4 Tips Tukar Uang Saat Liburan di Luar Negeri

Berlibur merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan tentu semua orang suka dengan liburan. Ada sejumlah pertimbangan dalam menentukan destinasi liburan dan kebanyakan orang akan lebih memilih tempat yang baru semisal liburan ke luar negeri.

Ada banyak sekali yang harus dipersiapkan saat berlibur ke luar negeri. Misalnya, pakaian, makanan, dan yang paling penting uang. Uang menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan. Sebab Anda tidak akan menggunakan rupiah untuk berbelanja, bukan?

Karena itu, penukaran uang harus Anda lakukan ketika akan berlibur ke luar negeri. Kapan saya harus menukar uang? Penukaran uang sebaiknya Anda lakukan ketika sedang berada di Indonesia. Sebab akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Misalnya, Anda bisa memilih tempat penukaran yang memberikan kurs cukup bagus.

Baca Juga: Tips Bepergian ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas

Sudah Berada Di Luar Negeri? Inilah 4 Tips Tukar Uang

Beberapa kasus yang sering terjadi adalah lupa menukar uang dan baru ingat ketika sudah sampai di luar negeri. Jika Anda telat menukar uang dan baru ingat ketika sudah sampai tujuan, ada baiknya teliti dalam menukar uang tersebut.

Carilah tempat penukaran uang yang memiliki rate cukup baik agar nantinya Anda tidak mengalami kerugian mendadak di negeri orang. Nah, berikut ini adalah tips-tips tukar uang saat berada di luar negeri.

1. Cari Tahu Nilai Mata Uang

Mata Uang Kurs Rupiah Valas
Sebelum Melakukan Penukaran, Cari Tahu Kurs yang Berlaku

Menukar uang di luar negeri memanglah bukan hal yang mudah. Sebab Anda harus bisa mencari tahu di mana tempat penukaran uang dengan kurs terbaik. Selain itu, sebelum Anda menukar mata uang, cari tahulah berapa nilai mata uang tersebut agar nantinya tidak kaget. Jangan sampai Anda merugi nantinya.

2. Tukar Uang Secukupnya

Tukar Uang Kurs Rupiah Valas
Jangan Berlebihan dalam Lakukan Penukaran Uang

Catatlah berapa banyak uang yang akan dikeluarkan. Buat saja list seperti saat Anda akan belanja ke supermarket. Memang tidak ada yang tahu seberapa banyak pengeluaran di sana. Namun, Anda juga harus teliti dalam menggunakan uang.

Hal ini akan sangat bermanfaat ketika Anda hendak melakukan penukaran uang sehingga tidak perlu menukarkan banyak uang saat di luar negeri.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

3. Pilih Tempat Tukar Uang yang Tepat

Money Changer Kurs Rupiah Valas
Saat Hendak Lakukan Penukaran, Pilihlah Tempat Penukaran yang Tepat

Memilih tempat tukar uang yang tepat saat Anda berada di luar negeri adalah hal yang memang sulit. Namun, Anda bisa menemukan tempat tukar uang yang tepat dan terpercaya. Selain itu, Anda juga harus bisa mengecek kurs yang diberikan dari tempat tersebut. Pastikan jika Anda tidak merasakan atau mengalami kerugian yang besar.

4. Waktu Penukaran yang Tepat

Waktu Penukaran Tukar Uang Valas
Perhatikan Juga Waktu Penukaran Uang

Menukarkan uang pada waktu yang tepat harus dilakukan jika Anda ingin berpergian ke luar negeri. Mengapa demikian? Tentu agar tidak terjadi kerugian yang besar. Pertama Anda harus bisa mengerti tentang kurs atau paling tidak meminta penjelasan pada pihak bank.

Biasanya bank memberikan informasi terkait kurs secara rinci. Sebaiknya, Anda menukarkan uang jauh-jauh hari sebelum berangkat kembali ke tanah air.

Baca Juga: Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri dan Biayanya

Bagaimana Jika Mata Uang yang Diinginkan Tidak Tersedia?

Anda ingin menukarkan uang, tapi mata uang yang diinginkan tidak tersedia? Jangan khawatir, karena Anda bisa menukarkannya dengan mata uang dolar. Mengapa demikian? Sebab dolar adalah mata uang internasional yang pasti berlaku di mana saja dapan kapan saja.

Anda bisa menukarkan mata uang ini di tempat tujuan atau ketika sudah sampai di luar negeri. Jadi, jangan khawatir lagi soal tidak tersedianya mata uang yang diinginkan. Pasti ada solusi yang bisa didapatkan dan ingatlah untuk tetap cermat dalam mengambil setiap keputusan.

Baca Juga: Simak Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri