4 Manfaat Anak Memiliki Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit dan menjadi pengguna aktif merupakan sesuatu yang wajar dilakukan oleh banyak orang. Kartu kredit sudah menjadi kebutuhan wajib dan gaya hidup yang dilakukan oleh orang-orang kaya yang selalu mengedepankan kenyamanan dan kemudahan dalam hidupnya. Bahkan demi alasan kenyamanan, kemudahan, dan kebebasan banyak orang tua zaman sekarang yang sudah mulai memberikan kesempatan kepada anaknya untuk memegang kartu kredit sendiri. Sayangnya, banyak diantara mereka yang memberikan kebebasan kepada anak-anaknya untuk mengakses kartu kredit tanpa pembekalan. Sehingga anak-anaknya menjadi tidak terkontrol dan menyalahgunakan fasilitas akses kartu kredit tersebut.

Bahkan salah satu Diva Indonesia, yaitu Rossa terkejut ketika mengetahui tagihan kartu kredit yang dimilikinya mencapai belasan juta rupiah, padahal dia merasa kartu kredit tersebut jarang digunakan. Ternyata dia memberi kepercayaan anaknya untuk mengakses kartu kreditnya untuk membeli game online sampai tagihannya membengkak.

Orang tua seharusnya tidak memberikan kebebasan anak untuk mengakses kartu kredit secara sembarangan. Orang tua harus memastikan usia anaknya sudah cukup dewasa untuk menggunakan kartu kredit. Selain itu orang tua wajib memberikan pendampingan dan pemahaman mengenai manfaat kartu kredit dan bahayanya jika menggunakannya secara sembarangan.

Di sisi lain sebenarnya memberi kesempatan anak untuk mengelola kartu kredit ada dampak positifnya juga. Kartu kredit ini dapat menjadi alat pembelajaran untuk mendidik anak agar lebih pandai mengelola keuangannya. Manfaat lainnya, mari simak 4 manfaat memberikan kepercayaan anak untuk menggunakan kartu kredit berikut ini:  

1. Mengajari Anak Cara Mengelola Keuangan

Mengajari Anak Keuangan

Mengajari Anak Keuangan via learnvest.net

 

Memperkenalkan dan memberikan fasilitas kartu kredit merupakan salah satu cara terbaik mengajari anak cara mengelola keuangan dengan cermat. Lihatlah sampai sejauh mana kemampuan anak dalam belajar mengatur pemasukan, pengeluaran, dan utang. Orang tua dapat menentukan batas limit yang bisa digunakan anaknya, sehingga anak dapat belajar bertanggung jawab atas keuangannya. Lakukan pengecekan secara rutin terhadap pemakaian kartu kredit anak setiap bulannya untuk mencegah penyalahgunaan fasilitas kartu kredit. Hal ini dapat menjadi bekal di masa depan anak, sehingga mereka dapat mengelola keuangan pribadinya dengan baik.

Baca Juga : Kartu Kredit Hilang dan Dipakai Orang? Ini Solusinya

2. Menanamkan Rasa Tanggung Jawab

Menanamkan Rasa Tanggung Jawab

Menanamkan Rasa Tanggung Jawab via romanpichler.com

 

Memberikan kepercayaan kepada anak untuk menggunakan kartu kredit berarti telah melatih dan menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak untuk mengelola sendiri keuangannya. Orang tua harus tetap melihat dan memantau bagaimana cara anak melaksanakan kepercayaan yang telah diberikan padanya. Pendampingan dari orang tua sangat diperlukan karena anak masih sangat rentan tergoda untuk mencoba sesuatu yang baru. Jadi ajarilah mereka tanggung jawab menggunakan kartu kreditnya secara cerdas dan bijaksana.

3. Belajar Mengendalikan Diri

Pengendalian Diri

Pengendalian Diri via bigthink.com

 

Seperti yang dijelaskan diatas anak muda sangat rentan terhadap godaan, baik yang berasal dari media sosial, media elektronik, iklan, sales promo maupun dari teman pergaulannya. Ini berarti anak harus belajar mengendalikan diri agar tidak tergoda untuk mencoba sesuatu baru atau membeli barang baru yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Berikan pemahaman pada mereka bahwa kartu kredit bukan merupakan uang orang tua, melainkan hutang kepada bank yang harus dibayar, jadi semakin sering kartu kredit tersebut digunakan maka jumlah tagihan utangnya juga akan semakin banyak.

4. Belajar Memiliki Rekam Jejak yang Baik

Rekam Jejak

Rekam Jejak via molepeattorneys.co.za

 

Anak-anak pasti akan tumbuh dewasa dan kelak mungkin akan memiliki kartu kredit mereka sendiri. Sebelum memiliki kartu kredit sendiri, ajari mereka menjadi nasabah yang baik dengan cara belajar membangun rekam jejak kredit yang baik. Pada dasarnya kartu kredit merupakan hutang kepada bank, namun memberikan kartu kredit kepada anak akan memberikan keuntungan tersendiri jika digunakan dengan baik dan benar. Sisi positifnya mereka akan lebih mengerti cara menggunakan kartu kredit dengan lebih bijak, jangan hanya memandang dari sisi negatifnya saja.

Manfaat Umum Kartu Kredit Secara Umum:

Sebagai orang tua sebaiknya Anda mengetahui dengan jelas apa saja fitur dan fasilitas yang terdapat di dalam kartu kredit yang digunakan agar dapat menjelaskan kepada anaknya. Berikut ini beberapa manfaat kartu kredit yang wajib anda ketahui:

a) Fasilitas Balance Transfer

Fasilitas yang ditawarkan bank tertentu ini bisa dijadikan pertimbangan, terutama yang memiliki tagihan di kartu kredit yang lama. Penggunaan fitur ini dilakukan dengan cara memindahkan tagihan dari kartu kredit yang lama ke kartu kredit yang baru (80% dari total tagihan) dan selanjutnya tagihan tersebut akan dilunasi di kartu kredit yang baru. Hal ini dilakukan karena pertimbangan bunga yang lebih kecil atau fasilitas cicilan yang lebih menguntungkan, sehingga tidak perlu menggunakan kartu kredit yang lama.

b) Fasilitas Tarik Tunai

Fasilitas ini diberikan kepada semua kartu kredit. Namun Anda harus mempertimbangkan dengan matang keputusan melakukan tarik tunai melalui kartu kredit, karena transaksi penarikan tunai akan dikenakan biaya yang tidak sedikit dan ditambah bunga harian yang dihitung sejak terjadinya transaksi penarikan tunai.

c) Fasilitas Cicilan 0%

Fasilitas ini cukup menggiurkan bagi pengguna kartu kredit. Nasabah akan diberi kemudahan membayar cicilan tagihan tanpa dikenai bunga selama jangka waktu tertentu. Namun sebaiknya selalu berhati-hati menggunakan kartu kredit, jangan sampai fitur yang seharusnya meringankan beban justru akan menjadi beban utang yang tak terbayar di kemudian hari.

d) Reward Points

Pada umumnya rewards atau bonus yang diberikan bank penerbit berupa point dan cashback yang bisa didapatkan dari pembelanjaan dengan menggunakan kartu kredit. Fasilitas ini akan sangat menguntungkan, karena dengan aktif menggunakannya, maka Anda bisa sekaligus berhemat. Untuk poin yang didapatkan, dapat ditukarkan dengan berbagai macam barang menarik yang ditawarkan melalui katalog bulanan yang dikirimkan bersama tagihan.

e) Transaksi Dalam Mata Uang Asing

Fitur ini memudahkan Anda dalam melakukan transaksi keuangan atau pembelanjaan dalam mata uang asing, terutama bagi yang senang bepergian ke luar negeri. Bagi pemegang kartu kredit yang memiliki fitur foreign currency transaction, Anda akan diberi kemudahan dalam pembelanjaan yang menggunakan kurs asing, karena dalam tagihan transaksi tersebut akan ditagihkan dalam bentuk mata uang rupiah.

Baca Juga : Jenis Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

Pentingnya Pengawasan Orang tua Secara Rutin

Demikian ulasan mengenai manfaat kartu kredit secara umum dan manfaat memberikan kartu kredit kepada anak. Namun itu sangat tergantung dari peran orangtua. Sebab memberikan kartu kredit bukan berarti lepas tangan, memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada anak untuk menggunakan kartu kredit tanpa dikontrol.

Selalu berikan pendampingan dan pengawasan secara rutin, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya: kebobolan tagihan. Sebab memberikan kartu kredit kepada anak dapat membuat anak menjadi boros dan terbiasa berutang. Anda tidak perlu khawatir akan terjadi hal seperti itu jika orang tua mampu mengarahkan penggunaan kartu kredit anak. Sebaiknya cek lagi kondisi keuangan keluarga, sebelum memutuskan memberi kartu kredit kepada anak. Selamat menjadi orang tua yang cerdas.

Baca Juga : 6 Cara Menjaga Kartu Kredit Tetap Aman