4 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan dan Cara Mengubahnya

Kamu terus-menerus merasa bangkrut? Selalu menahan napas menggesek kartu kredit Kamu, khawatir saldo Kamu akhirnya berujung melewati batas? Hidup dari gaji yang tidak cukup membiayai gaya hidup kamu? Beberapa orang memang memiliki kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan mereka. Jika kamu mengalami hal-hal diatas, kamu tidak harus seperti itu selamanya. Berikut adalah kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan dan bagaimana cara memperbaikinya.

1. Terbiasa Menghamburkan Uang

loader

Menghamburkan Uang Itu Buruk via wordpress.com

 

Mengeluarkan uang untuk membeli keperluan berbeda dengan membeli hanya karena keinginan. Ketika mengalami satu pekan yang penuh tekanan, biasanya banyak orang akan melampiaskan emosinya dengan menghamburkan uang untuk keinginan mereka. Hal ini adalah hal yang tidak baik, karena kepuasan yang didapat hanya bersifat sementara dan malah bisa membuat kamu semakin stress nantinya.  

Bagaimana memperbaikinya?

Periksa diri kamu sendiri dengan kebiasaan rutin kamu membeli barang karena pengaruh mood. Setidaknya, cobalah untuk menentukan dengan tepat apa masalahnya, menemukan akarnya, dan mengatasinya ujung masalah tersebut. Jika kamu membutuhkan pendidikan lebih untuk lahan pekerjaan impian kamu, maka kamu harus fokus pada kondisi keuangan kamu, bukan pada belanja untuk kesenangan.

2. Kamu Malas dan Kurang Persiapan

loader

Malas Jadi Kurang Siap via huffpost.com

 

Kamu menghabiskan banyak uang saat keluar rumah. Misalnya, makan di restoran saat makan siang. Hal itu karena kamu malas memasak di rumah sebelum keluar dan menjalankan aktivitas kamu. Atau mungkin kamu harus membayar lebih untuk melakukan perawatan di salon yang sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri dengan lebih murah di rumah. Atau kamu menyewa jasa tukang kebun untuk merawat halaman rumah kamu yang tak seberapa luasnya. Hanya karena alasan malas saja, kamu jadi bertindak boros dan menghamburkan uang untuk hal yang tidak perlu.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Tiru

Bagaimana Memperbaikinya?

Temukan cara untuk membuat pekerjaan yang perlu kamu lakukan di rumah lebih mudah dilakukan. Jika itu perencanaan makan, lihatlah website dan aplikasi perencanaan makan yang membantu Kamu merencanakan belanja kebutuhan makanan dan cara memasak. Jika kamu malas bersih-bersih rumah dan mengurus kebun rumah, coba putar musik favorit Kamu saat membersihkan dan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Kamu bisa belajar trik perawatan tubuh dan rambut di internet sehingga tak perlu ke salon.

3. Mencontoh Orang yang Salah

loader

Jangan Salah Meniru via fastly.net

 

Mungkin orang tua kamu buruk melakukan pengelolaan uang dan kamu belajar kebiasaan buruk pengelolaan uang dari mereka. Hal ini dapat sulit untuk keluar kebiasaan kamu yang telah dibentuk sejak kecil, karena sudah terlalu mengakar. Tetapi jika kamu ingin menempatkan diri dalam situasi keuangan yang lebih baik, kamu harus berusaha untuk mencari contoh orang yang memiliki keahlian dalam mengatur keuangan. Tapi mencari contoh orang yang ahli mengatur keuangan tidak semudah itu dan terkadang karena sudah terbiasa sejak kecil, kebiasaan ini jadi sulit untuk diubah.

Bagaimana Memperbaikinya?

Internet adalah teman kamu ketika untuk belajar tentang manajemen uang. Kamu dapat membaca dengan teliti situs keuangan pribadi atau mengambil kursus online gratis tentang manajemen uang. Selain itu kamu juga bisa bertukar pikiran dengan orang yang kamu percaya dan pintar dalam mengatur keuangan.

4. Kamu Hidup Untuk Hari Ini Saja

loader

Pikirkan Masa Depan Juga via countrynegril.com

 

Memiliki pemikiran untuk menjalani hidup hari demi hari bukanlah hal yang buruk tentunya. Tapi bukan berarti bahwa kamu tidak perlu memikirkan masa depan sedikitpun. Setiap yang kita lakukan sekarang akan berdampak pada masa depan kita, baik itu berdampak kecil ataupun besar. Meskipun menjalani hidup secara hari demi hari, kamu tidak boleh lupa bahwa masa depanmu akan segera kamu sebut sebagai ”hari ini”. Kebiasaan untuk tidak memikirkan masa depan akan membuat kamu susah nantinya.

Baca Juga: Mau Sukses? Lakukan Ini Sejak Kamu Masih Umur 20an

Bagaimana Memperbaikinya?

Menjadi muda memang menyenangkan, beban hidup yang belum terlalu besar dan saatnya mengambil resiko serta mencoba segala sesuatu adalah bagian dari kesenangan itu. Namun jika kamu memang mau masa tua yang behagia, maka kamu harus mempersiapkannya sejak muda. Karena kesuksesan akan dapat diraih dan bertahan lama jika dipersiapkan dengan tekun. Jadi, jangan sia-siakan masa mudamu dengan hanya bersenang-senang, tapi pakailah waktu ini untuk memulai persiapan masa depan yang cerah.

Masa Depan Cerah Menantimu

Apapun yang kamu lakukan hari ini akan sangat berdampak pada apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu, biasakanlah untuk selalu memaksimalkan semua waktu yang ada, karena waktu adalah hal yang tidak bisa diulang sehingga akan sangat berharga untuk masa depanmu. Bersiap dirilah, disiplin dalam mengatur uang, dan tekun dalam mengejar mimpimu. Dengan melakukan hal ini dan menghindari 4 hal buruk dalam mengatur keuangan di atas, maka percayalah, masa depan cerah sudah menantimu.  

Baca Juga: 8 Tips Mengatur Gaji Untuk Masa Depan Cerah