5 Festival Menarik yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Liburan ke Amerika

Pemerintah telah menetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2019 sebanyak 20 hari. Rinciannya hari libur nasional sebanyak 16 hari dan cuti bersama sebanyak 4 hari untuk Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dan Hari Raya Natal.

Jika kamu sedang merancang liburan untuk tahun depan, Amerika Serikat (AS) bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata. Selain menawarkan obyek wisata Patung Liberty yang terkenal, Green Canyon National Park, Golden Gate Bridge, sampai gedung-gedung pencakar langit di jantung kota New York, AS memiliki wisata budaya maupun festival tahunan yang menarik untuk ditonton.  

US Fair merupakan sebuah acara tahunan sudah digelar di Negeri Paman Sam sejak abad ke-19. Acara tersebut rutin diselenggarakan pada akhir musim panas (21 Juni-22 September) atau awal musim gugur (23 September-20 Desember). Tujuan awal dari US Fair adalah untuk unjuk gigi hasil pertanian dan peternakan di seluruh negara di bagian Amerika. Namun seiring berjalannya waktu, bukan hanya hasil alam yang dipamerkan, tapi ada juga hasil industri dan berbagai karya seni di industri hiburan.

Berikut beberapa festival dari negara bagian Amerika yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Amerika:

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Alabama National Fair

Festival tahunan di Alabama ini adalah salah satu festival terbesar di antara negara bagian Amerika lainnya. Acara yang sudah berlangsung sejak 1954 itu, biasanya menampilkan pertunjukkan sirkus dalam skala besar, lomba balap babi, dan lebih dari 50 permainan (games) seru. Kamu akan benar-benar terhibur dengan mengunjungi Alabama National Fair. Acara ini makin semarak dengan berbagai sajian kuliner khas Alabama, seperti potongan daging babi yang ditusuk. Hidangan Charlie’s Pork On A Stick ini dijamin dapat memanjakan lidah bagi para penggemarnya.

2. California State Fair

California State Fair
California State Fair

Festival ini memperoleh julukan “Big Fun” karena menghadirkan taman air raksasa dengan 25 wahana air yang berbeda. Diisi dengan ratusan kegiatan air yang cocok untuk segala usia. Selanjutnya, di California State Fair terdapat berbagai ajang balap, seperti motocross, dan pameran hewan, di antaranya kanguru, miniatur kuda, kelinci, dan burung merpati. Ini nih yang enggak boleh kamu lewatkan jika menyambangi California State Fair, yakni keindahan alam pantai Monterey dan hutan Redwood yang hanya berjarak beberapa kaki. Keindahan alam ini hanya ada di California loh.

3. Alaska State Fair

Alaska State Fair sangat menarik untuk kamu saksikan di negara bagian Alaska. Meski Alaska terkenal dengan cuaca sangat dingin sepanjang tahunnya, keinginan masyarakat Alaska untuk berpartisipasi dalam festival ini sangat besar. Alaska State Fair menyajikan berbagai kompetisi, mulai dari pertandingan boxing, balap kuda, rodeo, hingga pertandingan bisbol.

Nah yang paling menarik dari festival ini adalah kontes adu besar kubis. Mungkin kontes ini terdengar aneh di telinga kamu, tapi percaya enggak percaya, pada kontes kubis tahun 2012, berat satu buah kubis yang dihasilkan oleh pemenang kontes mencapai 62,7 kilogram (kg). Saking besarnya, kubis tersebut masuk dalam Guinness Book of World Records.

Baca Juga: Apakah Bijak Mengutang Rp10 juta untuk Liburan? Ini Jawabannya

4. Kentucky State Fair

Kentucky State Fair adalah salah satu festival unik yang pernah ada di negara bagian Amerika. Setiap tahun para penduduk setempat mengadakan “The World Chicken Festival” untuk merayakan warisan Kolonel Harland Sanders, seorang pengusaha atau pendiri sebuah makanan cepat saji yang sudah begitu terkenal, Kentucky Fried Chicken (KFC). Bukti nyata kesuksesan acara ini jumlah pengunjung Kentucky State Fair yang mencapai 500 ribu orang.  

Kolonel Sanders mendirikan restoran pertama KFC di kediamannya, tepatnya Laurel County, Jantung Hutan Nasional Daniel Boone, Kentucky pada tahun 1940-an. Dibantu Lee Cummings, penemu resep “Lee’s Famous Recipe Chicken”, pendiri KFC ini berhasil membesarkan KFC hingga tersohor di seluruh penjuru dunia.

5. New York Renaissance Faire

New York Renaissance Faire
New York Renaissance Faire

New York merupakan negara bagian yang menyelenggarakan festival tahunan ini untuk pertama kalinya. Festival yang digelar setiap akhir pekan, mulai tanggal 4 Agustus-30 September ini bukan hanya menawarkan berbagai pertunjukkan, tapi juga membolehkan pengunjung untuk berpartisipasi dalam acara dengan syarat mengenakan tuksedo.

Mengapa harus tuksedo? Karena acara ini dibuat untuk membuat pengunjung merasakan bagaimana kehidupan zaman dahulu, tepatnya kehidupan pada abad pertengahan di Amerika. Selain itu, kabar terbaru mengatakan bahwa hanya di festival New York Renaissance Faire, kamu dapat menyaksikan “Max Power”, sebuah robot setinggi 2,7 meter yang dapat melakukan swafoto.

Mulai Nabung dari Sekarang

Bagaimana kamu tertarik mengunjungi festival-festival di atas? Kalau iya, mulailah menabung dari sekarang, mengingat untuk berkunjung ke Amerika membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tentunya menabung dengan menyisihkan dari gaji setiap bulan, atur gaya hidup agar tidak boros dan hedon. Dari usaha tersebut, tidak ada yang mustahil, kamu bisa terbang dan menyaksikan berbagai tempat maupun obyek wisata menarik di Amerika Serikat tahun depan.

Baca Juga: Tips Berburu Tiket Murah untuk Liburan Akhir Tahun