5 Alasan Yang Membuat Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak

Hampir semua biro perjalanan sudah memberikan asuransi perjalanan ketika Anda menggunakan jasa mereka. Namun, ada juga biro perjalanan yang memberikan pilihan kepada Anda untuk menggunakan produk asuransi perjalanan tersebut atau tidak, pastinya bila Anda tidak mau menggunakan asuransi tersebut, harga tiketnya akan lebih murah.

Sebaiknya, kami menyarankan Anda untuk tidak mudah terbuai dengan harga yang lebih murah tersebut dan mempertaruhkan keselamatan nyawa Anda. Asuransi adalah hal yang penting untuk Anda miliki untuk melindungi Anda dari masa-masa sulit di masa depan.

Setelah Anda memiliki asuransi perjalanan, Anda harus mengerti bagaimana cara melakukan claim apabila terjadi kecelakaan atau hal-hal yang merugikan Anda selama di perjalanan. Meski Anda sudah mengetahui caranya, tidak menutup kemungkinan bahwa pengajuan klaim Anda ditolak.

Oleh karena itu, ketahuilah 5 alasan yang membuat klaim asuransi perjalanan Anda ditolak berikut ini.

1. Tidak Segera Melaporkan Masalah

Segera Laporkan Masalah Anda via womenonbusiness.com

Segera Laporkan Masalah Anda via womenonbusiness.com

Apabila selama di perjalanan Anda merasakan sesuatu yang merugikan Anda atau membuat Anda berada dalam masalah, jangan menahan diri untuk melaporkan masalah tersebut kepada perusahaan asuransi perjalanan Anda. Perusahaan asuransi harus selalu siap siaga saat Anda melaporkan masalah sehingga masalah Anda dapat segera diselesaikan.

Tapi perusahaan asuransi tidak bisa memproses masalah Anda jika Anda menunda untuk melaporkan masalah Anda hingga melewati batas waktu yang sudah ditentukan. Jadi, langsung sesegera mungkin hubungi agen asuransi perjalanan Anda ketika ada hal-hal yang merugikan atau membuat Anda dalam masalah.

2. Masalah Anda Di Luar Proteksi

Masalah Diluar Proteksi via kinja-img.com

Masalah Diluar Proteksi via kinja-img.com

Tentunya di sini Anda harus teliti sebelum bertindak. Cari tahu dengan seksama musibah atau masalah apa saja yang tercakup dalam proteksi asuransi perjalanan Anda. Proteksi yang diberikan oleh asuransi perjalanan kepada Anda tergantung pada masalah atau musibah apa saja yang termasuk dalam proteksinya.

Jadi sebelum melaporkan masalah Anda, ada baiknya untuk meneliti lebih lanjut tentang asuransi perjalanan Anda. Pihak asuransi tidak akan memberikan proteksi jika masalah yang Anda laporkan tidak termasuk dalam daftar proteksi mereka.

Baca Juga: 3 Asuransi yang Minimal Wajib Anda Miliki

3. Dokumen Pendukung Tidak Lengkap

Lengkapi Dokumen Pendukung via opconventioncenter.com

Lengkapi Dokumen Pendukung via opconventioncenter.com

Untuk mengajukan klaim asuransi perjalanan, ada beberapa dokumen pendukung yang harus Anda lengkapi. Setiap masalah atau musibah yang ingin Anda klaim ke asuransi memiliki persyaratan dokumen pendukung yang berbeda-beda, jadi Anda harus mengetahui apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan laporan klaim.

Cara untuk mengetahuinya adalah dengan menghubungi agen asuransi atau mengecek polis asuransi Anda. Kelengkapan dokumen pendukung adalah syarat yang harus Anda penuhi supaya pengajuan klaim bisa diterima. Jika dokumen pendukung Anda tidak lengkap maka kemungkinan besar pengajuan klaim asuransi itu akan ditolak.

4. Terlambat atau Tidak Membeli Polis

Beli Polis Asuransi Perjalanan via dailyreport.com

Beli Polis Asuransi Perjalanan via dailyreport.com

Biasanya ketika Anda membeli tiket transportasi ke biro perjalanan, Anda akan langsung mendapatkan asuransi perjalanan. Tapi Anda juga bisa tidak membeli asuransi perjalanan tersebut. Apabila Anda memilih untuk tidak membeli asuransi perjalanan, maka Anda tidak bisa mengajukan klaim asuransi.

Oleh karena itu jangan sepelekan asuransi perjalanan dan lebih baik milikilah asuransi ini bahkan sebelum Anda bepergian dengan keluarga atau teman Anda. Pembelian asuransi perjalanan yang terlambat juga akan berdampak pada penolakan pengajuan klaim nantinya.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kendaraan Untuk Anda

5. Alasan Klaim Yang Tidak Logis

Alasan Klaim Harus Logis via dschool.stanford.edu

Alasan Klaim Harus Logis via dschool.stanford.edu

Penggunaan klaim asuransi memang bisa menjadi sumber keuntungan bagi Anda. Hanya dengan mengajukan klaim atas musibah atau masalah yang Anda alami, maka Anda akan menerima biaya ganti rugi dari asuransi. Oleh karena itu, untuk menghindari praktek kecurangan, maka pihak asuransi mengharuskan Anda untuk memberikan alasan yang masuk akal saat mengajukan klaim.

Apabila kerugian yang Anda alami hanya disebabkan oleh hal yang sepele, maka pihak asuransi kemungkinan besar akan tidak menanggapi pengajuan Anda dan menolaknya. Jadi, jika mau mengajukan klaim, milikilah alasan yang logis dan jelas.

Bepergian Jadi Aman

Asuransi perjalanan merupakan bentuk proteksi pada keamanan dan kenyamanan Anda di masa depan selama bepergian. Kemungkinan terjadinya hal-hal yang merugikan, seperti musibah, kecelakaan, atau terkena penyakit selama perjalanan akan selalu ada, jadi memiliki asuransi perjalanan adalah hal yang sangat penting untuk Anda. Dengan menggunakan asuransi perjalanan, bepergian bersama orang-orang tercinta jadi aman.

Baca Juga: Klaim Asuransi Ditolak, Ini 10 Alasannya!