4 Usaha dengan Modal Kecil Bisa Jualan Online

online shop

Saat ini, banyak sekali peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dijual melalui online. Tidak harus berupa barang kok, menjual jasa pun bisa dilakukan secara online. Jualan online lebih banyak dipilih karena dipastikan hampir minim modal. Dengan mengandalkan koneksi internet, kamu sudah bisa menjalankan sebuah bisnis, tanpa harus memiliki toko fisik terlebih dahulu. Yang penting, harus pintar mencari peluang dan juga mencari koneksi.

Selain itu dibutuhkan juga keterampilan penjualan secara online. Jika kamu memahami cara pemasaran melalui media online, artinya kamu sudah punya pengetahuan dasar untuk menjalani bisnis tersebut. Tenang, kamu tak perlu paham seluk beluk keseluruhannya, kok. Jika kamu tahu cara bermain media sosial dan punya keterampilan untuk bercerita, itu saja sudah cukup.

Selanjutnya, ilmu mengenai pemasaran bisnis online bisa kamu pelajari sembari jalan. Lalu apa saja peluang usaha dengan modal kecil agar bisa berjualan secara online? Berikut ini adalah beberapa pilihan peluang yang bisa dijadikan ide untuk mulai jualan online.

Dropshipper

Sebelum memilih jenis usaha, salah satu yang harus dipetimbangkan adalah modal yang dimiliki. Bagi kamu yang minim modal, tak perlu khawatir, sebab kini banyak jenis usaha online yang tak membutuhkan banyak modal, seperti menjadi dropshipper salah satunya.

Dengan menjadi dropshipper, kamu cukup menjadi perantara saja untuk para penjual online lainnya dalam menjual kembali barang mereka dengan harga yang lebih besar. Kamu tidak perlu membeli stok barang terlebih dahulu, dan ketika ada pelanggan yang memesan barang melalui kamu, penjual barang tersebut lah yang akan mengirimkannya langsung.

Modal yang dibutuhkan dalam bisnis dropship ini adalah bagaimana caranya menjual barang sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan komisi dari penjualan barang tersebut.

Konsep dropship seperti ini biasanya banyak digunakan pemilik usaha yang memproduksi langsung barang yang dijual. Untuk memasarkan produknya, mereka dibantu oleh penjual online lain. Namun meskipun terdengar mudah, bukan berarti usaha satu ini tanpa risiko.Dropshipper juga bertanggung jawab jika barang yang dikirim oleh supplier rusak atau tidak sesuai dengan iming-iming iklan.

Selanjutnya, bila bisnis ini cocok kamu jalankan dan berkembang pesat, tentunya kamu butuh modal tambahan. Tak perlu khawatir bingung cari modal kemana-mana, sebab sekarang ada pinjaman KTA. Ajukan saja KTA online melalui Cermati.com, proses cepat dan kamu bisa dapatkan pinjaman untuk mulai jalankan bisnismu.

Produk Affiliate

Peluang usaha kedua yang bisa dipilih adalah produk affiliate. Usaha ini secara sederhana tidak berbeda jauh dengan dropshipper karena kita dituntut untuk mempromosikan produk orang lain secara online. Bedanya dengan dropshipper, pada sistem afiliasi, kamu hanya diminta untuk mempromosikan, proses transaksi seluruhnya dilakukan oleh penjual.

Peluang usaha ini bisa menggunakan media seperti blog ataupun website dan tanpa terkecuali juga bisa menggunakan media sosial seperti Instagram. Namun yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan media blog.

Keuntungannya biasanya dihitung berdasarkan transaksi yang terjadi karena promosi yang dilakukan. Jika tidak ada transaksi tidak akan ada komisi yang didapatkan. Menariknya lagi, tidak ada tanggung jawab jika ada komplain mengenai produk yang dijual, karena semua sudah menjadi tanggung jawab penjual pada konsumen.

Jual Stock Foto

Buat kamu yang suka jalan-jalan keliling nusantara bahkan keliling dunia, sepertinya kamu bisa memanfaatkan peluang usaha ini. Kesadaran tentang hak cipta di Indonesia masih sangat kurang. Peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan mempromosikan foto-foto kamu melalui situs penyedia foto.

Hanya dengan mendaftarkan diri kamu pada situs seperti Shutterstock, kamu sudah bisa berjualan foto. Apalagi di beberapa situs-situs luar negeri sangat minim foto-foto dari Indonesia. Padahal cukup banyak perusahaan rintisan di Indonesia yang membutuhkan foto-foto kuliner atau tempat wisata khas dari Indonesia.

Desain Logo

Peluang usaha ini memang sangat cocok buat kamu yang memiliki passion dalam menggambar atau mendesain logo. Bahkan ada beberapa situs-situs tertentu yang mewadahi para desainer dari seluruh dunia untuk melakukan transaksi jual beli logo. Selain itu, banyak kompetisi desain logo yang dilakukan untuk mencari desainer terbaik yang berhasil merefleksikan atau menterjemahkan filosofi sebuah perusahaan menjadi sebuah logo.

Itu dia beberapa usaha online yang bisa dijalankan dengan bermodalkan gadget dan koneksi internet. Supaya makin praktis, gunakan smartphone untuk bisa menjalani aktivitas bisnis online-mu secara mobile.

Tentu saja untuk bisa menjalankan aktivitas bisnis dalam smartphone, dibutuhkan spesifikasi smartphone yang mumpuni. Mulai dari prosesor gahar untuk bisa diajak multitasking, memori yang besar untuk menyimpan foto produk atau data seputar bisnis, hingga baterai berkapasitas besar besar. Sekarang sudah banyak pilihan smartphone murah dengan spesifikasi yang cukup tinggi mulai dari harga Rp 4 jutaan saja. Misalnya saja seperti Xiaomi Pocophone F1 yang dijual mulai dari Rp 4,5 jutaan.

Supaya lebih ringan,kamu bisa menggunakan fasilitas kredit HP dari Kredivo yang memiliki bunga paling rendah dibandingkan fasilitas sejenis, 0% untuk opsi bayar dalam 30 hari, dan 2,95% untuk opsi cicilan tenor 3 bulan, 6 bulan, sampai dengan 12 bulan.

Menariknya lagi, kredit HP lewat kredivo tidak perlu biaya bulanan, tidak ada biaya DP, dan semua proses pengajuannya dilakukan melalui online melalui aplikasi Kredivo. Caranya tinggal download saja aplikasi Kredivo melalui Google Play Store ataupun App Store, lalu ikuti instruksi pendaftaran sesuai dengan metode kredit yang dipilih dan tunggu proses approval dalam waktu maksimal 1 x 24 jam. Jika pengajuanmu disetujui, kamu bisa langsung kredit hp atau barang lainnya untuk menunjang bisnis online milikmu.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kredivo dan Cermati.