3 Tempat Melahirkan yang Nyaman dan Tepat

Melahirkan merupakan momen terpenting dalam hidup seorang ibu. Menanti seorang bayi yang akan lahir di dunia menjadi salah satu waktu yang membuat sang ibu tidak sabar. Kerap kali sang ibu mempersiapkan segala kebutuhan untuk bayi dengan perencanaan yang matang.

Mulai dari hal-hal kecil seperti kebutuhan pakaian hingga kebutuhan persalinan. Untuk memberi pelayanan yang baik diperlukan persiapan yang baik pula demi kelangsungan kelahiran. Pada saat kehamilan menginjak usia 9 bulan, sering kali seorang ibu mempersiapkan tempat bersalin.

Mereka bukan hanya mengandalkan tempat yang bagus untuk persalinan, tetapi juga bagaimana pelayanan yang baik dari tempat bersalin tersebut. Tidak heran jika sang ibu kerap kali mempertimbangkan dari satu tempat ke tempat lain. Jika sudah melakukan kontrol di rumah sakit tertentu, pasti akan memilih tempat melahirkan di rumah sakit tersebut. Begitupun apabila Anda kontrol kepada bidan kemungkinan juga akan melahirkan di rumah melalui bantuan bidan tersebut.

Tidak perlu mementingkan di mana Anda memilih tempat untuk melakukan persalinan. Terpenting ialah mendapatkan pelayanan yang aman ketika proses melahirkan. Tidak masalah jika melahirkan di rumah sakit dengan bantuan dokter ahli atau di rumah melalui bantuan bidan. Paling utama ialah kelancaran ketika proses persalinan. Namun, meskipun Anda dalam keadaan baik-baik saja ketika akan bersalin, bukan berarti Anda memilih tempat bersalin secara asal.

Anda juga perlu memperhatikan kemampuan dokter atau bidang dalam membantu proses bersalin. Jika kondisi buruk tiba-tiba saja terjadi, dokter atau bidan tersebut bisa menanganinya. Berikut ini ada 3 tips memilih tempat melahirkan yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Pengeluaran Sebelum Melahirkan

1. Rumah Sakit Ibu dan Anak

Rumah Sakit Ibu dan Anak

Rumah Sakit Ibu dan Anak

Memilih tempat melahirkan di rumah sakit khusus ibu dan anak merupakan pilihan tepat untuk membantu proses bersalin. Meskipun rumah sakit umum bisa membantu tetapi kemampuan tenaga dan alat-alat medis juga berbeda.

Kemampuan dokter di rumah sakit ibu dan anak lebih bagus dari pada dokter umum, karena dokter persalinan akan lebih tahu bagaimana menanganinya. Hal ini yang perlu diperhatikan, jika  ingin melahirkan di rumah sakit tersebut, sebaiknya melakukan kontrol di rumah sakit yang sama juga.

Cara itu dilakukan agar dokter yang menangani sama dan dokter tersebut mengetahui perkembangan  dari waktu ke waktu. Dengan begitu, dokter tahu langkah apa yang perlu dilakukan jika terjadi sesuatu hal pada Anda. Selain itu, di rumah sakit bersalin juga menyediakan peralatan medis yang lengkap, sehingga penanganannya juga lebih cepat.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

2. Rumah

Melahirkan di Rumah
Melahirkan di Rumah

Saat ini, melahirkan di rumah memang sudah jarang. Hal ini dikarenakan risiko yang tinggi jika melahirkan di rumah. Tidak ada peralatan medis lengkap dan dokter atau bidan hanya bisa membantu dengan peralatan seadanya. Rumah memang bukan tempat yang tepat untuk membantu melakukan persalinan.

Meskipun sang dokter atau bidan sudah membawa peralatan medis, tetapi kita tidak pernah tahu risiko yang akan terjadi pada waktu yang tidak diketahui. Sebaiknya jangan memilih rumah sebagai tempat melahirkan, ini sangat berisiko tinggi. Terutama untuk yang mengalami masalah kehamilan.

3. Bidan

Melahirkan di Bidan
Melahirkan di Bidan

Melahirkan di bidan tidak ada larangan karena ditangani oleh ahlinya. Sebagian orang bahkan pemerintah juga menyarankan untuk memilih tempat bersalin di klinik bidan. Namun, Anda juga harus siap mengurus rujukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat melahirkan.

Rumah sakit lebih lengkap menyediakan peralatan medis dan memiliki dokter spesialis yang lebih tahu kondisi Anda. Jika tidak memiliki masalah kehamilan, tentu tidak ada masalah jika memilih bidan untuk membantu proses persalinan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Anggaran Untuk Persiapan Melahirkan

Pilih yang Paling Nyaman dan Sesuai Kebutuhan dan Keuangan

Tiga tempat melahirkan tersebut perlu dipertimbangkan berdasarkan kondisi kehamilan . Jika Anda menginginkan keamanan dan persiapan yang matang, maka pilihlah rumah sakit ibu dan anak untuk proses persalinan. Semua itu tergantung pada Anda dalam menyikapi pilihan yang tepat. Perhatikan kondisi kehamilan agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya secara matang, karena keamanan menentukan keberhasilan  dalam melahirkan. Jangan lupa juga, sesuaikan dengan kondisi keuangan.

Baca Juga: Hitungan Biaya Penting Dari Masa Kehamilan Sampai Pasca Melahirkan