4 Tokoh Inspiratif ini Buat Perubahan Kemajuan di Bidang Kesehatan Masa Kini

Setiap bidang pastinya melahirkan beberapa tokoh yang menginspirasi. Hal ini dikarenakan tokoh tersebut punya ide yang brilian dan menghasilkan projek yang luar biasa, sehingga banyak orang yang terinspirasi dengan perjalanan suksesnya.

Seperti Jeff Bezos yang memiliki ide brilian dalam mendobrak bidang perdagangan yang mengubah pasar menjadi perusahaan e-commerce Amazon. Hadirnya Amazon tentu membuat pasar kecil terdorong sukses juga. Semua yang diraih Jeff Bezos tentu dimulai dari bawah dan menginspirasi banyak orang.

Selain Jeff Bezos di bidang perdagangan, ada pula tokoh inspiratif lain yang tak kalah membuat kemajuan khususnya di bidang Kesehatan. Melansir dari Bussiness Insider, berikut beberapa tokoh di bidang kesehatan yang memberikan ide dan inspirasi bagi dunia kesehatan agar semakin maju dan berubah menuju arah yang lebih baik.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Rick Doblin 

Rick Doblin
Rick Doblin via oslofreedomforum.com

Mungkin namanya jarang muncul di berita atau internet, namun ilmuwan dari negeri Paman Sam ini merupakan salah satu penemu terobosan dalam penyembuhan gangguan mental karena memakai narkoba sebagai obatnya. 

Meski terdengar menentang tradisi dan norma bahwa narkoba itu berbahaya, nyatanya tokoh ini mampu membuat obat narkoba bisa bermanfaat bagi terapi kejiwaan. Obat seperti LSD, ekstasi, dan magiz mushroom adalah salah satu contohnya. 

Rick Doblin  meneliti bahwa narkoba bisa menyembuhkan salah satu penyakit mental bernama Post Traumatic Disorder (PTSD). Penyakit ini merupakan gangguan kecemasan parah akibat perang atau trauma berkepanjangan. 

Dengan penelitian yang cermat dan dosis tepat ia menemukan bahwa narkoba tersebut bisa membuat gejala kecemasan berkurang. Meski tergolong nekat, namun penelitiannya cukup menginspirasi para dokter untuk memperbaiki kesehatan penderita gangguan jiwa.

Baca Juga: Total Kekayaan Mencapai Rp5 Triliun, Ini Dia Sumber Kekayaan Aktor Tampan Keanu Reeves

2. Rushika Fernandopulle

  Rushika Fernandopulle
Rushika Fernandopulle via youtube.com

Rushika Fernandopulle merupakan tokoh inspiratif karena mendirikan perusahaan asuransi yang menerapkan uang bulanan cukup murah. Hal ini tentu mendobrak tradisi selama ini tentang asuransi. Perusahan yang dinamai Iora Health.

Rushika menyatakan bahwa perusahaan asuransi yang biasa tidak bisa melindungi pelanggannya dari berbagai penyakit namun memiliki uang premi yang sangat besar. Hal ini karena sistem yang ada membohongi para pelanggan asuransi. 

Dari kasus itu ia mendirikan perusahaan asuransi dengan uang bulanan premi sekitar 40 sampai 50 Dollar saja. Meski murah pelanggan diberi kebebasan konsultasi ke dokter dan rumah sakit yang menjadi mitra, bahkan bagi yang kurang mampu juga bisa dibantu. 

Dari aksinya ini kini Iora sudah membuka 34 kantor asuransi di negara Amerika Serikat dan menjadi inspirasi banyak orang.

3. Anne Wojcicki 

Anne Wojcicki
Anne Wojcicki via inc.com

Anne Wojcicki adalah seorang CEO dan founder dari 23anMe yang berfokus pada kesehatan pada pengujian DNA. Dari perusahaan ini ia meneliti bagaimana mendeteksi penyakit dan kepribadian yang berpotensi terjadi pada pemilik DNA tersebut. Perusahaan ini memiliki manfaat besar karena dapat mencegah seseorang untuk mengalami penyakit yang menimpa dari DNA yang dimiliki.

Dengan hasil tes terhadap DNA pasien membuat pasien bisa mengetahui risiko penyakit apa yang bisa menjangkitnya sehingga mampu mengatur hidupnya agar lebih sehat. Penyakit yang bisa dideteksi bisa dari penyakit biasa hingga penyakit berbahaya seperti kanker.

Dengan perusahaan dan temuan alatnya menjadikan Wojcicki salah satu pemberi kemajuan di bidang kesehatan. Saat ini pelanggan dari 23andMe mencapai 10 juta lebih. Dengan alat yang cukup murah yakni hanya 1,3 juta rupiah saja pelanggan bisa memahami risiko penyakit di masa depan berdasarkan gen yang dimiliki. 

Baca Juga: Gak Nyangka! Ternyata Ini Rahasia Nia Ramadhani Bisa Hidup Bergelimang Harta

4. Steven Pearson

Steve Pearson
Steven Pearson via youtube.com

Steven Pearson merupakan tokoh kesehatan asal Amerika Serikat yang inspiratif karena mau menunjukkan harga obat sebenarnya untuk membuat pasien memahami harga obat dan mencegah penipuan. Dengan inovasi ini membuat harga obat bisa transparan dan pasien tidak perlu khawatir tentang banyaknya uang yang dibayarkan untuk obat.

Inovasi Steve dimulai dari keresahannya dengan harga obat yang terlalu tinggi di negaranya, sehingga banyak masyarakat kurang mampu tidak bisa menebus obat. Selain itu harga obat dapat melonjak lantaran biaya rumah sakit dan dokter juga harus ditanggung pasien lewat harga obat.

Dari kasus di atas Steven Pearson mendirikan sebuah LSM bernama Institute for Clinical and Economic Review (ICER). Fungsi LSM ini membantu pasien menerima data serta informasi soal tarif perawatan hinga harga obat yang sesungguhnya harus ditanggung pasien. Adanya LSM ini bisa mencegah rumah sakit melakukan praktek penipuan terutama dengan memberikan harga obat yang terlalu mahal.

Meski tujuannya mulia dan dapat dukungan masyarakat luas, Steve juga sering mendapatkan tentangan dari banyak rumah sakit Amerika Serikat. Hal ini karena mereka menuding Steve merugikan pihak rumah sakit. Meski begitu tindakan Steve yang tetap konsisten membuatnya menjadi salah satu orang inspiratif di bidang kesehatan masa kini.

Jadikan Motivasi Diri Sendiri

Setiap bidang baik kesehatan, teknologi, perdagangan dan lainnya pasti memiliki beberapa tokoh yang menginspirasi. Nah, tokoh-tokoh tersebut tentunya bisa dijadikan motivasi hidup untuk diri sendiri. Dengan begitu, secara otomatis akan mendorong diri sendiri ingin meraih sukses dan juga bisa menginspirasi untuk banyak orang.

Baca Juga: Inilah ‘Pabrik Uang’ HM Fitno, Crazy Rich Pondok Indah yang Dermawan