp2.000.000 per semester tergantung program studi, ditambah biaya Rp150.000 per sks.

9. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga

Universitas Airlangga via blogspot.com

 

Lebih dikenal dengan singkatan UNAIR, universitas negeri ini terletak di Surabaya, Jawa Timur, dan berdiri sejak 10 November 1954. Hingga tahun 2009 tercatat lebih dari 24.000 mahasiswa terdaftar di UNAIR. Prodi yang ditawarkan UNAIR termasuk dalam beberapa fakultas, meliputi Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Budaya. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Airlangga berkisar antara Rp6.000.000 - Rp20.000.000 per semester tergantung program studi.

8. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret via uns.ac.id

 

Merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang berada di Surakarta. UNS menyediakan program pendidikan sarjana dan pascasarjana. Untuk program sarjana sendiri terdapat 9 fakultas yang membawahi berbagai prodi, di antaranya Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Sebelas Maret berkisar antara Rp2.300.000 - Rp21.900.000 per semester tergantung program studi.

7. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran via unpad.ac.id

 

Dikenal dengan singkatan UNPAD, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. UNPAD memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus yang terletak di Dipati Ukur dan Jatinangor. Universitas Padjadjaran menawarkan berbagai program studi yang termasuk dalam 16 fakultas, antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik Geologi, dan Fakultas Peternakan. Selain itu UNPAD juga menyediakan layanan pendidikan program pascasarjana. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Padjadjaran berkisar antara Rp5.000.000 - Rp13.000.000 per semester tergantung program studi.

6. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya via ub.ac.id

 

Dikenal dengan singkatan UNBRA, UNIBRAW, atau UB, merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang. Jumlah mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa UB mencapai 55.000 orang dari berbagai strata mulai dari program diploma, sarjana, magister, maupun doktor. Beberapa prodi ditawarkan adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan yang ada di Universitas Brawijaya. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Brawijaya berkisar antara Rp3.250.000 - Rp10.000.000 per semester tergantung program studi.

5. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro via blogspot.com

 

Merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Berdiri pada tahun 1956 sebagai perguruan tinggi swasta dan baru beralih status menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 1961. Universitas Diponegoro mendapatkan akreditasi A atau sangat baik. Program studi yang ditawarkan UNDIP (sebutan untuk Universitas Diponegoro) masuk dalam beberapa jurusan dalam Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Psikologi, dan terdapat pula program pascasarjana. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Diponegoro berkisar antara Rp4.750.000 - Rp20.000.000 per semester tergantung program studi.

4. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor via wikimedia.org

 

Merupakan lembaga pendidikan tinggi pertanian yang awalnya merupakan bentukan dari lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan. Lokasinya berada di Jalan Raya Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Sekarang, IPB menyediakan departemen atau jurusan yang dikelola 9 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, dan program diploma. Fakultas tersebut antara lain: Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, serta Fakultas Ekologi Manusia. Biaya kuliah tingkat sarjana di Institut Pertanian Bogor berkisar antara Rp9.000.000 - Rp11.000.000 per semester tergantung program studi.

3. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung via blogspot.com

 

Merupakan perguruan tinggi negeri di Kota Bandung yang resmi berdiri pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utamanya merupakan lokasi sekolah tinggi teknik pertama Indonesia sekaligus sebagai lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia-Belanda. Program studi yang ditawarkan ITB dan telah mendapat akreditasi internasional dari Acrreditation Board of Engineering and Technology antara lain Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Teknik Kelautan, Fakultas Teknik Fisika, Fakultas Teknik Kimia, Fakultas Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Teknik Perminyakan, dan Fakultas Teknik Sipil. Biaya kuliah tingkat sarjana di Institut Teknologi Bandung adalah Rp10.000.000 per semester untuk semua program studi.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia  

Universitas Indonesia via wikimedia.org 

 

Disingkat UI, merupakan sebuah perguruan tinggi di Indonesia yang letak kampus utamanya berada di bagian utara Depok, Jawa Barat. Universitas ini merupakan kampus modern, komprehensif, terbuka, dan multi budaya dengan cakupan disiplin ilmu yang luas dan telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Universitas Indonesia termasuk dalam jajaran tiga universitas papan atas Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Indonesia adalah Rp5.000.000 untuk kelompok sosial humaniora, dan Rp7.500.000 untuk kelompok sains, teknologi, dan kesehatan per semester.

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada via blogspot.com

 

Sangat terkenal dengan sebutan UGM, merupakan universitas negeri di Yogyakarta yang berdiri pada 19 Desember 1949. Pertama kali berdiri, universitas ini hanya memiliki enam fakultas dan kini telah berkembang menjadi delapan belas fakultas dengan tambahan dua sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana serta memiliki lebih dari 100 program studi untuk tingkat pendidikan S2, S3, dan Spesialis. UGM mendapat peringkat universitas terbaik dunia ke-414 (update Januari 2015). Biaya kuliah tingkat sarjana di Universitas Gadjah Mada berkisar antara Rp5.500.000 - Rp22.500.000 per semester tergantung program studi.

Baca Juga: Asuransi Pendidikan : Penjelasan dan Cara Memilihnya

Tak Perlu ke Luar Negeri

Berikut tadi adalah 25 universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2015. Tidak perlu mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk mendapatkan ilmu di luar negeri, karena kualitas pendidikan dalam negeri pun tak kalah baiknya. Hal yang terpenting adalah bagaimana Anda berusaha untuk belajar dan terus mengembangkan ilmu yang didapat sehingga bisa dimanfaatkan dengan sangat baik bagi diri Anda dan orang lain.

Baca Juga: Biaya Pendidikan Kurang? Ini Cara Mengatasinya