5 Aplikasi Yang Mempermudah Kamu Mengelola Pengeluaran

Uang akan datang dan pergi tanpa bekas jika kamu tak bisa mengelolanya dengan tepat. Belanja yang kita lakukan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan akan menguap begitu saja. Begitupun dengan uang yang kamu simpan di tabungan, jika pengelolannya berantakan maka akan menghilang begitu saja. Takut mengalami itu? Ada kabar baik untuk kalian semua, karena kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu mengelola keuangan agar tetap rapi dan sesuai tujuan.

Teknologi berupa aplikasi atau perangkat lunak tersebut bisa di-install di smartphone atau gadget lain sehingga kamu menjadi mudah melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan di sana. Tinggalkan cara lama dengan mencatat anggaran di jurnal harian, karena sudah sangat kuno, rentan hilang, rusak, dan belum tentu di baca. Lagipula, di zaman sekarang, pastinya kita sudah tak bisa terpisahkan dari ponsel. Apa saja perangkat lunak yang bisa kamu coba? Berikut ulasannya:

1. Mint

Tampilan Mint

Tampilan Mint via amazonaws.com

 

Mint adalah salah satu aplikasi popular di smartphone untuk sistem operasi Android, serta sistem operasi lainnya yang berguna untuk melacak pengeluaran kamu. Menariknya, aplikasi ini bisa didapat secara cuma-cuma alias 100% gratis! Data yang tersimpan dalam aplikasi ini berupa akun cloud sehingga bisa diakses kapan saja menggunakan perangkat lain seperti laptop. Tentunya asalkan kamu terkoneksi dengan jaringan internet.

Bahkan, aplikasi ini juga bisa digunakan pada system operasi Linux juga loh. Cara kerja Mint adalah dengan menyimpan data semua transaksi yang kamu buat dan saldo uang yang kamu punya. Jadi, yuk diunduh aplikasinya!

Baca Juga: Uang Elektronik, Apa Keuntungan Menggunakannya?

2. Quicken

Tampilan Quicken

Tampilan Quicken via lh6.ggpht.com

 

Aplikasi ini, dulunya sangat popular digunakan pada komputer desktop. Namun, seiring dengan kemajuan zaman, kini Quicken hadir untuk versi smartphone juga. Selain punya, fitur yang menarik, aplikasi ini juga punya keunggulan lain karena bisa digunakan untuk menyimpan struk belanja kamu. Tidak cuma itu, Quicken juga bisa dihubungkan dengan aplikasi di desktop dan ada fasilitas proteksi dengan password enkripsi. Keren bukan? Jadi informasi transaksi yang kamu lakukan tetap aman karena tak bisa diakses orang lain.

3. iSpending

Tampilan iSpending

Tampilan iSpending via mzstatic.com

 

Aplikasi ini memberikan kemudahan lebih lengkap karena menyajikan fitur laporan grafis atas belanja dan pengeluaran yang kamu buat. Sayangnya, berbeda dengan Quicken, aplikasi ini tak bias digunakan untuk menyimpan struk belanja dan dihubungkan dengan desktop di personal komputer.

Jadi kamu hanya bisa mengakses aplikasi ini di perangkat smartphone saja. Meskipun begitu, iSpending akan memberi kamu informasi tentang total pengeluaran harian sesuai dengan total kebutuhan dasar orang pada umumnya. Selain itu, kamu juga bisa melacak ringkasan jumlah pendapatan loh.

4. Visual Budget Expense Tracking and Management

Tampilan Visual Budget

Tampilan Visual Budget via kiwiobjects.com

 

Aplikasi yang satu ini dapat mengelola keuangan untuk kategori individu maupun akun keuangan untuk beberapa orang. Mengapa harus menggunakan aplikasi ini? Karena dia akan memberi kamu kemudahan untuk melihat tiap katagori pengelolaan keuangan. Salah satu keunggulan dari Visual Budget adalah sudah melengkapi informasi yang diberikan dengan diagram kue, sehingga bisa memudahkan kamu membaca data keuangan.

Meski namanya panjang dan aneh, Visual Budget bisa mengelola 10 akun transaksi sekaligus lho! Aplikasi ini dapat kamu akses dengan membelinya seharga USD 5 atau sekitar Rp65 ribu (kurs USD 1 = Rp13.000) untuk akses unlimited alias tidak terbatas.

Baca Juga: Cara Cerdas Mengatur Keuangan Untuk "Single Mom"

5. Spending Tracker

Tampilan Spending Tracker

Tampilan Spending Tracker via ggpht.com

 

Aplikasi ini punya tampilan antarmuka yang ramah produk apapun, menyenangkan dan mudah digunakan. Dengan begitu, kamu bisa lebih bersemangat dalam mengelola pengeluaran setiap hari. Beberapa fitur yang dimiliki Spending Tracker antara lain budgeting, spending, sampai reporting laporan keuangan semuanya tersedia.

Mau menggunakan Spending Tracker? Siapkan saja dana senilai USD 2.99 atau sekitar Rp39 ribu untuk mendownloadnya di toko aplikasi. Meski tidak gratis, kamu sudah tidak perlu meng-upgrade aplikasi ini lagi.

Baca juga: 5 Fasilitas Online Terbaik untuk Memasarkan Bisnis Anda

Mengelola Keuangan Sudah Semakin Mudah

Seiring dengan kemajuan zaman, kita juga akan semakin mudah dalam mengelola keuangan. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi di atas. Bagi yang sudah terbiasa dengan gaya hidup boros, sebagai langkah awal, mulai saja dengan mengunduh perangkat lunak tersebut di perangkat mobile kamu. Lalu gunakan dan rasakan betapa mudahya pengelolaan keuangan di sana.

Lama-lama kamu pasti akan terbiasa dengan pengelolaan keuangan yang lebih terencana. Sehingga kedepannya uang didapat akan lebih tepat guna.