3 Rutinitas yang Bisa Membawa Anda Sukses Ala John Maxwell

Siapapun tentu pernah merasa bosan dengan rutinitas yang begitu-gitu saja. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata terdapat banyak rutinitas yang bisa membuat Anda menjadi sukses?

John C. Maxwell, seorang penulis buku yang bertemakan kepemimpinan mengatakan, rahasia kesuksesan seseorang sebenarnya berada pada agenda harian masing-masing orang. Menurutnya, agenda harian dapat membantu Anda untuk selalu mengingat apa yang sebenarnya Anda ingin dapatkan dan mengapa sampai detik itu Anda masih belum mendapatkannya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila Anda dapat menjadikan rutinitas yang dilakukan  Maxwell ini sebagai pemandu jalan Anda menuju sukses. Berikut ini adalah rutinitas yang selalu dilakukan Mr. Maxwell untuk menuju kesuksesan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Siapkan Semua Hal pada Malam Sebelumnya

malam
Siapkan segala sesuatunya dari malam hari

Poin ini menekankan betapa pentingnya evaluasi bagi diri sendiri. Maxwell berpendapat bahwa Anda tidak akan menjadi pribadi yang lebih baik tanpa mengevaluasi diri. Tuturnya “Bagaimana Anda dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik jika Anda saja tidak tahu salah Anda di mana.”

Setiap hari sebelum tidur, Maxwell biasanya merenungkan dan memikirkan beberapa hal yang mungkin terjadi pada esok harinya. Misalnya kejadian seperti apa yang akan dihadapi besok, apakah kewajiban yang dilakukan berhasil dengan baik dan sebagainya. Tujuannya, agar selalu dapat mengingat pelajaran berharga apa yang didapat di hari itu.

Setelah itu barulah Maxwell melihat susunan jadwal yang ada pada daftar tugasnya untuk besok. Bukan hanya melihat saja, tapi Maxwell juga sambil menyusun rencana apa yang akan dilakukannya hari esok dan Maxwell tidak lupa untuk menentukan kegiatan yang menjadi prioritas di hari tersebut.

Baca Juga: Kebiasaan Bangun Pagi Bikin Sukses

2. Mantapkan Diri di Pagi Hari

pagi
Mantapkan diri di pagi hari

Jika Anda telah melakukan poin pertama, Anda berarti telah mengetahui menyoal kegiatan yang akan dilakukan pada hari tersebut. Oleh karena itu, sambil memantapkan hati untuk melakukan semua yang telah direncanakan, jangan lupa tanyakan pertanyaan ini kepada diri sendiri, “Hal apa yang dapat saya lakukan untuk membantu orang lain selagi saya memenuhi kewajiban saya?”

Dengan begitu, tanpa disadari akan membentuk pola pikir Anda ke hal yang selalu positif, seperti Anda akan mulai hari dengan lebih semangat, yaitu disamping menyelesaikan kewajiban, ada juga keinginan untuk membantu orang sebanyak mungkin. Hal ini menjadikan poin tambah yang sangat bagus untuk diri Anda, sehingga hari-hari yang dilewati menjadi hari yang selalu baik.

Baca Juga: Ingin Sukses? Yuk, Baca Kumpulan Quote Sukses dari Pengusaha Sukses

3. Lakukan yang Terbaik

lakukan yang terbaik
Lakukan yang terbaik

Sesungguhnya, poin inilah yang terpenting dan terberat. Sebab, Anda harus bisa ikhlas setulus hati  menjalankan semua kewajiban dan rencana yang telah disusun sedemikian rupa sejak awal. Walaupun Anda tahu adanya kemungkinan pada hari tertentu tidak akan sesuai dengan yang sudah terjadwalkan, tapi berusaha untuk mendapatkan hasil yang baik pada semua tanggung jawab merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa diubah.

Hal tersebut sama dengan pendapat Maxwell, orang sukses adalah orang yang tidak setengah-setengah dalam menjalankan aktivitasnya. Tambahnya, seseorang yang mampu memberikan kehadirannya secara fisik, emosional, mental, dan spiritual, maka orang tersebut telah menjadi “manusia seutuhnya”.

Kemudian, Maxwell juga menceritakan pengalamannya bertemu dengan salah satu orang terbaik, yaitu  Bill Clinton, mantan Presiden Amerika di Gedung Putih atau White House. Pertemuannya itu membuat dirinya merasa penting karena Clinton sangat fokus dengan pembahasan.

Perbaiki Rutinitas, Jadilah Orang Sukses!

Terus bertahan di jalan atau kegiatan yang buruk, tentu tidak akan berdampak baik buat masa depan seseorang. Segeralah bertindak dan jangan ragu-ragu untuk memperbaiki rutinitas sebelumnya. Sesungguhnya beratnya langkah pertama yang Anda lakukan untuk memperbaiki rutinitas adalah jalan menuju kesuksesan. Ketahui prioritas Anda dan berikanlah yang terbaik. Karana tanpa mengetahuinya dan berusaha keras, Anda tidak akan tahu apakah makna kesuksesan itu sebenarnya.

Baca Juga: 10 Langkah Perencanaan Karir Agar Masa Depan Sukses