5 Cara Ampuh Dalam Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Bagaimana kondisi keuangan rumah tanggamu sekarang? Apakah kamu sudah merasakan masalah keuangan karena harga barang-barang yang semakin mahal? Ya, memang hal ini sangat menyulitkan semua orang, terlebih lagi dengan tidak seimbangnya kenaikan gaji dengan kenaikan harga barang tersebut. Gaji yang dulunya cukup untuk hidup layak terasa sangat kecil saat ini. Atas kenyataan itu, kamu terpaksa harus menghemat pengeluaran rumah tanggamu.

Mungkin kamu sudah sering bertanya kepada orang lain yang lebih ahli tentang bagaimana cara untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Mungkin kamu sudah bertanya kepada orang lain tentang hal itu dan kebanyakan dari mereka hanya memberikan cara-cara yang dirasa kurang praktis, seperti kendalikan keinginan belanjamu dan utamakan untuk membeli kebutuhan daripada keinginan. Kedua cara di atas sangatlah benar dan memang harus banget kamu lakukan kalau mau menghemat pengeluaran rumah tangga, tapi bagaimana cara praktis dalam melakukannya?

Sebenarnya ada banyak cara mudah yang ampuh untuk menghemat pengeluaran rumah tangga, namun sayangnya cara-cara ini seringkali terlupakan. Ini dia caranya.

1. Berbelanja di Pasar Tradisional

Belanja di Pasar Tradisional via whatsnewjakarta.com

Belanja di Pasar Tradisional via whatsnewjakarta.com

 

Saat ini, kemanapun kamu pergi, pasti selalu ada yang namanya supermarket. Keberadaan mereka yang banyak dan terbilang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari membuat kamu memilih untuk berbelanja disana, apalagi dengan kenyamanan tempat belanjanya yang bersih dan ber-AC, berbeda dengan pasar tradisional yang kotor. Ditambah lagi dengan berbagai promosi yang mereka tawarkan bagi konsumennya sehingga kamu semakin tertarik untuk berbelanja disana dan tidak mau belanja di pasar tradisional.

Nah, kebiasaan inilah yang membuat kamu semakin sulit untuk menghemat pengeluaran rumah tanggamu. Harga yang dipatok untuk barang yang sama di supermarket umumnya lebih mahal daripada di pasar tradisional. Perbedaan harganya bisa saja sedikit ataupun banyak, sehingga akan berpengaruh pada besarnya pengeluaranmu. Jadi kalau mau menghemat pengeluaran, berbelanja di pasar tradisional saja.

2. Hemat Pemakaian Listrik

Hemat Listrik, Hemat Uang via mentor.com

Hemat Listrik, Hemat Uang via mentor.com

 

Pengeluaran untuk listrik bisa dibilang cukup besar dalam pengeluaran rumah tangga. Semakin banyaknya kebutuhan barang yang menggunakan energi listrik dan semakin meningkatnya harga tarif listrik saat ini menjadi salah satu penyebab pengeluaran kamu untuk pos ini membengkak.

Cara untuk menguranginya sangat mudah, yaitu dengan menghemat pemakaian listrik di rumahmu. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan penghematan listrik.

- Pilihlah produk-produk yang hemat energi

Banyak produk-produk yang mengusung keunggulan hemat energi. Kamu bisa memanfaatkan produk tersebut untuk membantu kamu dalam menghemat pemakaian listrik di rumah. Biasanya memang harga produk yang hemat energi lebih mahal dibanding yang biasa, tapi penghematan pemakaian listrik yang diberikan akan lebih menguntungkan.

- Disiplin dalam menggunakan listrik

Perilaku disiplin memiliki dampak yang signifikan pada biaya listrik yang kamu bayarkan setiap bulannya. Tindakan seperti mematikan lampu saat keluar ruangan, mematikan AC saat tidak diperlukan, mematikan TV saat tidak ingin nonton, dan tindakan disiplin lainnya harus mulai dilakukan oleh setiap orang di rumahmu. Cara ini sudah terbukti ampuh untuk menghemat listrik dan pastinya menghemat pengeluaran rumah tanggamu.

3. Minimalisir Biaya Transportasi

Hemat Biaya Transportasi via mobilitylab.org

 Hemat Biaya Transportasi via mobilitylab.org

 

Sepertinya sudah hampir semua orang di kota besar memiliki kendaraan, baik itu motor ataupun mobil. Di kota besar, memiliki kendaraan pribadi memang diperlukan untuk memudahkan kamu bertransportasi. Namun, dengan memiliki kendaraan, pengeluaran rumah tanggamu juga jadi bertambah, karena adanya biaya servis, bensin, tol, dan parkir. Yang bisa kamu lakukan untuk berhemat adalah pemakaian kendaraan untuk jarak-jarak yang bisa diraih dengan berjalan kaki atau gunakan sepeda. Selain hemat, kamu juga lebih sehat.

Tapi untuk kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi, jangan senang dulu, karena biaya transportasi bisa jadi sumber pengeluaran yang menguras keuanganmu loh. Sekarang sangat banyak pilihan transportasi yang bisa kamu pakai. Mulai dari ojek, bis, angkot, Transjakarta, taksi, dan kereta bisa kamu gunakan tergantung kebutuhanmu. Tentu saja, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri, nah kamu harus pandai-pandai memilih transportasi mana yang cocok untuk kamu pakai ke tempat tujuanmu. Biaya transportasi menggunakan taksi biasanya lebih mahal dibanding jenis lainnya karena kenyamanan yang ditawarkan. Tapi menggunakan taksi juga kadang diperlukan. Oleh karena itu, cerdaslah dalam memilih transportasi umum.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Biaya Transportasi

4. Miliki Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat Bikin Hemat via huffingtonpost.com

Hidup Sehat Bikin Hemat via huffingtonpost.com

 

Siapa bilang kalau hidup sehat gak bisa hemat? Justru dengan bergaya hidup sehat, kamu bisa menghemat pengeluaranmu loh. Kamu harus tahu bahwa biaya kesehatan itu tidak murah. Biaya perawatan di rumah sakit itu tidak murah, bahkan untuk obat-obatan yang kamu beli, meski terlihat murah namun jika sering dibutuhkan akan jadi mahal. Jika kamu memiliki gaya hidup sehat, kamu akan bisa meminimalisir kemungkinan terkena sakit sehingga biaya untuk kesehatan juga jadi berkurang.

5. Kurangi Hangout

Kurangi Hangout via huffpost.com

Kurangi Hangout via huffpost.com

 

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang saat ini adalah keseringan hangout. Pergi nongkrong bersama teman-teman memang diperlukan sebagai bagian dari bergaul, tapi bukan berarti kamu harus melakukannya setiap hari. Mengapa? Karena ketika hangout kamu pasti akan mengeluarkan uang, berapapun nominalnya tetap saja itu uang.

Baca Juga: 4 Aplikasi Transportasi Publik Yang Menghemat Uang dan Waktu

Tersebarnya café dimana-mana menjadi pemicu bagi banyak orang untuk sering nongkrong. Meskipun kamu hanya membeli secangkir kopi saja disana yang harganya berkisar Rp20 ribuan, tapi jika dilakukan setiap hari dalam sebulan, kamu sudah mengeluarkan uang Rp600 ribu. Itu hanya untuk secangkir kopi loh, belum ditambah dengan cemilan. Jadi terbayangkan betapa mahalnya pengeluaran untuk hangout? Kalau mau hemat, ayo kurangi kebiasaan hangout-mu ya.

Hemat Pangkal Kaya

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk kaya, tapi tidak semua orang mau untuk berhemat. Kami yakin bahwa kamu pasti ingin agar rumah tanggamu bisa terus hidup sejahtera secara finansial, jadi kamu harus bisa menghemat pengeluaran rumah tangga dengan cara-cara mudah di atas. Ingat untuk mencapai cita-citamu, kamu harus berusaha dan mengorbankan beberapa hal. Tapi yakinlah bahwa semua itu akan sebanding dengan masa depan cerah yang menantimu. Jangan lupa ya, hemat pangkal kaya! 

Baca juga: 5 Langkah Mengatur Keuangan Rumah Tangga