4 Prioritas Keuangan Pribadi Anda untuk Menjamin Masa Depan

Dalam membuat sebuah perencanaan keuangan, ada beberapa proses yang mesti dilakukan terlebih dulu agar semuanya bisa berjalan terstruktur sesuai dengan tujuan di masa depan.

Satu hal yang paling pertama bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan prioritas secara jelas. Namun, kadangkala dalam pelaksanaannya, tetap ada masalah yang harus diperhatikan, agar kita tidak dapat fokus mengejar tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Misalnya apabila Anda telah menyusun perencanaan keuangan secara matang, tetapi di tengah jalan ada saja kebutuhan yang tidak pernah Anda duga kedatangannya, maka lebih baik jika Anda selalu siap dalam keadaan apapun untuk bisa mengatasi semuanya itu.

Sebelum membahas lebih jauh lagi, sebenarnya apa pengertian perencanaan keuangan itu?

Menurut Certified Financial Planner Board of Standards, adalah proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang seperti membeli rumah, menabung untuk pendidikan anak atau merencanakan kehidupan setelah pensiun melalui manajemen finansial secara terencana.

Oleh karena itu, agar perencanaan keuangan bisa terlaksana dengan baik dan sesuai keinginan, ada 4 hal dalam memprioritaskan keuangan yang harus Anda perhatikan terlebih dulu, apa saja? Berikut 4 prioritas keuangan pribadi Anda :

1. Persempit dan Fokus Terhadap Tujuan

Setiap orang tentu memiliki banyak mimpi yang ingin diwujudkan, pertanyaanya sekarang, semudah itukah mewujudkannya? Tentu saja tidak, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memutuskan mana yang lebih penting.

Hal seperti ini dilakukan agar Anda bisa memiliki fokus yang lebih baik, tidak terpecah-pecah saat memiliki tujuan yang begitu menumpuk seperti halnya deadline di kantor. Cara terbaik untuk menentukan mana yang lebih penting adalah dengan memilahnya berdasarkan jumlah orang yang akan mempunyai dampaknya.

Contohnya, bila anak meminta dibelikan mainan senilai Rp 100 ribu, namun di saat yang bersamaan pula ia belum memenuhi bayaran sekolahnya. Akan  lebih baik apabila mengutamakan dulu masalah yang kedua, bila nantinya ada sisa dana baru Anda bisa membelikan barang yang buah hati inginkan.