3 Produk Tabungan Haji Terbaik yang Cocok Anda Gunakan

Pergi ke Tanah Suci adalah impian bagi semua umat muslim di seluruh dunia. Selain kegiatan ini akan lebih mendekatkan diri kita kepada tuhan, ibadah ini juga merupakan salah satu rukun iman yang wajib dijalankan bagi umat muslim yang telah mampu. Pergi berhaji atau umrah adalah pilihan yang bisa kita lakukan saat pergi ke tanah suci. Untuk melakukan ibadah ini, kita memerlukan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu, sejak memiliki niat untuk pergi ke tanah suci, kita harus mempersiapkan tabungan kita untuk pergi mengerjakan ibadah ini.

Saat ini, pergi ke tanah suci bukanlah hal yang terlalu sulit. Sebab, ada banyak lembaga keuangan yang memberikan layanan produknya khusus untuk ibadah haji atau umrah. Di luar itu, Anda yang memang rajin menabung, baik itu secara pribadi (tidak melalui Bank), juga bisa berkesempatan untuk pergi ke tanah suci. Untuk mengatur kepergian ke tanah suci, ada banyak travel khusus haji dan umrah yang akan membantu kita saat pergi ke tanah suci, dari mulai keberangkatan, hingga kepulangan.

Di Indonesia, setiap orang yang bisa pergi berhaji atau umrah biasanya adalah kalangan tertentu yang memang mampu, baik secara finansial, maupun kesiapannya untuk melakukan ibadah suci ini. Biaya untuk naik haji atau umrah yang tidak murah menjadi faktor tidak semua masyarakat Indonesia bisa pergi beribadah ke tanah suci. Untuk kalangan orang-orang mampu, biasanya mereka juga akan memilih fasilitas yang lebih nyaman untuk naik haji atau umrah, salah satunya dengan ONH Plus, dan biasanya uang yang diperlukan lebih banyak lagi.

Dengan kemudahan akses untuk beribadah haji atau umrah, dan adanya fasilitas dari lembaga perbankan yang akan membantu Anda berhaji atau umrah, sepertinya akan memberi kesempatan kepada setiap umat muslim di Indonesia yang memang memiliki niat untuk beribadah ke tanah suci dan juga mengikuti prosedur yang berlaku. Di antaranya dengan menabung untuk persiapan haji dan umrah di lembaga perbankan yang memberikan layanan produk tabungan ini.

Berikut ini ada beberapa Bank yang menyediakan layanan produk tabungan khusus untuk ibadah haji dan Umrah, dengan berbagai keuntungan yang bisa di dapat. Seperti apa produk tabungan tersebut, berikut ulasannya.

Baca Juga: Cari Biro Perjalanan Haji? Ini Cara Memilihnya

1. Tabungan Haji BRI Syariah iB

Tabungan Haji BRI Syariah iB

Tabungan Haji BRI Syariah iB via blogspot.com

 

BRI adalah salah satu bank yang memiliki layanan produk khusus untuk tabungan haji yaitu Tabungan Haji BRI Syariah iB. BRI yang bisa memberikan produk ini adalah BRI Syariah. BRI Syariah memiliki tabungan haji Mudharabah Muthlaqah, dengan berbagai macam fasilitasnya, seperti:

  • Mata Uang IDR
  • Transaksi dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BRI Syariah secara online
  • Gratis Asuransi Jiwa dan Kecelakaan
  • Adanya Bagi Hasil yang kompetitif
  • Pemotongan untuk zakat
  • Online dengan layanan SISKOHAT
  • Lebih mudah mempersiapkan rencana berhaji Anda

2. Tabungan Muamalat iB Haji dan Umrah

Tabungan Muamalat iB Haji dan Umrah

Tabungan Muamalat iB Haji dan Umrah via sofanafandi.com

 

Satu lagi Bank yang menawarkan produk tabungan khusus untuk haji. Tabungan Muamalat iB Haji dan Umrah menawarkan fasilitas yang serba mudah untuk para nasabahnya. Jangka waktu dan jumlah setoran yang dilakukan bisa diperhitungkan dulu oleh para nasabahnya. Selain itu, tabungan iB Haji dan Umrah ini terhubung langsung dengan SISKOHAT Kementrian Agama, untuk segera mendapatkan kepastian mengenai kuota/porsi keberangkatan ibadah haji. Setoran yang dilakukan adalah dengan pembukaan rekening terlebih dulu, sebesar Rp50.000. Saldo minimum dari adanya penarikan lewat ATM adalah Rp50.000. Uang yang terkumpul dalam layanan ini tidak dapat ditarik, kecuali hanya untuk keperluan berhaji.

Baca Juga: Tabungan Haji: Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

3. Tabungan Mandiri Haji

Tabungan Mandiri Haji

Tabungan Mandiri Haji via blogspot.com

 

Untuk para nasabah Bank Mandiri, Bank ini juga menyediakan layanan Mandiri Tabungan Haji bagi Anda yang hendak melaksanakan ibadah suci tersebut. Produk tabungan ini dapat Anda gunakan di seluruh cabang Bank Mandiri. Untuk tahap awalnya, setoran minimal Anda adalah Rp100 Ribu. Penyetoran tentunya dapat dilakukan secara tunai atau melalui mandiri E Banking. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan dengan memilih produk tabungan haji dari bank Mandiri ini, adalah:

  • Jaringan luas, dengan Cabang Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Online, SISKOHAT Kementrian Agama sehingga nasabah akan mudah mendaftar sebagai calon jemaah haji.

Setelah Anda mengetahui, Bank mana saja yang menyediakan layanan tabungan haji, yang juga memberikan banyak fasilitas yang bermanfaat untuk para calon jamaah haji, saatnya Anda untuk menentukan, kapan waktu yang tepat untuk mulai menabung sebagai persiapan haji Anda di waktu yang akan datang.

Lakukan Persiapan dan Perencanaan Keuangan Anda Sekarang Juga

Dengan adanya aturan masa tunggu haji yang semakin panjang, sebaiknya, Anda sudah merencanakan dan menyiapkan dana untuk kegiatan ibadah tersebut sekarang juga. Semakin muda usia Anda, semakin berpeluang besar untuk menabung dan mengikuti ibadah ke tanah suci ini nantinya. Semoga Anda dan keluarga bisa menabung untuk persiapan Ongkos Haji dan Umrah di waktu yang akan datang.

Baca Juga: Merencanakan Biaya Naik Haji Selagi Muda