5 Cara Jitu Cegah Penipuan Saat Ingin Ikut Open Trip Traveling

Jasa open trip menjadi banyak pilihan para traveler untuk liburan ke suatu tempat. Selain lebih mudah dalam menyiapkan segala kebutuhan, jasa open trip juga cenderung menawarkan biaya yang lebih murah dibanding melakukan traveling sendiri.

Dengan menggunakan jasa open trip ini, Anda hanya tinggal bayar dan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengurusi semuanya. Sebab penyedia jasa open trip tersebut sudah mengaturnya dengan baik mulai dari transportasi, jadwal keberangkatan dan pulang, pemandu wisata, makan, dokumentasi, dan sebagainya. Banyaknya kemudahan itulah yang membuat para traveler tertarik menggunakan jasanya.

Namun sayang, ada saja oknum penipuan yang mengatasnamakan jasa open trip saat traveling. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih jasa open trip. Agar tidak menjadi korban, tak ada salahnya simak cara jitu mencegah penipuan ketika ingin ikut open trip.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilih Open Trip yang Terpercaya

terpercaya
Pillih yang terpercaya

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menggunakan jasa open trip adalah memilih jasa open trip yang terpercaya. Biasanya jasa open trip memiliki rekam jejaknya di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, youtube dan website, bahkan saking bagus dan terpercayanya tak sedikit orang yang merekomendasikan jasa open trip tersebut kepada saudara atau teman yang ingin pergi liburan.

Tak ada salahnya cek juga beberapa testimoni terkait perjalanan yang sudah dilakukannya. Ini bisa Anda lihat pada postingan media sosialnya atau pada kolom tertentu yang terdapat di website. Perhatikan komentar pelanggan tersebut apakah banyak yang memberikan tanggapan positif atau justru sebaliknya.

2. Pilih Pemandu Wisata dari Jasa Open Trip

Untuk urusan pemandu wisata juga jangan sembarangan atau menganggap remeh. Lebih amannya gunakan jasa pemandu wisata yang disediakan oleh pihak jasa open trip yang sudah resmi dan biasanya sudah termasuk dalam paket perjalanan.

Hindari tawaran dari pemandu wisata yang tak dikenal di luar agen jasa open trip. Ini dilakukan untuk menghindari risiko penipuan. Apabila memiliki teman yang bekerja di bidang pariwisata, bisa tanyakan dia pemandu wisata yang recomended untuk memandu Anda selama di perjalanan.

3. Pilih Pemandu Wisata yang Berpengalaman

tour guide
Pilih pemandu wisata yang berpengalaman

Saat traveling mengunjungi tempat-tempat indah, pastinya selalu menjadi dambaan setiap perjalanan yang seru dan mengasyikan. Tapi apa jadinya kalau ternyata pemandu wisata hanya membawa Anda berkeliling ke tempat-tempat yang biasa saja, padahal ada objek-objek menarik lainnya?

Untuk itu, pilihlah pemandu wisata yang memiliki banyak pengalaman. Seorang pemandu wisata yang berpengalaman tentu saja menguasai betul tempat-tempat seru yang patut dikunjungi sebagai objek wisata. Mintalah rekomendasi dari teman atau saudara yang sering melakukan traveling menggunakan pemandu wisata. Jangan lupa juga lihat rekam jejaknya di akun media sosial miliknya.

4. Hindari Jasa Open Trip yang Tanggal Keberangkatan Tidak Jelas

Sebelum memutuskan untuk memilih jasa open trip, cermati hal-hal penting seperti tanggal keberangkatan. Jasa open trip yang bagus biasanya sudah mengatur jadwal keberangkatan dan kepulangan sedetail mungkin. Informasi ini bisa didapatkan pada media sosial mereka atau website resminya.

Namun sebaliknya, jasa open trip yang tidak terpercaya justru tidak memberitahukan secara jelas menyoal tanggal liburan. Mereka hanya menawarkan lokasi-lokasi tujuan, harga murah dan segala kesenangan semata.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

5. Waspada Jika Harga Terlalu Rendah

harga murah
Waspada jika harga terlalu rendah

Jangan tergiur iming-iming harga open trip yang sangat amat murah. Bisa saja itu sebuah penipuan. Cek terlebih dahulu harga pasaran berlibur ke suatu tempat di tiap-tiap jasa open trip. Jika ada yang menawarkan jauh di bawah harga pasaran, Anda patut curiga.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Untuk Memulai Bisnis Travel Online yang Sukses

Cerdas Memilih sebelum Traveling

‘Bukannya bisa menikmati liburan dengan tenang dan nyaman, justru ditipu ratusan ribu hingga jutaan rupiah’. Begitulah cetolehnya bila seseorang yang menjadi korban penipuan jasa open trip. Penipuan tersebut tentu bisa saja dihindari dengan mudah, asalkan Anda benar-benar menyeleksi jasa open trip dengan cerdas.

Jika sudah terlanjur menjadi korban penipuan, segera lapork hal tersebut ke pihak yang berwajib untuk ditindak lebih lanjut, sehingga para pelaku tidak akan mengulangi kesalahannya dan tidak ada korban penipuan lagi.

Baca Juga: 6 Tipe Traveling bagi Traveller Minim Budget, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?