3 Cara Tetap Gaya dan Hemat Ala Milenial

Hi milenial, apa kamu seorang coffee lover? Pokoknya kalau gak ngopi sehari aja, rasanya hari-harimu seperti kurang lengkap gitu! Atau kamu adalah seorang pencinta teh yang suka nyobain beragam varian teh kekinian dengan tambahan topping jelly boba? Rasanya setelah minum teh, perasaan langsung feeling happier!   

Terus, apa kamu juga suka transaksi online? Misalnya, beli makanan, camilan nge-hits, baju, sneakers terbaru, pulsa, tiket nonton bioskop, sampai pesan transportasi ke kantor setiap hari. Pokoknya kalau bisa semuanya serba online saja karena praktis tinggal klik dari smartphone.

Well, tak dipungkiri semua hal yang serba praktis dan nge-hits menjadi bagian dari gaya hidup milenials. Kemudahan teknologi memungkinkan kita semua untuk menikmatinya. Tapi, pernahkah kamu berhitung berapa uang yang sudah kamu habiskan untuk gaya hidup online dan konsumtif selama ini?

Atau coba hitung pengeluaran selama satu bulan saja? Hayo, sudah habis berapa nih? Eeiitss, Jawabnya cukup dalam hati saja yaaa. Semoga kamu tidak ‘shock’ dengan hasil hitungan gaya hidupmu sendiri.

Lantas, apakah kamu merasa semua gaji hanya ‘numpang lewat’ untuk kebutuhan dan gaya hidup? Alhasil, hingga saat ini kamu belum bisa mengelola keuangan dengan baik, tidak tahu cara memanfaatkan kartu kredit, hingga belum punya dana darurat, tabungan dan investasi.

Di sisi lain, kamu nggak tahu harus mulai dari mana. Tenang, kabar baiknya kamu masih bisa tetap gaya tanpa harus boros dengan mempraktikkan 3 cara praktis mengelola uang ala milenial berikut ini.

1. Mulai Buat Catatan Keuangan

membuat catatan keuangan

Langkah pertama ialah membuat catatan keuangan secara sederhana. Goals-nya ialah melatih dirimu supaya keuangan tidak lagi berantakan. Kamu bisa corat-coret di buku catatan, ponsel atau menggunakan aplikasi keuangan. Bebas, pilih aja media yang aman dan nyaman buatmu mencatat semua pos-pos keuangan. Cara ini bisa dibilang efektif untuk mengetahui habit keuanganmu, apakah kamu tipikal yang boros atau sebaliknya sudah mulai ‘bertobat’.

Buatlah catatan keuangan yang terbagi dalam beberapa pos. Pos pertama, catat semua biaya kebutuhan hidup seperti bayar kosan/sewa, listrik, air, pulsa, paket data, transportasi, uang makan dll. Usahakan semua anggaran ini tidak lebih dari 50% pendapatanmu.

Lalu, Pos kedua ialah pos cicilan yang wajib dibayar seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, asuransi, kredit mobil/motor, dan lain-lain. Usahakan untuk pos yang sifatnya cicilan tetap tidak lebih dari 30% pendapatanmu.

Lalu Pos ketiga ialah coba sisihkan uang sebesar 10% dari gajimu, masing-masing 10% untuk tabungan dan 10% untuk investasi. Apabila kamu belum punya dana darurat, maka uang 10% yang masuk untuk pos investasi bisa dialokasikan untuk dana darurat dulu.

2. Mulai Gunakan Kartu Kredit

gunakan kartu kredit

Setelah kamu membuat catatan keuangan, langkah selanjutnya mencari cara agar pengeluaran bulanan bisa lebih hemat. Salah satu caranya ialah miliki kartu kredit terbaik dan pahami cara memanfaatkan benefit-nya.

Tahukah kamu, kartu kredit memiliki banyak keuntungan daripada kartu debit. Pahami fungsi kartu kredit bisa membantu gaya hidup milenials menjadi lebih hemat apabila digunakan secara tepat. Salah satu kartu kredit terbaik yang perlu kamu miliki ialah kartu kredit CIMB Niaga Wave n Go. Kartu kredit ini memiliki keunggulan yang bisa membantu milenials lebih untung dan tetap gaul.

Berikut berjuta keuntungan yang bisa kamu nikmati langsung dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit CIMB Niaga Wave n Go, antara lain gratis iuran tahunan seumur hidup, bayar tiket nonton Rp1 di Cinemaxx dan Flix, atau Buy 1 get 1 nonton di CGV, ada everyday online shopping 10% cash back, everyday bonus di merchant pilihan seperti coffee shop, groceries, mini market, plus kamu juga bisa merubah tagihan beli gadget idaman, sneakers terkini, tiket liburan ke Jepang dll menjadi cicilan 0%. Tentunya, masih banyak lagi keuntungan lainnya yang bisa kamu nikmati.

Kartu ini cocok untuk semua milenials termasuk yang baru kerja (first jobber). Syaratnya lebih terjangkau yaitu dengan penghasilan minimal Rp3 juta per bulan saja kamu sudah bisa mengajukan kartu kredit CIMB Niaga Wave n Go. Apply kartu kredit CIMB Niaga Wave n Go secara online di https://www.cermati.com/kartu-kredit/cimb-niaga-wave-n-go

3. Mulai Tingkatkan Skills Guna Mendapatkan Tambahan Pendapatan

tingkatkan skills

Tips ketiga ialah tingkatkan skills, baik itu soft skills maupun hard skills. Cara ini efektif untuk meningkatkan pendapatanmu di masa depan. Teruslah belajar, menambah ilmu yang bermanfaat untuk kemajuan karir dan hidupmu, dan ciptakan kesempatanmu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Misalnya, menjadi freelancer, membuat konten blog atau YouTube jalan-jalan, Mukbang dengan memanfaatkan benefit kartu kredit CIMB Niaga Wave n Go untuk membeli tiket travelling cicilan 0% atau makan di restoran kekinian.

Lakukan yang terbaik guna memperkaya pengalaman dan menambah ilmu, jangan pelit untuk investasi pada pengembangan skills-mu, jangan lupa biar gaul tetap hemat, gunakan kartu kredit.  

Yakin Aja Kamu Bisa!

Banyak riset mengatakan milenial tak bisa mengelola keuangannya karena gaya hidup konsumtif. Tak perlu terlalu dipikirkan apa kata orang-orang karena yang terpenting ialah kamu tahu apa yang perlu kamu lakukan. Ya! Mulai aja dulu dengan keyakinan bahwa kamu bisa tetap gaya, makin sukses dan nggak ‘kere’ finansial. Selanjutnya, bergerak, lakukan 3 tips kelola uang diatas dan rasakan perubahan baiknya. Selamat mencoba milenials!