3 Kunci Jadi Orang Sukses ala Jack Ma

Jack Ma Alibaba

Menjadi sukses itu pilihan setiap orang, semua dapat dikembalikan ke diri Kita masing-masing. Meskipun menjadi sukses itu adalah impian semua orang, tak semua keinginan kita dapat tercapai dengan mudah. perlu usaha nyata dan doa yang tak boleh kita tinggalkan. Untuk meraih impian besar haruslah mempersiapkan diri, sehingga apa yang diinginkan dapat tercapai tanpa halangan yang berarti.

Salah satu tokoh sukses yang dapat dicontoh adalah Jack Ma. Siapa yang tak mengetahui sosok Jack Ma? Pebisnis berkebangsaan Tionghoa dan merupakan Chairman Eksektutif Officer (CEO) e-commerce terbesar di Tiongkok, yakni Alibaba Group.

Jack Ma berhasil masuk di majalah Forbes sebagai biliuner dunia, dan pada tahun 2015 Jack Ma masuk kedalam daftar orang paling berpengaruh di dunia ke-22. Keberhasilan yang diraihnya saat ini bukan diraih secara instan.

Jack Ma sendiri dibesarkan bukan di keluarga yang kaya raya. Mengawali pekerjaan sebagai pemandu wisata di sebuah hotel yang terletak tak jauh dari Danau Hangzhou, Jack Ma yang fasih berbahasa inggris sejak berusia 12 tahun membawa dirinya menjadi seorang sekretaris general manager KFC saat itu.

Karir yang melesat cukup cepat tersebut tak lantas membatasi kemampuan Jack Ma, dirinya kemudian belajar banyak hal seperti komputer dan internet hingga pada akhirnya dirinya berhasil mendirikan Alibaba yang saat ini sukses mejadi e-commerce terbesar di Tiongkok.

Dengan kekayaan yang mencapai 570 triliun di usianya yang menginjak 54 tahun, Jack Ma tak sembarangan menghabiskan masa mudanya. Jika ingin sukses seperti Jack Ma, berikut ini adalah beberapa hal yang patut Anda contoh dari miliarder satu ini agar masa depan sukses. Berikut ulasan selengkapnya :

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Belajar dari kegagalan orang lain untuk mengembangkan apa yang Kita miliki

Jika sering mendengar kisah sukses seseorang cobalah untuk melihat dari sisi yang berbeda dengan cara melihat saat mereka bangkit dari kegagalan.

Poin intinya sangat jelas, ambil hikmah dari keberanian seseorang dalam melangkah dan mengambil keputusan sehingga kegagalannya tak membuatnya berhenti untuk berjuang. Hingga akhirnya dirinya mampu menghasilkan kesuksesan yang tak pernah disangka dari orang yang merendahkannya.

Selain itu dengan belajar dari kegagalan seseorang, Kita juga bisa berpikir lebih luas dengan melihat sudut pandang orang tersebut. Sekedar informasi, tak ada usaha yang menghianati hasil selama Anda tetap fokus dan menata apa yang saat ini telah hancur. Kuncinya tetap fokus dan bertanggung jawab terhadap beban yang ada di pundak Anda.

Baca Juga: Mengenal Sosok Jack Ma, Si Pendiri E-Commerce Raksasa Alibaba

2. Tetapkan target untuk sendiri dibandingkan hanya menonton kesuksesan orang lain sebagai pembanding

Tips selanjutnya yang bisa dijalankan adalah dengan menetapkan target yang hendak Kita capai, bukan hanya menonton keberhasilan orang lain dan tidak belajar untuk mengambil nilai yang bisa Kita terapkan dalam bisnis yang Kita jalankan.

Beberapa poin penting yang bisa diperhatikan diantaranya adalah bagaimana cara mencapai target tersebut, inovasi yang dijalankan demi tercapainya target, hingga membayangkan apa yang hendak dicapai dalam 10 tahun kedepan terkait bisnis yang dijalankan.

3. Hadapi setiap masalah yang muncul dan cari jalan keluarnya

Saat Kita membuka usaha baru sering kali Kita mengalami naik dan turunnya emosi. Membuat Kita menyerah, dan terkadang terhenti untuk belajar dari kegagalan. Yang perlu Anda ingat adalah seberat apapun masalah yang Anda hadapi saat ini, jangan pernah untuk menghindarinya.

Masalah yang dihindari justru akan semakin menumpuk dan berakhir meledak dikemudian hari. Masalah-masalah tersebut justru akan menjadi bumerang bagi kesuksesan karir Anda.

Sudut pandang orang sukses adalah selalu belajar dari kegagalan yang mereka alami, sehingga mereka tak akan pernah menghindari dari setiap masalah yang muncul. Semakin banyak kegagalan, semakin dekat pula dengan kesuksesan dengan catatan selalu belajar dari kegagalan atau masalah yang Anda hadapi.

Hal tersebut pun turut menjadi pandangan Jack Ma dan diterapkannya hingga dirinya berhasil mendirikan Alibaba Group yang saat ini telah berkembang cukup pesat dan mampu mengakuisisi beberapa e-commerce terkenal.

 

Baca Juga: Mengenal Alibaba Grup, Kerajaan Bisnis Milik Jack Ma dari China

Sukses yang Sebenarnya Lahir dari Kerja Keras

Ketiga hal tersebut harus selalu Anda terapkan secara konsisten. Jika telah menerapkannya mulai dari sekarang tetaplah fokus, tekun dan jangan berhenti belajar dari kesalahan. Apapun bisnis yang dijalankan tak akan pernah terhindar dari masalah sekalipun masalah tersebut bersifat kecil.

Demikian lah hal yang dapat diambil dari kesuksesan sosok Jack Ma yang kini nama besarnya telah dikenal banyak orang baik di Asia, dan bahkan seluruh dunia. Semoga berguna!

Baca Juga: Bagaimana Cara Jack Ma Membangun Bisnis Alibaba?