4 Cara Belanja Cerdas Saat Liburan Di Luar Negeri

Traveling ke luar negeri merupakan salah satu hal yang biasanya harus ada pada daftar liburan para pecinta shopping. Barang-barang dari luar negeri selalu saja menyita perhatian kebanyakan masyarakat Indonesia karena keunikan serta kecantikannya yang tidak bisa ditemukan di Indonesia. Langkanya barang-barang tersebut tentu saja menimbulkan rasa ingin memiliki. Namun, biasanya berakibat pada membengkaknya anggaran belanja Anda.

Nah, berbicara mengenai anggaran belanja keluar negeri, para pelancong biasanya kurang persiapan dalam merencanakan liburan dan belanja. Hasilnya, anggaran yang disiapkan bisa saja kurang atau bahkan tidak jelas kemana anggaran tersebut habis. Tentunya hal itu tidak baik untuk kesehatan dompet Anda karena mengontrol keuangan bahkan saat berbelanja dapat menentukan masa depan kondisi keuangan Anda.

Sebagai pembeli yang cerdas, Anda perlu menerapkan sistem yang tepat agar Anda tidak merasa rugi setelah menghabiskan seluruh isi dompet Anda. Jadi, sebelum berbelanja dan membeli barang-barang kesukaan Anda diluar negeri, lakukan beberapa hal berikut ini agar Anda tetap bisa berbelanja dengan nyaman tanpa khawatir soal anggaran yang jebol.

1. Membuat Daftar Belanja

Buat Daftar Belanja Anda

Buat Daftar Belanja Anda via sendaiben.org

Untuk mengendalikan keinginan berbelanja, daftar barang-barang yang ingin dibeli harus terlebih dahulu dipersiapkan. Tulis beberapa barang yang ingin Anda beli dalam notes dan gunakan daftar tersebut untuk berbelanja. Jadi, saat Anda mulai mencari barang yang ingin dibeli, Anda tidak akan mudah tertarik dengan barang lain yang tidak tertulis di dalam daftar.

Membuat daftar belanja dapat membantu mengendalikan keinginan berbelanja Anda untuk menahan diri dari membeli barang-barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Pastikan daftar yang Anda buat rasional dan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki agar uang di dompet Anda tidak habis terkuras karena belanja.

Baca Juga: 12 Destinasi Liburan Ke Luar Negeri Dengan Biaya Rp200.000 Per Hari

2. Pastikan Sesuai

Pastikan Barang yang Dibeli Sesuai

Pastikan Barang yang Dibeli Sesuai via blogcommunity.com

Jika Anda membeli barang-barang yang akan dipakai seperti sepatu dan pakaian, sebaiknya dicoba dulu sebelum membeli. Membeli barang yang tidak pas tentunya sangat merugikan apalagi jika Anda membelinya di luar negeri. Jadi, pastikan barang-barang yang akan Anda beli benar-benar pas dan sesuai agar Anda tidak membuang-buang uang Anda untuk barang-barang mahal yang tidak terpakai.

3. Memanfaatkan Tax Refund

Toko Bebas Pajak untuk Warga Negara Asing

Toko Bebas Pajak untuk Warga Negara Asing via aytport.com

Tax refund hanya digunakan dan dikenakan pada warga Negara saja. Jika Anda berlibur keluar negeri, Anda bukanlah warga Negara sehingga Anda tidak dikenakan pajak saat berbelanja di mall. Hal ini harus benar-benar dipahami karena bisa membantu Anda terbebas dari pajak sehingga belanja jadi lebih murah.

Untuk memanfaatkan tax refund tersebut, Anda harus menyimpan semua kuitansi saat berbelanja di mall dan reimburse kuitansi tersebut saat Anda berada di Bandara di mana di sana biasanya ada loket khusus yang sudah disediakan. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan kembali PPN yang sudah Anda bayarkan di mall karena Anda bukan warga Negara asli.

Baca Juga: 6 Cara Hemat Liburan Ke Luar Negeri

4. Bijak dalam Transaksi

Bijak dalam Menggunakan Uang

Bijak dalam Mengatur Pengeluaran via weebly.com

Segala sesuatu yang Anda lakukan di Negara lain harus benar-benar dipertimbangkan karena selalu ada peraturan atau kebijakan berbeda yang perlu dipahami. Hal ini juga berkaitan dengan transaksi yang nantinya akan dilakukan di Negara tersebut. Cek layanan perbankan yang bisa Anda dapatkan menggunakan kartu kredit Anda.

Beberapa produk kartu kredit seperti HSBC memberikan keuntungan yang menarik saat Anda berlibur ke Hongkong, Malaysia atau Singapura. Jika Anda pengguna kartu kredit ini, Anda bisa mendapatkan poin rewards hingga 8x lipat serta layanan fitur Home & Away. Layanan ini bisa Anda gunakan bukan hanya ke tiga Negara tersebut saja, namun ke berbagai Negara di seluruh dunia. Selain itu, HSBC juga menawarkan nilai tukar mata uang yang lebih kompetitif serta 0% installment yang bisa Anda nikmati hingga tiga bulan. Dengan berbagai keuntungan tersebut, berlibur dan belanja diluar negeri tentunya akan lebih menyenangkan.

Nikmati Kenyamanan Berbelanja di Luar Negeri

Bagaimana, mudah bukan mengatur budget belanja keluar negeri tanpa harus menguras kantong? Anda bahkan bisa mendapatkan keuntungan berlipat dengan menggunakan kartu kredit HSBC. Jadi sambil berlibur dan berbelanja Anda bisa mengumpulkan poin yang nantinya bisa Anda tukarkan. Nikmati waktu liburan dan berbelanja dengan kartu kredit HSBC agar Anda semakin cerdas dan bijak dalam melakukan transaksi.

Baca Juga: Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri dan Biayanya