4 Cara Mudah Atur Gaji Bulanan yang Kecil

Sekarang ini masih banyak orang yang masih mengeluh menyoal jumlah gaji yang diterima setiap bulannya terbilang kecil. Bahkan, hampir semua berpendapat bahwa mereka sangat menginginkan pekerjaan yang bisa memberikan gaji yang lebih besar dengan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.

Mereka beralasan dengan gaji kecilnya itu tidak bisa mencukupi banyaknya keperluan atau kebutuhan yang harus dipenuhi. Sebenarnya, gaji yang kecil pun bisa saja cukup untuk memenuhi semua kebutuhan selama sebulan. Asalkan, orang tersebut menerapkan pengelolaan keuangan yang telah direncanakan sejak awal, sehingga gaji bisa digunakan dengan bijak.

Agar gaji bulanan Anda terasa cukup, maka mulailah atur kembali dalam mengelola keuangan dengan baik. Biar tidak ragu harus memulainya dari mana, berikut ini terdapat cara mudah yang bisa diterapkan pada kehidupan Anda menyoal mengatur gaji bulanan yang jumlahnya kecil.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Langsung Tabung Setelah Gajian

  nabung
Nabung setelah menerima gaji

Menabung yang bijak adalah menabung yang dilakukan setelah menerima gaji. Amat sangat disayangkan, di zaman sekarang ini masih banyak orang yang menabung di akhir-akhir bulan atau menunggu gaji bulanannya ada sisa.

Padahal, akan jauh lebih baik jika mereka menabung terlebih dahulu agar uang tersebut aman di rekening tabungan lain yang nantinya bisa saja digunakan untuk kebutuhan mendadak. Oleh karena itu, sesaat setelah gajian, langsunglah sisihkan sejumlah yang sudah ditentukan untuk ditabung ke rekening khusus.

Mau tunggu apa lagi? segeralah perbaiki kebiasaan menabung dari sisa gaji di akhir bulan. Tentukan jumlah nominal terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, kemudian langsung masukan ke dalam rekening tabungan.

Baca Juga: 8 Cara Cermat Atur Keuangan dari Penghasilan Harian Tidak Tetap

2. Tetapkan Prioritas Kebutuhan

kebutuhan vs keinginan
Tetapkan prioritas kebutuhan 

Sebelum pergi ke pusat perbelanjaan untuk belanja kebutuhan bulanan, pastikan sudah menyusun skala prioritas terlebih dahulu dalam daftar rencana belanja. Disini Anda harus cerdas dalam memilih produk yang harus didahulukan dan produk yang bisa ditunda. Hal ini bisa membantu Anda untuk lebih bijak lagi dalam membeli kebutuhan bulanan.

Tak ada salahnya untuk tidak sering mengunjungi tempat perbelanjaan seperti mall atau melihat-lihat online shop. Hal ini bisa dilakukan, agar tidak melakukan pembelian barang-barang yang sebenarnya hanya keinginan. Bila ada barang yang memang diinginkan, tak ada salahnya menabung untuk membeli barang tersebut. Dengan begitu, kondisi keuangan bulanan tetap dalam kondisi yang aman.

Baca Juga: Mengelola Kebutuhan dan Keinginan, Terdengar Mudah Tapi Sulit

3. Buat Catatan Pengeluaran Harian

catatan
Buat catatan pengeluaran harian

Mencatat pengeluaran harian juga bisa dilakukan untuk melihat cerminan pengeluaran Anda dalam sehari. Setelah itu, jumlahkan seluruh pengeluaran yang ada di catatan untuk mengetahui biaya yang digunakan dalam sebulan digunakan untuk apa saja. Anda bisa menggunakan buku kecil khusus atau note pada smartphone sebagai catatan pengeluaran keuangan.

Saat malam hari sebelum tidur, lihatlah catatan tersebut dan cek kembali semua uang yang dikeluarkan untuk apa saja. Biasanya, ketika melakukan ini sering terjadi penyesalan saat melihat catatan tersebut karena tiba-tiba tersadar bahwa ada beberapa barang yang seharusnya tidak perlu dibeli. Ini akan membuat Anda bisa terbiasa untuk tidak mengeluarkan uang dengan mudah hanya untuk sekedar membeli barang keinginan saja, sehingga keuangan bisa dikontrol dengan baik.

4. Bawa Uang Secukupnya

keluarin uang
Bawa uang secukupnya

Seringkali membawa uang cash yang berlebihan bisa membuat Anda khilaf untuk belanja barang yang sebenarnya hanya keinginan semata saja. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya siapkan uang dengan jumlah yang cukup ketika bepergian kemanapun. Misalnya, bila pergi ke kantor bawa uang yang cukup untuk makan siang, bensin dan uang lebih buat jaga-jaga bila ada keperluan mendadak. Sementara untuk travelling, sebaiknya Anda harus lakukan perhitungan secara rinci, agar uang yang diperlukan tidak kekurangan dan tidak kelebihan.

Kelola Uang dengan Bijak, Latih Diri dari Sekarang

Latihlah diri sendiri untuk bisa menjadi pribadi yang bijak dalam mengelola keuangan. Habisnya gaji sebelum akhir bulan tidak selalu disebabkan karena gaji yang terlalu kecil karena biasanya hal tersebut terjadi karena kesalahan dalam pengelolaan keuangan. Banyak orang yang lebih mementingkan keinginannya daripada kebutuhannya sehingga tidak sadar mereka menghabiskan uang mereka untuk sesuatu yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Pastikanlah bahwa Anda sudah menyusun rencana belanja setiap harinya dan mencatat semua pengeluaran yang Anda lakukan setiap harinya. Hindari pemborosan yang membuat Anda merasa bahwa gaji yang didapat selalu merasa kurang.

Baca Juga: Agar Uang Gaji Tak Habis Sia-sia, Ikuti Cara Ini