5 Alasan Penting Fresh Graduate yang Baru Bekerja Perlu Punya Kartu Kredit

Mengelola keuangan tidak selalu menjadi pekerjaan yang mudah, terutama untuk kamu fresh graduate yang baru mau terjun ke dunia kerja. Mengatur pengeluaran kerap memberikan tantangan tersendiri bagi para pekerja muda. 

Berbagai kebutuhan harus terpenuhi dengan baik dan tentunya harus sesuai dengan penghasilan yang dimiliki. Agar lebih praktis, menggunakan kartu kredit bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mudah, kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan lainnya ketika menggunakan produk keuangan yang satu ini.

Kartu kredit menjadi salah satu produk keuangan yang perlu kamu miliki, bahkan meski kamu baru bekerja dan masih dalam proses belajar mengelola keuangan secara mandiri. Tidak selalu identik dengan pemborosan, alat transaksi yang satu ini justru bisa membantu kamu mengontrol keuangan dengan baik dan hemat. Selama digunakan dengan bijak dan untuk memenuhi kebutuhan yang tepat, tentunya kartu kredit memberikan manfaat positif bagi keuangan. 

Agar ketakutan atau keraguan terhadap kartu kredit hilang, kamu perlu simak beberapa alasan penting para fresh graduate yang baru saja bekerja perlu punya kartu kredit yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber, antara lain: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Proses Pengajuan yang Cukup Mudah

form kartu kredit
Proses pengajuan yang cukup mudah

Sebagai produk perbankan yang diminati banyak orang, kartu kredit memiliki sejumlah aturan yang terbilang ketat, termasuk untuk syarat pengajuannya. Status karyawan tetap dan juga masa kerja minimal 1-2 tahun menjadi 2 poin yang tak bisa ditawar. 

Namun hal ini tidak lagi menjadi masalah, jika kamu ingin mengajukan kartu kredit sekarang. Saat ini sejumlah bank sudah menawarkan syarat pengajuan yang lebih ramah dan mudah dipenuhi oleh para calon pengguna kartu kredit, di mana kamu tidak perlu memenuhi kedua poin di atas ketika mengajukan kartu kredit pertamamu. 

Beberapa bank memungkinkan kamu mengajukan kartu kredit, meski kamu belum berstatus sebagai karyawan tetap dengan masa kerja yang panjang, apalagi jika ternyata kamu bekerja di sebuah perusahaan yang cukup ternama.

2. Mendapatkan Berbagai Penawaran Menarik

promo
Penawaran promo yang menarik

Belanja hemat menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu jalankan untuk menekan pengeluaran di masa-masa awal bekerja, dan kartu kredit bisa memberikan semua ini dengan lengkap. Kamu bisa menikmati berbagai penawaran menarik yang ditawarkan kartu kredit, mulai dari program diskon hingga promo di berbagai merchant pilihan terbaik. 

Bukan hanya untuk kebutuhan belanja saja, pada umumnya kartu kredit juga memiliki berbagai penawaran menguntungkan lainnya, seperti: tiket murah, trip perjalanan hemat, cash back, dan yang lainnya. Untuk menambah keuntungan lebih, kamu juga bisa mengumpulkan poin rewards setiap pembelanjaan yang kamu lakukan, yang nantinya poin-poin ini bisa kamu tukarkan dengan berbagai hadiah menarik. 

Baca Juga: Alasan Kuno Seseorang Ragu Gunakan Kartu Kredit, Ini Cara Mengatasinya

3. Belajar Disiplin Mengelola Keuangan

bayar tagihan
Belajar disiplin 

Bukan hanya dipakai secara terus-menerus saja, kartu kredit juga akan membebani kamu sejumlah tagihan, sesuai dengan pemakaian kamu setiap bulannya. Kamu wajib membayar tagihan ini sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh pihak bank. 

Jika tidak, kamu tentu akan dikenakan sejumlah denda dan biaya bunga tambahan. Artinya, kamu harus disiplin dan membiasakan diri untuk menggunakan dan membayar tagihan dengan tepat waktu. Hal ini akan membuat kamu belajar dengan baik untuk bisa selalu disiplin dalam mengelola keuangan.

4. Memiliki Rencana Keuangan yang Ketat dan Tertata

planning
Memiliki rencana keuangan yang ketat dan tertata 

Kartu kredit bisa membantu kamu memenuhi berbagai kebutuhan bulanan dengan baik sekaligus, tanpa perlu melakukan pembelian secara berulang. Produk keuangan ini bisa kamu gunakan untuk berbelanja kebutuhan pokok terlebih dahulu, bahkan meski kamu belum memiliki uang yang cukup untuk hal tersebut.

Selanjutnya, kamu hanya perlu melunasi tagihan dengan tepat waktu, sehingga tidak dikenai denda dan juga bunga. Hal ini akan membantu kamu membuat rencana keuangan yang lebih ketat dan tertata, di mana pengeluaranmu bisa ditekan dan berbagai kebutuhanmu terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: Manfaat Kartu Kredit: Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

5. Membangun Riwayat Kredit yang Baik

riwayat kredit
Membangun riwayat kredit yang baik

Meski baru saja bekerja dan belum memiliki banyak kebutuhan terkait layanan perbankan, namun kamu juga perlu membangun riwayat kredit yang baik di mata perbankan sejak sekarang. 

Hal ini penting, untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu kelak kamu membutuhkan layanan perbankan, seperti pengajuan KPR dan yang lainnya. Kartu kredit bisa membantu kamu membangun riwayat perbankan ini, terutama jika kamu selalu menggunakan produk ini dengan baik dan disiplin. 

Gunakan dengan Bijak

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari produk yang satu ini, salah satunya bisa membuat kondisi keuangan menjadi lebih baik. Hal ini bisa terwujud bila kamu menggunakan kartu kredit dengan bijak, mulai dari memprioritaskan kebutuhan hingga melakukan pembayaran tagihan dengan tepat waktu.

Baca Juga: Keuangan Makin Hemat Pakai Kartu Kredit, Cermati Promo Kartu Kredit Terbaru 2019