3 Game Unik Yang Mengajarkan Keuangan Untuk Anak

Game unik yag kreatif memang identik dengan kehidupan anak-anak. Bagi mereka (anak-anak), bermain merupakan sebuah hal yang dibutuhkannya untuk tetap ceria dan juga berkembang. Jadi sebagai orang tua, Anda tidak bisa mencegah atau melarang anak-anak Anda untuk bermain. Karena dengan melarang mereka bermain itu saja sama Anda mengekang perkembangan dan pertumbuhan jasmani dan bahkan rohaninya yang sangat dibutuhkannya.

Mungkin bisa jadi ada kasus dari beberapa orang tua yang terlalu protektif hingga melarang anak-anaknya bermain sesuatu yang berbahaya, terlalu sering atau terlalu jauh meninggalkan rumah. Dalam hal ini bukan berarti orang tua tidak memahami arti bermain bagi anak-anak, namun mereka lebih tepat dikatakan bersikap waspada akan hal-hal yang tidak diinginkan yang memang bisa saja terjadi ketika anak-anaknya bermain. Bermain memang harus diakomodasi oleh para orang tua bagi anak-anaknya untuk menunjang tumbuh dan kembangnya. Namun didalam proses bermain itu memang diperlukan sebuah perhatian dan kewaspadaan dari orang tua agar proses bermain anak-anak bisa berjalan aman dan nyaman.

Bermain Dengan Game

Saat ini anak-anak memang tidak harus bermain di luar rumah. Dengan adanya game unik yang disediakan oleh perangkat elektronik seperti playstation, komputer dan gadget, mereka (anak-anak) bisa sangat menikmati dan antusias melakukan aktivitas bermainnya. Dengan anak-anak bermain didalam rumah bisa jadi Anda tidak harus merasa terlalu khawatir dengan keamanan anak-anak. Namun yang harus diingat, meski Anda merasa tidak akan terlalu direpotkan dengan keamanan anak-anak saat bermain game di rumah, Anda juga harus waspada dengan adanya game-game yang bisa mempengaruhi mental dan kepribadian anak-anak.

Anda sebagai orang tua harus ekstra selektif memilih game yang baik dan bisa berguna bagi anak-anak Anda.  Melalui game, mengajarkan anak Anda mengenai manajemen keuangan kini menjadi lebih menyenangkan. Berikut game yang mengajarkan anak Anda cara mengelola keuangan sejak dini :

1. Monopoly

loader

Monopoly via static6.businessinsider.com

 

Game pertama yang bisa mengajarkan anak-anak Anda tentang keuangan adalah monopoli. Monopoli memang jenis game atau permainan yang sudah lama dimainkan anak-anak saat mengisi waktu luangnya. Bedanya, jika dahulu monopoli hanya bisa dimainkan secara offline dengan mempertemukan beberapa anak, saat ini permainan yang menuntut seseorang untuk bisa melakukan pengaturan uang dengan baik dan benar ini bisa dimainkan secara virtual dan online melalui sebuah perangkat elektronik.

Saat anak-anak memainkan monopoli, mereka akan bersaing dengan lawan-lawan mainnya untuk dapat menguasai (baca: memonopoli) keseluruhan permainan. Dengan inten bermain monopoli, anak-anak akan secara tidak langsung dapat mempelajari prinsip dasar keuangan seperti melakukan pembelian, penyewaan dan pertukaran properti lewat Monopoli. Dalam permainan Monopoli, akan ada beberapa bidak-bidak untuk mewakili pemain di mana mereka harus bersaing untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin.

Dalam menjalankan permainan ini, anak-anak akan merasa bermain secara nyata karena dalam permainan ini pemainnya akan memiliki uang monopoli yang dapat digunakan dalam permainan. Selain itu ada kartu hak milik dapat digunakan untuk setiap kepemilikan properti, sehingga jika ada pemain  yang bidaknya kebetulan berada di properti pemain lain, ia diharuskan membayar seharga hak milik properti pada pemiliknya. Permainan klasik ini sampai saat ini memang menjadi permainan yang terus digunakan atau dilestarikan dan konsep permainannya ternyata telah menjadi inspirasi untuk permainan-permainan bertemakan serupa.

2. Cashflow

loader

Cashflow via i.ytimg.com

 

Berdasarkan prinsip Teori Keuangan Cashflow Quadrant dari Robert Kiyosaki yaitu mengenai pembagian kategori hidup berdasarkan jumlah penghasilan akhirnya munculah permainan Cashflow ini. Dengan bermain game cashflow, anak-anak akan diajarkan secara tidak langsung tentang manajemen atau pengaturan sistem keuangan. Dalam permainan ini ada 1 buah papan permainan, 3 buah dadu, 6 buah tikus, 6 buah keju dan koin-koin Cashflow berwarna-warni. Selain itu ada lembar kerja finansial yang juga disediakan di permainan ini sehingga anak-anak dapat mengelola cashflow mereka secara efisien. Game ini sendiri bisa dimainkan secara beramai-ramai dengan 6 orang sekaligus sehingga bisa mengundang keseruan dan keramaian.

Permainan Cashflow ini tidak selalu harus dimainkan secara offline atau nyata. Namun game ini ternyata kini juga disediakan dalam versi online dengan judul CASHFLOW® Classic Beta yang tersedia di situs richdad.com. Dengan mengakses situs tersebut dengan jaringan internet, anak-anak Anda akan dapat memainkan permainan ini di mana pun dan kapan pun secara gratis.

Baca Juga: 9 Cara Mengajari Anak Agar Mau Sekolah

3. Tycoon

  loader

Tycoon via greenheartgames.com

 

Terakhir, game unik yang bisa mengajarkan anak-anak Anda tentang keuangan adalah Tycoon. Tycoon sendiri adalah game dari aplikasi ponsel pintar atau smartphone. Dengan Tycoon anak-anak akan diajari untuk mengatur keuangan dengan baik. Selain mengajari mengatur keuangan, Tycoon juga akan mengedukasi anak-anak untuk memahami pentingnya mengatur pendapatan dan menabung. Dalam permainan Tycoon ini mereka atau anak-anak juga akan diberikan kesempatan untuk bertanggung jawab langsung atas keuangan pribadi mereka.

Untuk memaksimalkan peran dan manfaat dari game Tycoon ini para orang tua bisa ikut melibatkan dirinya untuk memberikan semangat dan dorongan dengan memberikan berbagai macam tugas yang harus diselesaikan anak dengan imbalan uang saku atas pekerjaan yang telah diselesaikan. Memberikan imbalan uang ini bukan berarti orang tua jadi memanjakan anak-anaknya, tapi lebih dari itu dengan adanya imbalan tersebut, anak-anak akan jadi termotivasi untuk bisa mengatur uangnya dengan bijaksana.

Tidak hanya sekedar mencari uang saku saja, Dengan Tycoon anak-anak juga akan belajar untuk peduli terhadap sesama, yaitu dengan menyumbangkan sebagian uang mereka untuk kegiatan sosial. Melalui permainan Tycoon, anak akan belajar mandiri dan berusaha dalam mendapatkan keinginannya. Tycoon sendiri saat ini telah dilengkapi dengan interface yang mudah sehingga anak dapat memahami permainan ini dengan cepat. Anda sebagai orang tua dapat mengontrol sekaligus mengatur pembagian tugas melalui menu pusat kontrol. Dari sebagian besar orang tua ternyata menyatakan bahwa Tycoon merupakan media yang tepat bagi anak untuk bermain dan belajar secara efektif mengenai pentingnya manajemen keuangan.

Belajar Keuangan Dengan Cara Menyenangkan

Pengaturan keuangan memang penting ditanamkan kepada anak-anak sejak kecil agar ketika dewasa mereka sudah terbiasa dengan mengatur keuangan yang baik. Beberapa games unik di atas adalah salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengajarkan anak-anak Anda mengenai keuangan dengan cara yang menyenangkan. Jadi, belajar keuangan tidak selalu membosankan bukan?

Baca Juga: Dana Pendidikan Anak: Bagaimana Cara Mempersiapkannya?