5 Cara Mudah Menjaga Berat Badan Tidak Naik selama Liburan

Berlibur identik dengan berbagai kegiatan santai dan menyenangkan, termasuk berbagai makanan lezat yang akan melengkapi perjalanan liburan dengan sempurna. Saat berlibur ke satu destinasi, maka kamu akan disuguhi berbagai menu makanan yang unik dan seringkali terasa menggoda.

Menikmati liburan sambil mencicipi beragam kuliner yang baru dan lezat memang menjadi aktifitas yang menyenangkan, terutama saat berkunjung ke salah satu destinasi liburan untuk pertama kalinya. Namun jika tidak dikontrol dengan baik, maka bisa saja selama liburan justru mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Pulang liburan dengan masalah berat badan, ini tentu hal yang tidak menyenangkan, bukan?

Pastikan kamu memiliki cara yang tepat untuk menjaga berat badan selama liburan, agar tidak mengalami kenaikan. Meski berbagai makanan di tempat liburan begitu menggoda, namun kamu tetap perlu waspada dan menjaga pola makan selama berlibur nanti, sehingga berat badan tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan.

Simak 5 cara berikut ini, yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan selama liburan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Patuhi Jam Makan

 

Atur Jam Makan
Atur Jam Makan dengan Baik

Saat berlibur, kebanyakan orang justru memiliki pola makan yang berantakan dan tidak teratur, meskipun pada dasarnya sedang bersantai dan memiliki banyak waktu untuk kegiatan yang satu ini. Pastikan kamu tidak mengalami hal ini, sebab justru bisa membuat kamu mengkonsumsi lebih banyak makanan akibat pola makan yang tidak teratur ini.

Makan di saat tepat (sesuai jam makan) akan membuat tubuh memiliki metabolisme yang stabil, sehingga kamu tidak membutuhkan banyak camilan atau bahkan minuman ringan selama perjalanan, akibat terlalu sering menunda jam makan.

Makanlah di saat yang tepat sesuai dengan jam makan biasanya, sehingga kamu tetap sehat dan tidak mengkonsumsi berbagai makanan pengganti berupa camilan dan yang lainnya, sebab berbagai makanan ini bisa saja membuat berat badan naik.

 

Baca Juga: Lakukan Hal ini Sebelum Jam 8 Pagi, dan Lihat Perubahannya

2. Perbanyak Air Mineral dan Hindari Soft Drink

 

Banyak Minum Air Putih
Banyak Minum Air Putih

Selama liburan, kamu tentu akan disibukkan dengan berbagai kegiatan yang padat dan menguras energi. Tubuh akan membutuhkan banyak cairan, khususnya air mineral. Pastikan mengkonsumsi air mineral ini dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan beragam aktifitas yang kamu lakukan. Hindari juga berbagai minuman soft drink, sebab jenis minuman ini mengandung banyak gula dan kalori. Bukan hanya membuat berat badan naik, namun soft drink juga bisa saja membuat pengeluaran membengkak.

3. Pilih Camilan Sehat

 

Lebih Memilih Camilan Sehat
Lebih Memilih Camilan Sehat

Berlibur dengan ditemani camilan yang lezat merupakan pilihan banyak orang, barangkali kamu salah satunya. Tak ada salahnya mengkonsumsi camilan, selama bisa memilih jenis camilan yang sehat dan mengandung gizi berimbang bagi tubuh. Pastikan kamu juga mengkonsumsi camilan ini dalam jumlah yang wajar saja dan tidak berlebihan.

4. Wisata Kuliner yang Cerdas

 

Melakukan Wisata Kuliner tanpa Menghabiskan Terlalu Banyak Budget
Melakukan Wisata Kuliner tanpa Menghabiskan Terlalu Banyak Budget

Selama liburan, kamu tentu ingin menikmati momen wisata kuliner yang menyenangkan. Liburan selalu identik dengan beragam menu baru dan juga menarik, sehingga sering menjadi godaan tersendiri.

Agar aman, pastikan melakukan wisata kuliner ini dengan cerdas, yakni dengan memilih jenis kuliner yang tepat dan sesuai dengan selera kamu. Pilih jenis kuliner yang kamu inginkan dan sesuai dengan budget, agar berat badan dan juga keuangan tetap aman selama liburan.

5. Tetap Olahraga

 

Tetap Berolahraga
Tetap Berolahraga

Jika di rumah kamu terbiasa berolahraga secara teratur, maka sangat penting untuk tetap melakukan aktifitas yang satu ini selama liburan. Aktifitas olahraga yang dihentikan secara mendadak, bisa saja memicu perubahan metabolisme tubuh, sehingga kamu mengkonsumsi lebih banyak makanan dan membakar lebih sedikit kalori. Hindari hal ini, sebab bisa membuat berat badan naik selama liburan.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan

Lakukan Kebiasaan Sehat selama Liburan

Menjaga berat badan tetap stabil selama liburan merupakan hal yang terbilang sulit untuk sebagian orang. Lakukan berbagai kebiasaan sehat yang akan membuat tubuh fit dengan berat badan yang tetap stabil, sehingga aktifitas liburan bisa dinikmati dengan nyaman. Hal ini akan menghindarkan kamu dari masalah kesehatan, termasuk masalah kenaikan berat badan selama berlibur.

Baca Juga: Tips Mengurangi Kebiasaan ‘Workaholic’