4 Tips Ampuh Merawat Cat Mobil Baru Agar Tetap Kinclong

Jika Anda memiliki mobil, wajib hukumnya untuk merawat dengan rutin. Apalagi bila kondisi mobil masih baru, butuh perawatan dari nol. Tujuannya tentu saja agar tunggangan Anda tetap mulus, awet, dan nyaman saat berkendara.

Perawatan mobil banyak macamnya, mulai dari ganti oli, mesin mobil, dan lainnya. Cat mobil pun penting untuk dirawat supaya warna tetap kinclong dan tampilan tetap bersih. Sebab ada yang bilang, kebersihan mobil mencerminkan kepribadian si pemiliknya.

Bagi Anda yang mempunyai mobil anyar, sebaiknya merawat mobil sejak dini agar catnya tetap bagus, berkilau, dan awet. Ini beberapa tipsnya:

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana Ya?

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

1. Cuci Mobil Secara Teratur

Cucilah mobil Anda secara teratur, agar mobil tetap bersih dan tidak terkontaminasi dengan kotoran. Mobil juga membutuhkan perawatan seperti manusia, harus dicuci setiap usai digunakan atau paling tidak setelah terkena air hujan.

Mobil bisa langsung dicuci agar air hujan tidak membuat warna cat pada mobil baru memudar. Jika Anda tidak ada waktu untuk membersihkannya, maka gunakan saja jasa cuci mobil. Dan akan jauh lebih baik jika mobil dibersihkan setiap pagi ketika akan dipakai daripada tidak sama sekali.

2. Perhatikan Tempat Parkir

Sebaiknya Anda merawat mobil sejak dini, baik dari mesin, cat, serta bagian interiornya. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari masalah yang sering terjadi pada kendaraan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tempat parkir kendaraan Anda. Parkirkan mobil Anda ditempat yang teduh, agar mobil berhenti dan berada dalam kondisi yang dingin.

Memarkirkan mobil di tempat yang sejuk dapat membuat mobil Anda lebih cepat dingin, termasuk juga mesinnya, sehingga tidak panas terus menerus. Cat mobil pun bisa lebih awet dan bagus, ketimbang jika mobil selalu di parkir di tempat yang panas.

3. Gunakan Produk Perawatan Mobil yang Bagus

Gunakanlah jenis produk sabun, shampo, atau pembersih apapun itu dengan kualitas bagus untuk mobil Anda. Jangan tergiur dengan harga murah, namun pada akhirnya membuat mobil Anda malah rusak dan catnya memudar. Cari ulasan mengenai produk yang hendak dibeli, agar nantinya tidak menyebabkan kerusakan pada mobil. Ada baiknya jika Anda menggunakan produk yang umum dan sudah terpercaya saja, daripada harus menggunakan produk yang masih belum jelas hasilnya.

Baca Juga: Jangan Bingung Ada Solar Campur Minyak Sawit, Ini Pengertian dan Harganya

4. Jangan Gunakan Penutup Ketika Mobil Masih Basah

Menggunakan penutup mobil boleh dilakukan di siang hari, malam atau kapanpun. Namun satu hal yang harus Anda ingat, jika menutup mobil ketika kondisinya masih basah dapat mengubah warna cat mobil, menyebabkan mobil mudah berkarat, jamuran, dan beberapa masalah lain pada cat mobil.

Jika Anda memang tidak memiliki garasi dalam rumah dan ingin menggunakan penutup mobil di malam hari, maka sebaiknya pastikan dulu bagaimana kondisi mobil Anda. Jika Anda menutup mobil dalam keadaan basah, maka bisa jadi cat mobil akan memudar sedikit demi sedikit.

Pengecatan Ulang dan Biayanya

Pengecatan Ulang dan Biayanya
Pengecatan Ulang dan Biayanya

Mobil bisa dicat ulang, namun untuk biayanya tergantung jenis mobil Anda. Umumnya mengecat mobil dilakukan jika ada cacat atau rusak, seperti bekas baret atau demi membuat mobil tetap bagus. Untuk biaya pengecatan, biasanya dihitung dari bagian per bagian, misalnya saja mobil Anda mengalami baret di bagian pintu depan supir, maka akan dihitung harga satu pintu penuh.

Jika ada baret pada pintu depan dan pintu belakang, maka bisa jadi terhitung satu sisi penuh bagian pintu depan belakang, sehingga Anda harus membayar dobel. Umumnya harga pengecatan satu pintu mencapai Rp500 ribu, tergantung juga jenis mobil, warna, dan kualitas cat yang digunakan. Jadi bisa lebih murah atau lebih mahal dari harga tersebut.

Asuransikan Mobil Anda

Jika sudah memiliki mobil, penting buat Anda untuk melindungi kendaraan dengan produk asuransi mobil. Produk asuransi ini akan menjamin mobil yang mengalami rusak ringan, berat, sampai kehilangan akibat pencurian. Jadi kalau mobil Anda lecet atau baret sedikit, asuransi bisa ganti rugi.

Selain menggenggam asuransi mobil, Anda harus rajin merawat tunggangan Anda supaya tetap awet. Rutin servis ke bengkel resmi, sehingga bisa menghindari masalah yang tidak diinginkan saat berkendara.

Baca Juga: Ingin Klaim Asuransi Mobil? Berikut Langkah-langkahnya!