4 Manfaat Kartu Kredit Untuk Transaksi Belanja Bulanan

Penggunaan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai saat ini memang sudah sangat umum dilakukan. Beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredt dalam berbelanja membuat penggunaannya semakin tahun semakin meningkat. Meski mereka tahu resiko dari menggunakan kartu kredit yang bisa menimbulkan tagihan besar apabila tak bijak dalam penggunaannya. Namun entah mengapa, permintaan pada kartu kredit ini tidak ada hentinya. Kartu kredit memang nampak mempesona, terutama bagi mereka yang sangat hobi berbelanja. Bagaimana tidak, dengan kartu kredit, seseorang bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti harga promosi dan diskon menarik untuk belanja, makan serta hiburan lainnya.

Dengan adanya diskon dan harga promo ini, tentu saja seseorang akan lebih senang dan bisa membuat anggaran belanja bulanannya lebih hemat, karena memiliki kartu kredit yang bekerja sama dengan supermarket tertentu akan membuat Anda memiliki keuntungan tersendiri. Lalu apa saja keuntungan lain yang bisa Anda peroleh dari belanja bulanan dengan menggunakan kartu kredit ini? Berikut ulasannya.

1. Memperoleh Promo Istimewa

Memperoleh Promo dari Menggunakan Kartu Kredit

Pemberian Promo oleh Bank Penerbit Kartu Kredit via amazonaws.com

 

Keuntungan pertama dari belanja bulanan dengan menggunakan kartu kredit adalah memperoleh promo-promo istimewa. Mendapatkan harga promo memang akan terasa sangat menyenangkan. Dengan harga promo tersebut, kita akan mendapatkan harga miring yang lebih murah dari harga yang biasanya. Bagi kaum pria, harga promo mungkin tidak terlalu seberapa, namun bagi wanita yang gemar berbelanja, harga promo merupakan hal yang bernilai dan sangat menguntungkan.

Penyelenggara kartu kredit memang sering kali bekerjasama dengan beberapa toko atau tempat belanja untuk menyediakan harga menarik bagi para pemegang kartu kredit. Tujuannya jelas agar para pemilik kartu kredit bisa sangat dimanjakan dengan belanja yang sangat hemat dan menguntungkan. Sebagai contoh, bank Mega merupakan salah satu Bank penerbit kartu kredit yang telah bekerja sama dengan supermarket. Melalui kartu kredit Bank Mega berlabel Carrefour Mega Card, pengguna berhak memperoleh promo-promo istimewa yang diberikan setiap bertransaksi di seluruh store Carrefour.

Beberapa keuntungan Carrefour Mega Card lain adalah unlimited deal atau hemat dengan diskon sepanjang tahun di saat berbelanja di ritel Carrefour. Kartu kredit Bank Mega memberikan potongan harga 5% untuk pembelanjaan produk private label Carrefour, 1,5% Cashback untuk seluruh transaksi di store Carrefour, serta penawaran istimewa setiap minggu di gerai Carrefour. Bagi Anda yang sudah memiliki kartu kredit Bank Mega tentu telah merasakan keuntungan belanja bulanan dengan menggunakan kartu kredit.

2. Program Cicilan 0%

Program Cicilan 0%

Memberikan Keringanan dengan Cicilan 0% via photobucket.com

 

Penawaran program cicilan 0% merupakan keuntungan berikutnya dari belanja bulanan dengan menggunakan kartu kredit. Ketika hendak belanja bulanan, biasanya bisa jadi Anda kemudian tertarik juga untuk membeli perabotan elektronik dan perlengkapan rumah. Karena ketika Anda berbelanja ke supermarket, kebutuhan yang dibeli bukan hanya terbatas pada produk pangan saja. Anda tentu juga memerlukan perabotan elektronik yang menjadi kebutuhan seperti TV, mesin cuci, telepon, dan lainnya.

Dengan adanya cicilan 0% dan juga potongan harga tertentu, Anda akan lebih bisa berhemat lebih banyak dari anggaran awal. Carrefour Mega Card selain memberi harga promo, dalam hal ini juga memberi penawaran cicilan 0% yang diberi nama Zepro. Selain itu, ada juga harga super spesial, life style deal, dan fitur dan benefit yang sangat kompetitif. Lain Bank Mega lain juga Bank BNI. Bank BNI dalam melayani para pemegang kartu kreditnya, juga bekerja sama dengan ritel besar Lottemart. Kartu berlabel BNI-LOTTEmart Card Gold memberikan cicilan untuk transaksi dengan jumlah tertentu sampai dengan 24 bulan dan suku bunga kompetitif.

3. Lebih Mudah dan Praktis

Transaksi Menjadi Lebih Mudah dan Praktis

Transaksi Menjadi Lebih Mudah dan Praktis via wgts.org

 

Seperti tujuan pertama kali diciptakan, kartu kredit memang sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah seseorang dalam melakukan transaksi. Dengan kartu kredit, Anda tak perlu repot-repot membawa uang tunai yang sangat merepotkan dan berisiko kehilangan. Dengan selembar kartu kredit, Anda akan lebih mudah dan praktis untuk berbelanja keperluan bulanan Anda. Setelah Anda selesai dengan barang belanjaan, Anda tinggal mengeluarkan kartu kredit untuk kemudian digesek oleh kasir toko tersebut. Dan perkara belanja bulanan Anda pun selesai dengan mudah dan praktis.

Dengan menggunakan kartu kredit, Anda juga akan lebih cepat melakukan proses transaksi di kasir daripada saat Anda menggunakan uang tunai. Namun dalam penggunaan kartu kredit ini, Anda juga tak boleh terlena. Anda harus bisa menyesuaikan anggaran atau batasan yang ada pada kartu kredit Anda dengan kebutuhan yang ingin Anda beli. Jangan sampai kartu kredit Anda malah menjadi bumerang bagi Anda yang menginginkan kemudahan dan kepraktisan, malah terlilit utang yang besar. Jadi Meskipun praktis dan mudah, belanja dengan kartu kredit di supermarket pun perlu diperketat meskipun limit yang tersedia masih sangat banyak.

Baca Juga: Jenis Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

4. Pemberian Hadiah

Pemberian hadiah

 

Pemberian Hadiah pada Nasabah Pemegang Kartu Kredit via memberful.com

 

Terakhir, keuntungan dari belanja bulanan dengan menggunakan kartu kredit adalah adanya pemberian hadiah atau reward. Hadiah? Hadiah dari siapa? Ternyata ada beberapa kartu kredit yang sengaja memberikan hadiah apabila melakukan transaksi belanja bulanan sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Hadiah yang diberikan bisa berupa bermacam-macam hal seperti voucher belanja, produk, voucher pulsa, bahkan tiket masuk ke pusat hiburan. Dengan adanya hadiah ini tentunya diharapkan pemakai kartu kredit bisa lebih senang dan gembira untuk melakukan belanja bulanannya dengan kartu kredit.

Untuk memperoleh hadiah ini, Anda tidak akan dipungut biaya. Anda hanya perlu belanja sejumlah minimal transaksi tagihan. Misalnya, seperti hadiah yang diberikan oleh kartu kredit Standard Chartered. Dengan minimum pembelanjaan Rp750.000 di Super Indo, GRATIS 1 kardus Indomie Goreng Special. Inilah keuntungan lain dari siapapun yang belanja bulanan dengan kartu kredit. Anda memang harus memahami hal ini jika Anda memang berusaha berbelanja bulanan dengan kartu kredit yang Anda miliki.

Baca Juga: Peraturan Bank Indonesia Tentang Kepemilikan dan Limit Kartu Kredit

Tetapkan Rencana Keuangan dengan Bijak

Inilah beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat Anda belanja bulanan dengan menggunakan kartu kredit. Meski terasa sangat menyenangkan Anda tetap harus waspada dan berhati-hati dalam penggunaan kartu kredit ini. Maka dari itu, cobalah untuk tetap bijak dan arif dalam menggunakan kartu kredit saat berbelanja.

Baca Juga: Kredit Macet: Tips Menghindari dan Mengatasinya