4 Soft Skills Penting yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Sebagian besar dari Anda sudah mungkin telah memahami dengan baik apa itu soft skills dan mengapa hal tersebut dibutuhkan seseorang, baik itu untuk bekerja di suatu perusahaan, maupun untuk memimpin perusahaan Anda sendiri.

Secara umum soft skills merupakan sebuah istilah yang biasa digunakan oleh para pekerja untuk mendeskripsikan kemampuan non-teknikal. Kemampuan ini tidak kasat mata dan hanya dapat diketahui melalui komunikasi langsung atau melalui sebuah tes kepribadian.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan terlalu khawatir jika lamaran pekerjaan ditolak sebuah perusahaan yang mewajibkan tes psikotes dalam proses penyaringan kandidat pekerjanya. Mereka sebenarnya mengetahui bahwa Anda sebenarnya memiliki potensi dan mampu menyelesaikan beban kerja yang akan diberikan. Hanya saja, mereka menginginkan seseorang yang benar-benar cocok dengan perusahaan mereka.

Dengan kata lain, ditolak bukan karena tidak mampu (technical skill), melainkan karena kepribadian Anda (soft skill) yang mungkin saja tidak cocok dengan posisi atau lingkungan perusahaan yang dilamar.

Itulah penjelasan singkat mengenai makna soft skills dan contoh pengaplikasiannya di dunia kerja. Sekarang, mari kita bahas beberapa soft skills yang sebaiknya ditingkatkan levelnya guna meningkatkan kesempatan untuk berkarir di dunia kerja.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Adaptasi

 

Adaptasi

Biasanya banyak perusahaan yang memiliki jam kerja yang padat, kebijakan yang terus berubah, dan perkembangan target bukanlah hal yang dapat dengan mudah diterima seseorang terutama perusahaan-perusahaan yang masih berstatus startup.

Oleh karena itu, hanya orang dengan kemampuan beradaptasi tinggi yang dapat dengan mudah mengisi lowongan tersebut. Mereka percaya bahwa mereka dapat menjalankan pekerjaan dengan baik terlepas dari banyaknya perubahan-perubahan yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Bangga! Ini 6 Perusahaan RI yang Masuk Daftar Perusahaan Terbaik Dunia 2018 Versi Forbes

2. Intuitif

 

intuitif

Intuitif secara umum dapat didefinisikan sebagai kemampuan pikiran seseorang yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Kemampuan intuisi yang tinggi biasanya berkaitan dengan kesuksesan seseorang. Secara tidak sadar, mereka yang memiliki kemampuan intuisi yang baik, telah mengetahui dengan jelas apa prioritas mereka dan apa yang akan mereka hadapi di masa depan, sehingga mereka hanya perlu memikirkan jalan keluar atau solusi untuk menyelesaikan masalah mereka tersebut.

Intuisi sendiri sebenarnya berasal dari pengalaman masa lalu seseorang. Pengalaman yang tersimpan di dalam pikiran bawah sadar itulah yang kemudian memberikan gambaran/informasi yang bermanfaat bagi Anda untuk mengambil keputusan.

3. Komunikasi

 

Komunikasi

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Mereka membutuhkan manusia lainnya untuk dapat bertahan hidup. Itulah sebabnya manusia menciptakan sebuah media yang dapat membuat mereka mengerti isi kepala satu sama lain. Media yang terus berkembang itulah yang kemudian disebut komunikasi.

Komunikasi terbukti dapat membantu Anda baik di dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dengan mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik, berarti Anda telah berusaha untuk meningkatkan segala aspek yang ada di dalam kehidupan.

Selanjutnya, komunikasi menjadi sangat penting karena sehebat apapun ide yang Anda miliki, apabila tidak dapat mengomunikasikannya dengan baik, orang lain tidak akan mengerti dengan apa yang sebenarnya Anda inginkan.

4. Negosiasi

 

negosiasi

Negosiasi adalah sebuah metode komunikasi yang biasa digunakan manusia untuk menghentikan perdebatan dan menetapkan kesepakatan. Kemampuan bernegosiasi ini menjadi penting karena biasanya kedua belah pihak menginginkan keuntungan atas kesepakatan yang mereka buat.

Oleh karena itu, Anda harus mampu untuk membaca dan mempertimbangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan keputusan Anda secara baik-baik, sebelum akhirnya memutuskan untuk membuat persetujuan dengan pihak lawan.

Ingatlah bahwa negosiator yang baik adalah mereka yang adil dan tetap menghormati keinginan orang lain sementara mereka terus mendorong lawan untuk menyetujui keinginannya.

Kemampuan negosiasi adalah lanjutan dari pemanfaatan komunikasi. Dengan bernegosiasi, Anda dapat membujuk dan mempengaruhi orang lain untuk melakukan atau mengambil keputusan yang bisa menjadi keuntungan di pihak Anda tanpa mereka sadari.

Baca Juga: Ini Tips agar Barang Bawaan Tak Hilang saat Liburan

Asal Terus Soft Skill yang Dimiliki

Memang soft skill semua orang berbeda-beda. Hal yang harus dilakukan adalah temukan soft skill yang dimiliki dan terus asah kemampuan tersebut. Dengan mengasah terus soft skill yang dimiliki, Anda bisa jadi profesional di bidang yang digeluti.

Baca Juga: Lima Tips Agar Tidak Salah Pilih Investasi Properti