5 Cara Mudah Membiasakan Diri Lakukan Olahraga Rutin di Pagi Hari

Melakukan olahraga secara rutin setiap pagi tentunya sangat baik dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Selain itu, kegiatan ini juga dipercaya bisa memberikan dampak positif yang sangat berpengaruh terhadap aktifitas yang akan dilakukan sepanjang hari. Salah satunya menjaga mood tetap baik saat bekerja, sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Namun, bagi sebagian orang beranggapan melakukan olahraga bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ada beberapa faktor yang menjadi penghalang kegiatan yang menyehatkan tersebut, diantaranya sulitnya bangun pagi dan rasa malas yang ada pada diri sendiri.

Bila Anda menginginkan kondisi tubuh yang sehat tentunya merubah kebiasaan buruk perlu dilakukan. Tidak terlalu sulit, berikut ini ada beberapa cara mudah membiasakan diri olahraga rutin setiap pagi yang bisa diterapkan secara bertahap.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Rencanakan Sejak Awal dengan Matang

rencana olahraga
Rencanakan Olahraga Sejak Awal dengan Matang

Tubuh yang sehat dan bugar secara alami tentunya tidak bisa diraih secara instan. Butuh proses yang perlu dilakukan, yaitu dengan memperhatikan pola hidup yang sehat, salah satunya dengan lakukan olahraga secara rutin. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka rencakanan kegiatan ini sejak awal dengan matang. Jika tidak direncanakan, bisa saja olahraga hanya menjadi sebuah wacana yang belum pasti akan terlaksana atau tidak.

Pastikan, Anda telah menentukan olahraga apa saja yang akan dijalani. Misalnya saja, lakukan olahraga ringan seperti jogging di sekitar lingkungan rumah pada hari Senin hingga Jum’at dan saat weekend pilihlah olahraga yang memiliki beban lebih berat, seperti gym dan sebagainya.

Baca Juga: Kenapa Olahraga di Gym Itu Menguntungkan? Ini Jawabannya

2. Persiapkan dengan Baik Sejak Malam Harinya

peralatan olahraga
Persiapkan Peralatan atau Perlengkapan Olahraga Sejak Malam Hari

Olahraga apa yang akan dilakukan di pagi hari, dan peralatan atau perlengkapan apa saja yang akan mendukung olahraga tersebut? Pastikan mempersiapkan berbagai peralatan atau perlengkapannya yang dibutuhkan pada malam harinya, sehingga ketika bangun pagi, Anda sudah siap olahraga dan tentu tidak perlu repot lagi menyiapkan segala sesuatunya. Hal ini akan membuat lebih nyaman dan menyenangkan saat memulai kegiatan olahraga keesokan harinya.

3. Istirahat Cukup dan Tidur Lebih Awal

istirahat
Istirahat Cukup dan Tidur Lebih Awal

Rutinitas pagi yang akan dijalani sangat ditentukan oleh aktifitas yang dilakukan pada malam sebelumnya, termasuk jam istirahat atau tidur yang dimilki. Jika ingin bangun dalam kondisi yang fit dan siap berolahraga, maka setidaknya persiapkan tubuh untuk istirahat dengan cukup selama 7 hingga 8 jam pada malam harinya.

Saat tubuh telah fit dan bangun dari tidur, maka Anda akan siap untuk memulai pagi dengan berbagai macam aktifitas, termasuk dengan kegiatan olahraga di pagi hari. Bukan hanya itu saja, jam tidur yang cukup ini juga akan sangat membantu tubuh tetap fit sepanjang hari, meskipun Anda memiliki segudang aktifitas yang berat.

Upayakan untuk selalu tidur lebih awal dan mendapatkan jam tidur yang cukup, sehingga kegiatan olahraga Anda bisa sukses di pagi hari.

Baca Juga: Lakukan Hal ini Sebelum Jam 8 Pagi, dan Lihat Perubahannya

4. Buat Jadwal yang Menyenangkan

olahraga menyenangkan
Buatlah Jadwal yang Menyenangkan

Meski olahraga dilakukan secara rutin, namun bukan berarti Anda harus melakukannya sesuai jadwal yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini akan membuat bosan dan bisa saja Anda memutuskan untuk berhenti berolahraga.

Hindari kondisi seperti ini dengan cara yang tepat, yakni dengan membuat jadwal olahraga yang menyenangkan dan tidak membosankan. Cobalah memilih waktu yang tepat, misalnya 3 sampai 4 kali dalam seminggu, lalu di luar hari tersebut lakukan aktifitas seperti biasanya.

5. Sesuaikan dengan Jadwal Lainnya

sesuaikan waktu
Sesuaikan dengan Jadwal Lainnya

Olahraga di pagi hari akan menjadi sesuatu yang seharusnya bisa mendukung kelancaran berbagai aktifitas sepanjang hari, bukan justru sebaliknya yang membuat olahraga pagi membuat Anda mengalami kelelahan yang berlebihan.

Pilih waktu dan durasi yang tepat saat berolahraga, sehingga berbagai aktifitas lain yang dijalan bisa berjalan seperti pada biasanya tanpa adanya gangguan.Selain waktu olahraga yang perlu diperhatikan, Anda juga harus mampu membagi waktu untuk melakukan aktifitas lainnya di pagi hari, seperti: sarapan, mandi, atau bahkan berangkat ke kantor dengan santai dan tidak terburu-buru.

Nikmati dengan Cara yang Tepat

Olahraga di pagi hari bukanlah sebuah hal yang sulit dilakukan, tentunya jika memiliki kemauan hidup sehat dan juga cara yang tepat saat melakukannya. Misalnya saja, dengan mengajak saudara atau teman atau sambal mendengarkan deretan lagu favorit. Dengan begitu, selain olahraga yang dijalankan akan terasa sangat menyenangkan, tubuh juga menjadi semakin sehat dan bugar.

Baca Juga: Cara Sehat di Masa Depan dengan Sehat Mulai dari Sekarang