5 Fakta Menarik Asian Games 2018, Cek Harga Tiket dan Cara Belinya!

Tak terasa penyelenggaraan Asian Games 2018 yang diadakan di kedua kota Indonesia, yaitu Jakarta dan Palembang sebentar lagi akan tiba. Dalam waktu sebulan lebih lagi (18 Agustus – 2 September 2018), kini pemerintah masih dalam tahap menyiapkan hal – hal pendukung Asian Games ke-18 ini.

Asian Games kali ini ikut sertakan 45 negara, dengan 37 cabang olahraga yang dibagi menjadi tiga bagian diantaranya, 28 cabang olahraga Olimpiade, 4 cabang olahraga Asia dan 5 cabang olahraga lain yang merupakan hasil usulan dari Indonesia selaku tuan rumah.

Disamping sebagai ajang kompetisi olahraga, Asian Games juga memberikan dampak positif bagi Indonesia, salah satunya bisa lebih memperkenalkan Indonesia di mata internasional. Maka, tak heran bila pemerintah melakukan pembenahan secara total di kedua kota tersebut.

Pembenahan akan diawasi dan dievaluasi langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo agar prosesnya mengusung prinsip efektif, efisien, transparan dan penuh tanggung jawab, walaupun persiapan yang dilakukan harus cepat sebab mengejar waktu yang tersisa.

Melihat penyambutan Asian Games 2018 yang luar biasa, mari kita lihat ada fakta menarik apa saja yang terdapat pada ajang olahraga se-Asia Tenggara.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. 3 Maskot Asian Games 2018

Pastinya sudah banyak yang melihat spanduk Asian Games 2018 yang di pasang di sepanjang. Bila dilihat pada spanduk, tak hanya terdapat tulisan Asian Games dan waktu pelaksanannya saja, tapi yang menjadi sorotan adalah adanya 3 gambar yang lucu yang dijadikan sebagai maskot Asian Games 2018.

Seperti yang dilihat, maskot Asian Games 2018 sangatlah istimewa, sebab ketiga gambar merupakan hewan khas Indonesia seperti burung Cendrawasih, Rusa Bawean dan Badak Bercula Satu yang dikemas dengan tampilan menarik dan menggambarkan kesan ramah, sehingga tak heran bila tampak menggemaskan bila dipandang.

Selain itu, ketiga hewan yang dijadikan maskot tersebut memiliki nama yang sangat unik, diantaranya burung cendrawasih diberi nama Bhin Bhin, Rusa Bawean dengan nama Atung dan Badak Bercula Satu diberi nama Kaka. Jadi, bila ketiga nama tersebut digabungkan maka akan menjadi Bhineka Tunggal Ika.

Hal tersebutlah yang manjadikan 3 maskot Asian Game 2018 memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu sebuah semboyan yang menggambarkan rakyat Indonesia walau berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

2. Theme Song Asian Games 2018

Dilansir dari web resmi Asian Games 2018, bahwa panitia pelaksana Asia Games 2018 telah meluncurkan Offical Theme Song yang diberi judul Meraih Bintang. Lagu Meraih Bintang ini digarap langsung oleh Pay Siburian sang produser kondang.

Lagu tersebut dinyanyikan langsung oleh salah satu penyanyi dangdut cantik yang saat ini sedang naik daun, yaitu Via Vallen. Artinya, Meraih Bintang sudah otomatis lagu yang beraliran dangdut modern. Berkat talenta dan popularitasnya yang mempengaruhi musikalitas di Indonesia, produser berharap Via Vallen mampu mengajak seluruh masyarakat Indonesia berpesta dan bergoyang bersama menyambut Asian Games 2018.

Baca Juga: Peluang Usaha Laris Manis Jelang ASIAN GAMES 2018

3. Anggaran Mencapai 30 Triliun

Banyaknya yang harus dibenahi membuat anggaran yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Hal ini juga disebutkan Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden bahwa anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur dan fasilitas lebih besar jika dibandingkan dengan penyelenggaran Asian Games 2018 sendiri, yaitu dengan total mencapai Rp 30 triliun. Berikut rincian anggaran yang dijabarkan Jusuf Kalla:

  • Biaya infrastruktur hampir Rp 7 triuliun
  • Renovasi fasilitas Jakarta-Palembang Rp 3 triliun
  • Pembangunan infrastruktur trasportasi Jakarta Rp 10 triliun
  • Pembangunan infrastruktur transportasi Palembang Rp 7 triliun
  • Penyelenggaraan Rp 4,5 triliun dan Rp 1,7 triliun dari pihak sponsor

Keseluruhan anggaran tersebut diperuntukan proses pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung Asian Games, baik di Jakarta dan Palembang, diantaranya terdapat sejumlah stadion, arena pertandingan, rumah sakit, wisma atlet dan transportasi, seperti Light Rapid Transit atau LRT di Jakarta dan Palembang dan Mass Rapid Transit atau MRT di Jakarta.

Baca Juga: Inilah Syarat agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank

4. Pembangunan Infrastruktur dan Fasilitas dijadikan Investasi

Mengeluarkan anggaran yang begitu besar tidak akan membuat Indonesia merana. Sebab, seluruh pembangunan infrastruktur dan fasilitas yang dibangun dan diperbaiki secara total bersifat investasi jangka panjang. Artinya, infrastruktur dan fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan lagi walaupun penyelenggaran Asian Games 2018 telah selesai.

Misalnya saja, dengan adanya pemain bola, akuatik dan cabang olahraga lainnya yang memanfaatkan arena untuk berlatih pasti akan memunculkan atlet terbaik yang akan mengharumkan nama Indonesia di setiap ajang pertandingan. Selain itu juga, dengan kualitas pembangunan yang sangat bagus ini mampu bidding olimpiade 10 tahun yang akan datang.

5. Harga Tiket yang Relatif Mahal

Pastinya, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang ingin ikut memeriahkan Asian Games 2018, yaitu dengan menyaksikan pertandingan secara langsung sesuai dengan bidang olahraga yang disukai. Mau tidak mau, masyarakat harus membeli tiket untuk menontonnya.

Sayangnya harga tiket yang ditetapkan panitia terbilang relatif mahal, diantaranya:

  • Opening ceremony di Stadion GBK pada 18 Agustus 2018 terbagi menjadi 3 pilihan

Rp 750.000, Rp 1,5 juta dan Rp 7,5 juta

  • Closing Ceremony di Stadion GBK pada 2 September 2018 terbagi menjadi 3 pilihan

Rp 450.000, Rp 1 juta dan Rp 2 juta

  • Pertandingan tergantung dari bidang olahraga
  • Preliminary mulai dari Rp 50.000 – Rp 100.000
  • Semi Final mulai dari Rp 75.000 – Rp 200.000
  • Final mulai dari Rp 100.000 – Rp 300.000

Pihak kepanitian beralasan bahwa harga tiket yang dibandrol mahal tersebut dilihat dari latar belakang karena Asian Games merupakan olimpiade terbesar kedua di dunia sehingga harus disesuaikan dengan kepopuleran dan daya saing. Selain itu, pihak panitia juga mengacu pada harga tiket pada ajang Asian Games sebelumnya.

Tiket Asian Games 2018 sudah bisa dibeli dari sekarang secara offline dan online. Pembelian offline hanya bisa dibeli di venue pertandingan tanpa adanya aturan khusus. Jadi, penonton bisa membeli tiket secara on the spot sebelum pertandingan berlangsung hingga pertandingan sudah di mulai selama tiket masih tersedia.

Agar tidak membuang-buang waktu dan terhindar dari kehabisan tiket, alangkah baiknya pembelian tiket dilakukan secara online, yaitu di blibli.com yang merupakan partner dari Asian Games 2018 (https://www.blibli.com/promosi/tiket-asian-games?appsWebview=true). Cara belinya pun cukup mudah, berikut beberapa langkah pembelian tiket secara online.

  • Jika sebelumnya Anda belum memiliki akun di blibli.com, maka buatlah akun terlebih dahulu dengan mendaftarkan identitas pribadi. Bila sudah, langsung saja login
  • Pada halaman akan ada semua cabang olahraga yang dipertandingkan. Pilih cabang olahraga yang diinginkan
  • Kemudian dilanjutkan untuk memilih pertandingan yang tersedia, mulai dari babak penyisihan hingga final. Pada halaman ini juga tertera harga tiketnya
  • Setelah itu, pilihlah kategori tempat duduk dengan harga yang berbeda-beda. lalu jangan lupa tentukan jumlah tiket yang ingin di beli
  • Bila ingin membeli tiket lainnya, klik 'Tambahkan ke Bag'. Namun, jika ingin segera membayar klik 'Beli Sekarang'
  • Selanjutnya ada tampilan mengenai pembayaran tiket. Nah, disini akan ada total pembayaran tiket, kemudian bisa dilanjutkan dengan pilih 'Lanjut ke Pembayaran' yang bisa dilakukan melalui kartu kredit, kartu debit, Blipay, cicilan tanpa kartu kredit, internet banking, transfer, uang elektronik, Alfamart, Indomaret dan Pospay
  • Simpan bukti pembayaran dengan baik, sebab Anda akan menerima email konfirmasi pembayaran berisikan e-voucher yang dilengkapi QR Code dan harus ditukarkan atau dicetak sebagai tiket asli di KiosTix, Jl. Pejaten Barat No.6, Jakarta Selatan atau bisa juga di pintu 7 kompleks GBK.

Manfaatkan pembayaran dengan menggunakan kredit yang tentu akan memberikan kenyamanan dan keuntungan lebih untuk Anda. Dengan kartu kredit, Anda bisa membeli tiketnya dari sekarang walaupun Anda belum memiliki cukup uang. Selain bisa dicicil setiap bulannya, pembayaran dengan kertu kredit juga memberikan banyak keuntungan, diantarnya bisa mendapatkan potongan harga, poin, cashback dan sebagainya.

Dukung dan Meriahkan Asian Games 2018

Patutlah kita sebagai warga negara Indonesia mendukung para atlet dan memeriahkan Asian Games 2018. Jadilah saksi kemenangan atlit yang Anda idolakan dengan membawa emas, dan jadilah saksi keberhasilan Indonesia sebagai juara dan kesuksesan Asian Games 2018.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Pertama Anda