4 Alasan Pentingnya Menulis ‘Review' Vendor Setelah Pesta Pernikahan

Merancang dan menyiapkan pesta pernikahan sesuai dengan konsep yang diinginkan tidaklah mudah. Bahkan, tidak bisa dilakukan hanya seorang diri, apalagi jika pesta yang diinginkan sangat mewah dan megah. Jika sudah demikian, bekerja sama dengan vendor merupakan hal yang menjadi kebutuhan. Kehadiran vendor mampu memudahkan calon pasangan pengantin untuk merancang dan menyiapkan pernikahan impian.

Kesibukan persiapan pernikahan hingga hari H, biasanya membuat pasangan pengantin enggan memikirkan kembali hal-hal yang berkaitan dengan persiapan pernikahan. Termasuk salah satunya adalah menuliskan review atau ulasan mengenai vendor-vendor yang digunakan. Padahal jika diingat kembali, pernikahan yang meriah dan sempurna tidak akan terjadi jika tidak ada campur tangan dari vendor dalam membantu menyiapkan semua kebutuhan pernikahan.

Memang hal ini masih dianggap hal remeh dan tidak diperlukan. Banyak orang yang beranggapan, acara sudah selesai berjalan, produk dan jasa yang didapatkan merupakan yang terbaik, serta vendor telah mengetahui secara tersirat bahwa pasangan pengantin telah puas dengan service yang diberikan. Padahal, ada beberapa alasan yang membuat menulis review vendor-vendor sangat penting dilakukan. Berikut ulasannya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Cara Lain Mengucapkan Terimakasih

terima kasih
Cara lain mengucapkan terimakasih

Meski pasangan pengantin sudah merasa puas dengan kinerja para vendor dalam mewujudkan pernikahan impiannya dan sudah menyampaikan terimakasih secara langsung sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil kerja vendor. Tidak ada salahnya juga jika ucapan terimakasih diberikan melalui tulisan review.

Bukanlah hal yang berlebihan jika dibandingkan dengan kebahagiaan selama pesta pernikahan berlangsung, dengan menulis review akan membuat vendor merasa lebih dihargai lagi. Selain sebagai media untuk mengucapkan terimakasih, menulis review juga akan bermanfaat bagi vendor sebagai media untuk promosi nantinya. Melalui tulisan review secara tidak langsung juga membantu perkembangan vendor ke depannya.

Baca Juga: Ngurus Pesta Pernikahan Dalam Waktu Singkat? Bisa Kok, Begini Tipsnya

2. Turut Membantu Calon Pengantin Lainnya

Pesta pernikahan menjadi momen terindah yang akan diingat sepanjang masa. Tiap hari di tempat yang berbeda akan ada pasangan-pasangan lainnya yang mempersiapkan bahkan menyelenggarakan pesta pernikahan.

Calon pasangan pengantin, pastinya membutuhkan vendor-vendor yang nantinya akan membantu dalam memenuhi kebutuhan pernikahan sesuai dengan konsep yang diimpikan. Dengan tulisan ulasan mengenai vendor yang diberikan meskipun hanya terdiri dari dua sampai tiga kalimat, tentu akan sangat membantu calon pengantin dalam memilih vendor pernikahan, sehingga mendapatkan yang terbaik. 

3. Ikut Serta Memajukan Vendor

vendor

Selama menggunakan jasa vendor, pasti akan ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing vendor. Memberikan ulasan mengenai hal tersebut akan menjadi acuan bagi vendor untuk terus memperbaiki dan meningkatkan layanan serta produknya agar lebih baik lagi. 

Tulisan review yang hanya dilakukan oleh satu atau dua pasangan memang belum bisa memberikan hasil yang signifikan. Tetapi, jika setiap pasangan memberikan ulasan terhadap jasa vendor tersebut, tentu akan turut serta membangkitkan bisnis pernikahan dengan persaingan yang sehat.

Baca Juga: Mau Nikah, ini 7 Tips Cerdas Memilih Wedding Organizer

4. Pernikahan akan Diingat Oleh Vendor

Diingat atau tidak oleh vendor sebenarnya hal yang cukup sepele, tetapi dampak yang ditimbulkan bisa saja secara jangka panjang. Menuliskan ulasan akan membuat vendor merasa lebih dihargai. Apalagi jika tulisan yang kamu kirimkan sangat berkesan di hati vendor, tentu vendor akan mengingat acara pernikahanmu. Hal ini dapat memunculkan nertworking antara kamu dengan vendor.

Kamu dapat merekomendasikan vendor-vendor yang pernah kamu pilih kepada teman, sahabat, saudara ataupun rekanan kerja yang membutuhkan jasa mereka. Bahkan ketika suatu hari nanti kamu memakai kembali jasa mereka, mereka juga akan memberikan layanan dan produk terbaik agar tidak mengecewakan.

Memberikan Review Artinya Mendukung Vendor Lebih Maju

Membantu mewujudkan pernikahan impian, merupakan tugas utama bagi vendor sesuai dengan kontrak perjanjian. Para vendor pastinya tetap bekerja dengan tulus dan sepenuh hati serta berusaha memberikan layanan dan produk yang terbaik. Begitu juga dengan memberikan review, rasa tulus yang tergambar dalam tulisan review akan membuat mereka merasa lebih dihargai dan senang, tidak hanya secara pekerjaan tetapi juga secara personal. Tulisan review yang baik, tidak sekedar menampilkan apa yang dirasakan oleh pasangan pengantin setelah pesta pernikahan, tetapi juga mendorong atau mendukung vendor untuk lebih maju di masa mendatang.

Baca Juga: Mau Nikah Akhir Tahun? Susun dan Rencanakan dengan Matang, Ini Tipsnya!