3 Tips Memilih Sepeda Motor untuk Perempuan

Di era modern sekarang ini perempuan mengendarai motor sendiri sudah bukan merupakan hal yang tabu lagi. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab perempuan memutuskan mengendarai motor sendiri, diantaranya: padatnya aktivitas perempuan baik sebagai ibu rumah tangga, seperti: belanja ke pasar, arisan, jemput anak sekolah dan sebagainya, maupun sebagai wanita karir yang sibuk bekerja dan kuliah. Ditambah lagi biaya transportasi yang lebih mahal bila menggunakan angkutan umum serta kemacetan di jalan raya terutama di kota-kota besar.

Saat ini terdapat banyak sekali produk motor di pasaran yang terkadang membingungkan konsumen ketika memilih, terutama konsumen yang baru pertama kali membeli motor. Hal ini karena produsen motor terus berlomba-lomba berinovasi menciptakan motor baru dengan varian baru dan fitur-fitur yang menggoda. Sehingga banyak konsumen perempuan yang membeli motor karena tergoda iklan varian baru dan fitur-fitur yang menarik serta pilihan warna yang ditawarkan.

Namun yang perlu diingat bahwa tidak ada motor khusus perempuan, karena pada dasarnya motor didesain untuk semua konsumen, baik laki-laki maupun perempuan. Konsumen tidak perlu kuatir dengan besaran cc mesin, sebab semakin besar cc mesin motor bukan berarti motor tersebut akan semakin kencang. Semua tergantung desainnya, ada motor yang didesain untuk kecepatan rendah dan ada pula yang didesain untuk kecepatan tinggi. Sebaiknya jika memilih motor pilihlah motor yang sesuai dengan fisik dan kebutuhan. Sehingga perlu ada beberapa pertimbangan dalam memilih motor yang akan digunakan.

Pada dasarnya, ada 3 tips memilih motor untuk perempuan, diantaranya:

1. Demi Kenyamanan, Sesuaikan Tinggi Motor dengan Tinggi Badan

Sesuaikan Tinggi Motor Dengan Tinggi Badan

Sesuaikan  Tinggi Motor Dengan Tinggi Badan via lizjansen.com

 

Bagi kaum perempuan ketika memilih motor untuk dirinya, cobalah duduk pada setiap motor yang ingin Anda beli dan rasakan kenyamanan ketika duduk di atas motor tersebut. Setelah duduk di atas motor, perhatikan posisi kaki saat menyentuh tanah dengan menggunakan sepatu datar. Apabila masih berjinjit berarti motor tersebut terlalu tinggi untuk Anda, sebaiknya pilih motor yang membuat posisi kaki dapat menapak penuh di tanah dengan nyaman.

Pengukuran tinggi motor dikenal dengan istilah seat height, jika tidak boleh menaiki motor secara langsung di dealer, maka tanyakan seat height motor yang akan dibeli untuk mengetahui tinggi motor. Jika memaksakan diri menggunakan motor yang terlalu tinggi untuk aktivitas sehari-hari maka perempuan tidak akan merasakan kenyamanan berkendara bahkan mungkin meningkatkan risiko kecelakaan di jalan.

2. Demi Keamanan, Sesuaikan Berat Motor dengan Tubuh

  Sesuaikan Dengan Berat Badan

Sesuaikan  Dengan Berat Badan via womenridersnow.com

 

Ini penting untuk diperhatikan. Tubuh Anda berfungsi mendukung body kendaraan agar stabil baik saat berjalan maupun berhenti. Perempuan sebaiknya memilih motor yang tidak terlalu berat, sebab pada dasarnya perempuan mempunyai tenaga yang relatif lebih kecil dibandingkan laki-laki. Sehingga sebisa mungkin rasakan berat motor tersebut dengan mencoba naik ke beberapa motor. Pengaruh dari berat motor tersebut sangat besar, terutama ketika jalanan macet sehingga harus melakukan manuver ketika melewati kendaraan lainnya. Bahkan yang lebih parah lagi ketika mogok atau ban bocor, tentu akan sangat merepotkan perempuan ketika harus berjalan sambil menuntun motornya.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Motor

3. Supaya Maksimal dalam Pemakaian, Ketahui Fitur Pelengkap yang dibutuhkan

Bagasi Motor yang Besar

Bagasi Motor yang Besar untuk Perempuan via arpem.com

 

Motor-motor produksi baru banyak menawarkan berbagai fitur tambahan yang akan membantu penggunaan sehari-hari. Fitur-fitur tersebut antara lain: bagasi motor yang luas dan pengait barang bawaan. Bagasi motor yang luas untuk menaruh tas, dompet, handphone, dan helm. Pengait barang bawaan untuk memudahkan perempuan membawa barang belanjaan, cukup dengan meletakkan barang belanjaan pada pengait barang, bahkan dapat juga diletakkan dalam bagasi motor yang luas.

Motor yang beredar di pasaran memang didesain secara umum, mendekati fisik orang Asia pada umumnya. Kondisi ini mempersempit pilihan bagi perempuan yang mempunyai fisik di luar rata-rata, seperti lebih pendek dari 160 cm. Sehingga dibutuhkan pertimbangan yang matang dalam memilih motor yang sesuai dengan fisiknya. Artinya perempuan harus merasakan kenyamanan berkendara pada 3 titik, yaitu: pinggul, lengan, dan kaki. Jika 3 titik tersebut terasa nyaman, semua tipe motor tidak akan menjadi kendala.

Bagaimana jika postur kita di luar standar rata-rata tersebut? Tipe motor matic lebih cocok buat Anda. Berikut ini uraiannya.

Solusi untuk Perempuan dengan Postur diluar standar rata-rata

Bagi perempuan yang memiliki postur tubuh tergolong kecil dan pendek, ketika naik motor bebek mungkin sedikit mengalami masalah dalam berpijak ke tanah, bahkan mungkin harus berjinjit untuk berdiri. Tetapi berbeda ketika menaiki motor matic. Sebab jarak tinggi jok motor bebek dari tanah, biasanya lebih tinggi dibandingkan motor matic. Kondisi kaki yang tidak dapat berpijak dengan baik akan membuat bobot tubuh dan kendaraan tidak mampu ditopang dengan sempurna. Bahkan jika tinggi tubuh lebih pendek dari 160 cm mungkin saja hanya salah satu  telapak kaki yang menopang. Apabila dipaksakan, kondisi ini akan berbahaya jika berkendara di kemacetan. Proses berhenti dan jalan akan cukup menguras tenaga. Ditambah lagi biasanya bobot motor bebek lebih berat dibanding motor matic. Selain itu lebar jok juga mempunyai pengaruh. Semakin lebar jok motor, maka tumpuan kaki ke tanah juga menjadi semakin minim.

Dengan semakin berkembangnya dunia otomotif roda 2, terutama jenis motor matic membuat semakin banyak perempuan yang membuktikan keberanian dan keterampilannya dalam mengendarai sepeda motor. Sehingga saat ini motor matic yang paling banyak diminati dan sangat populer di kalangan perempuan karena sifatnya yang praktis, ekonomis, dan efisien. Kondisi ini dimanfaatkan oleh para produsen motor untuk memproduksi beberapa pilihan dan varian motor matic yang cocok digunakan oleh perempuan. Pabrikan besar motor berlomba menciptakan dan mendesain motor matic hasil produksinya menjadi lebih pendek dan berukuran kecil untuk mengimbangi postur tubuh dan tenaga yang dimiliki oleh perempuan yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Kredit Motor

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Pilih Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Sepeda motor yang dahulu hanya menjadi penunjang sekarang sudah menjadi kebutuhan, terutama yang tinggal di kota-kota besar, motor dapat mempersingkat waktu dan bisa menghindari kemacetan. Untuk itu, pilihlah motor yang sesuai dengan fisik dan kebutuhan Anda, sehingga tidak akan mengalami kerepotan saat akan menurunkan kaki dan saat menahan beban motor tersebut. Memang motor besar lebih keren, tetapi apabila tidak dapat menggunakannya maka akan sia-sia motor yang Anda beli tersebut. Selamat memilih motor yang sesuai dengan diri Anda sendiri, sehingga motor yang dibeli nantinya akan memberikan kenyamanan dalam berkendara dan memberikan banyak manfaat.

Baca Juga : Mau Kredit Motor Bekas? Ini Untung Dan Ruginya