4 Tempat Berlibur Lebaran Dengan Budget di Bawah 3 Juta

Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Tentunya banyak dari kalian yang sudah berencana untuk pergi berlibur bersama keluarga dan kawan dekat. Banyak destinasi wisata baik di luar maupun dalam negeri yang menawarkan paket liburan yang bisa kamu pilih sesuai dengan bujet yang ada.

Sayangnya, berlibur pas lebaran tidak sesimpel itu! Terkadang rencana sudah matang di benak kita, namun dana yang ada tidak mencukupi untuk pergi ke tempat tersebut. Jangan berkecil hati dulu, karena tidak semua destinasi wisata untuk Lebaran membutuhkan dana yang sangat besar. Jika kamu saat ini sedang mencari tempat berlibur Lebaran murah, kamu berada di artikel yang tepat! Cermati akan mengulas destinasi liburan yang bisa kamu kunjungi dengan bujet di bawah Rp3 juta.

1. Pulau Weh, Aceh


Pulau Weh, Aceh via zaidzainal.files.wordpress.com

Aceh terkenal akan keindahan alam dan semenanjung pantainya di Indonesia Timur. Pulau Weh merupakan salah satunya. Pulau Weh merupakan salah satu pulau yang sudah terkenal menjadi salah satu objek wisata di Indonesia, tetapi tidak mengherankan kalau belum banyak yang tahu, karena rekomendasi dan promosi yang kurang banyak.

Dapat ditargetkan bahwa budget yang perlu Anda keluarkan adalah sekitar Rp2,7 juta untuk liburan seminggu penuh di pulau ini, loh! Berikut gambaran rincian biaya liburan kamu:

  • Harga tiket pesawat pulang pergi: Jakarta – Banda Aceh mulai dari Rp1,2 juta. Harga tiket terkini dapat di cek di situs pembelian tiket online. 
  • Harga mobil Damri dari Bandara menuju Banda Aceh kisaran Rp20.000-Rp30.000
  • Harga transportasi dari Banda Aceh menuju Pulau Ulee Lheue sesuai penawaran biasanya berkisar antara Rp15.000 - Rp30.000
  • Harga untuk penyeberangan dari Pulau Ulee Lheue ke Pulau Weh adalah Rp25.000 (kapal feri) dan Rp85.000 (kapal cepat)
  • Harga penginapan: Ada 4 tipe bungalow, yang paling murah mulai dari harga Rp60.000 hingga Rp500.000 per malam (biaya bisa lebih murah lagi jika memilih long stay atau berbagi kamar)
  • Harga penyewaan fasilitas menyelam: Rp180.000 untuk 4 hari
  • Harga makanan: Pulau Weh memiliki banyak tempat makan dengan harga murah, diperkirakan Rp300.000 untuk makan selama seminggu.

Jika dihitung-hitung, pengeluaran kamu selama 1 hari dengan pembagian harga kamar minimal 3 orang di tempat penginapan termurah bisa jadi mencapai tidak lebih dari 150 Ribu. 

2. Senggigi, Lombok


Senggigi, Lombok via wisatalombok.info

Sebagai salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Indonesia, bahkan di manca negara juga, Lombok tentunya menjadi salah satu pilihan pas bagi kamu yang mau berlibur Lebaran. Walau mungkin ada kekhawatiran biaya berlibur akan sangat mahal dikarenakan pamor Lombok yang sudah mendunia. Namun, jangan takut, karena ada acara lain untuk bisa menikmati Lombok saat libur lebaran yakni dengan trip ala backpacker!

Dengan trip hemat ini kamu sangat menghemat pengeluaran. Berikut gambaran biayanya: 

  • Jika kamu berangkat dari Jakarta, cukup beli tiket kereta kelas ekonomi menuju Lempuyangan, Yogyakarta. Harga tiket ekonomi berkisar antara Rp80 Ribu – 200 Ribu rupiah tergantung seasonnya. Dari Yogyakarta, melanjutkan ke Banyuwangi menggunakan kereta ekonomi, harga tiket Rp35 Ribu. Lalu menuju pelabuhan Ketapang yang hanya berjarak sekitar 300 Meter dari stasiun, sehingga bisa berjalan kaki menuju pelabuhan. Kamu bisa menyeberang untuk mencapai Gilimanuk dengan kapal dari Ketapang dengan tarif Rp10.000.
  • Untuk tiket pesawat Jakarta - Lombok tidak lebih dari Rp1,1 juta (pulang - pergi) tergantung dari seasonnya. 
  • Biaya dari bandara menuju Senggigi berkisar antara Rp5 ribu - Rp10 ribu
  • Penginapan:

        - Hotel Asri, lokasi di pinggir pantai Senggigi (standard Rp100.000/malam, standard TV Rp125.000/malam).

        - Hotel Athiti, lokasi di pinggir pantai Senggigi (standard Rp110.000/malam, VIP (AC +TV) Rp160.000/malam).

Ditambah dengan biaya makan, kamu bisa menghabiskan tidak lebih dari Rp150.000/ hari jika memutuskan untuk berlibur selama 6-7 hari biaya yang dihabiskan bisa mencapai tidak lebih dari Rp2,8 juta dan ini sudah termasuk biaya transportasi pulang.

Baca Juga: 10 Tempat Berlibur Terbaik dan Termahal Di Dunia

3. Gunung Bromo, Malang


Gunung Bromo, Malang via haiineola.com

Siapa yang tak pernah dengar Gunung Bromo? Menjadi tujuan wisata utama bagi para hikers dan traveler baik dari dalam dan luar negeri, Gunung Bromo yang berada di wilayah Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu ikon wisata di Indonesia. Jika kamu tertarik mengambil layanan liburan Gunung Bromo untuk kelas VIP, harganya tidak terlalu jauh dari budget Rp3 juta.

  • Biaya masuk: Rp10.000/orang.
  • Hotel Bromo View: Hanya berjarak sekitar 1 jam dari Gunung Bromo dan dekat dengan stasiun, harga kamar mulai dari Rp85.000 / malam + Breakfast.
  • Hotel Bromo Permai: Terletak dekat dengan pintu masuk wisata Gunung Bromo dengan harga kamar mulai dari Rp270.000 / malam + Breakfast.
  • Cave Lava, Cemoro Lawang: Terletak tepat di depan pintu masuk Gunung Bromo harga kamar mulai dari Rp160.000/malam + Breakfast.
  • Tiket kereta api untuk rute Jakarta – Malang tarifnya mulai dari Rp120.000 
  • Tiket pesawat untuk Jakarta - Malang (pulang-pergi) tarifnya mulai dari Rp1 juta
  • Biaya makan: Sekitar Rp5.000 – Rp50.000 tergantung dari pemilihan tempatnya.

Biaya yang harus dipersiapkan untuk bisa berlibur ke Gunung Bromo tidak lebih dari Rp2,3 juta.

4. Kamboja

kamboja
Kamboja via pelancongnekad.files.wordpress.com

Kamboja merupakan destinasi wisata yang paling terkenal di Asia Tenggara yang paling banyak diminati dari seluruh mancanegara, karena kondisi alamnya yang bagus dan tidak banyak gedung-gedung tinggi. Banyaknya hutan menambah kesan asri dan rehat sejenak dari suasana perkotaan di Jakarta.

  • Tiket pesawat: Berkisar Rp1.500.000 - Rp2.000.000 (bisa di cek online) dan dapat lebih murah lagi jika ada promo potongan harga tiket.
  • Penginapan: Rata-rata berkisar antara Rp25.000/malam untuk kelas hostel dan asrama.
  • Makanan: Harga makanan di Kamboja pun sangat terjangkau tidak jauh berbeda di Indonesia.

Baca juga: 5 Alasan Tidak Datang ke Jakarta Pasca Lebaran

Berlibur Tidak Harus Mahal

Tidak selamanya kita harus menghabiskan uang hingga jutaan rupiah demi berlibur ke tempat yang diinginkan. Cukup dengan dana yang rendah, kamu sudah bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Nah, Teman Cermati sudah tahu kan, berlibur enak tidak harus mahal? Selamat berlibur ya!

Baca juga: 5 Cara Bijak Memakai Uang THR