5 Alasan Mengapa Financial Check Up itu Penting

Pernah mendengar istilah pemeriksaan keuangan pribadi atau financial check up? Atau jangan-jangan kamu pernah melakukannya? Kalau iya, beruntunglah kamu karena pasti kamu tipe orang yang sangat peduli dengan kondisi keuangan kamu.

Definisi mudah dari financial check up adalah pemeriksaan secara keseluruhan terhadap sistem keuangan kamu. Dengan cara ini kamu bisa tahu bila ada masalah sehingga bisa langsung diantisipasi.

Financial check up ini bisa kamu dilakukan secara periodik, baik setiap bulan, setiap enam bulan atau pun setiap tahun.

Yang biasa diperiksa adalah beberapa hal ini:

  1. Total aset
  2. Total hutang atau kewajiban,
  3. Total pendapatan dan pengeluaran,
  4. Total tabungan.

Biasanya hasil dari perhitungan tadi akan dinilai berdasarkan tiga rasio penting:

  1. Saving Ratio yaitu tabungan yang kamu miliki, termasuk juga investasi, deposito dan lain-lain
  2. Liquidity Ratio yaitu informasi dana yang dimiliki seandainya tidak lagi bekerja atau sudah pensiun
  3. Debt Service Ratio yaitu penghasilan yang harus dikeluarkan untuk membayar hutang

Ada baiknya kamu simak lima alasan kenapa financial check up itu penting:

1. Bisa Menyehatkan Keuangan Pribadimu

Menyehatkan Keuangan

Menyehatkan Keuanganmu via wordpress.com

 

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, financial check up bisa menyehatkan keuangan pribadimu. Kamu bisa tahu kondisi keuangan termasuk masalah yang timbul atau yang akan timbul. Pengecekan secara rutin akan menghindari kamu dari kebangkrutan dan kemungkinan berhutang untuk hal yang seharusnya bisa kamu hindari.

Bayangkan kalau hal itu tidak dilakukan. Tentu berapa banyak uang yang keluar tanpa bisa disadari.

2. Mengetahui Ke Mana Saja Uang Mengalir

Aliran Pengeluaran

Aliran Uang Bisa Diketahui via imgur.com

 

Sering kamu mengeluh, kok uang bisa habis begitu saja. Padahal baru kemarin gajian atau menerima bonus. Atau, masih juga tengah bulan, masa uang sudah habis. Bahkan, tadi dipakai apa saja yaa uangku? Kok sudah habis. Dengan melakukan Financial check up, hal itu tidak akan terjadi, karena dia akan memberikan informasi cukup soal aliran dana (cash flow) yang terjadi, sehingga kamu tidak perlu pusing.

Selain itu dengan mengunakan financial check up, kamu bisa memotong pos-pos tak penting yang bisa dihemat.

3. Lebih Hati-Hati Menggunakan Uang

Lebih Hati-Hati

Lebih Hati-Hati via farrahgray.com

 

Kamu akan lebih hati-hati dalam mengunakan uang. Misalnya saat melakukan financial check up, kamu akan menemukan kalau budget kamu untuk ngopi dengan teman-teman sangatlah besar, padahal kalau disimpan, kamu bisa membeli android keluaran terbaru. Atau, uang yang sering dipakai untuk nonton di bioskop, ternyata bisa disimpan untuk membeli sepatu baru. Nah selanjutnya kamu jadi lebih mawas diri dan membatasi kegiatan yang satu itu.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Salah Pada Usia 20-an

4. Mendukung Rencana Masa Depan

Membangun Rumah

Membantu Mewujudkan Cita-Cita Masa Depan via tholcorealestategroup.com

 

Financial Check Up penting karena bisa menunjukkan apakah kamu bisa merealiasikan beberapa rencana penting masa depan. Misalnya kamu berencana menikah dan mencari pinjaman, kamu bisa tahu pasti bagaimana membayar pinjaman tersebut.

Apa cuma itu saja? Tidak. Dalam kehidupan berkeluarga, Financial check up juga akan membantu kamu memastikan kalau cita-citamu membeli rumah sendiri akan tercapai. Dalam hal ini dia akan membantu kita untuk mengecek sektor mana yang uang nya bisa dialihkan untuk mengeluaran cicilan pembelian rumah.

5. Bisa Menjadi Prediksi Keuangan Masa Depan

Prediksi Masa Depan

Bantu Memprediksi Keuangan Di Masa Depan via mindful-abundance.com

 

Yang namanya rezeki kan diatur oleh Yang Maha Kuasa. Terkadang kamu mendapat pekerjaan dengan gaji yang cukup lumayan. Tetapi bisa saja kamu mendadak jobless karena kondisi ekonomi Indonesia yang tidak stabil. Nah, financial check up ini bisa membantu kamu memprediksi berapa lama kamu bisa bertahan paska menganggur.

Selain prediksi tadi, hasil dari financial check up juga bisa menunjukkan apakah kamu harus mencari pekerjaan baru bila ternyata pendapatan kamu lebih kecil dari pengeluaran.

Baca juga: 3 Aturan Perencanaan Keuangan Yang Harus Kamu Terapkan

Banyak Guna Namun Dilalaikan

Meskipun penting, buat sebahagian orang financial check up ini dianggap kegiatan yang tidak menyenangkan dan cenderung membosankan. Pasalnya kamu harus teliti menyimpan semua kuitansi dan bon pengeluaran serta mencatatnya satu persatu.

Saatnya untuk mulai melakukan financial check up demi kesehatan keuangan kamu. Ribet sedikit tidak masalah, yang penting kamu bisa mengetahui kondisi keuangan kamu tanpa harus bangkrut terlebih dahulu.

Baca juga: Ubah Hidup Anda dengan Melakukan Perencanaan Keuangan