5 Gejala Kecanduan Kartu Kredit dan Cara Mengatasinya

Memiliki kartu kredit dan menggunakannya sering kali membuat Anda terlena. Dengan senang hati, Anda akan selalu berbelanja, membeli ini dan itu, tanpa peduli berapa banyak tagihan belanjaan yang menjadi utang. Jika terus dilanjutkan, lama-kelamaan bisa merugikan dan membahayakan kondisi keuangan Anda.

Mudah dan praktis, dua kata yang menggambarkan keuntungan penggunaan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit belakangan ini memang terus meningkat. Tentunya dibarengi pertambahan sejumlah penawaran dan program menarik dari kartu kredit yang beredar. Jika Anda menggunakannya dengan bijak dan memanfaatkan semua program serta penawaran di dalamnya dengan tepat, rasanya kartu kredit bukanlah beban dalam keuangan Anda. Namun, pada kenyataannya, kebanyakan orang tidak menggunakannya secara bijak. Barang kali Anda termasuk di dalamnya.

Menggunakan kartu kredit tanpa pertimbangan dan perhitungan yang bijak hanya membawa petaka bagi keuangan Anda. Apabila hal ini sudah terjadi, besar kemungkinan Anda telah mengalami kecanduan dalam penggunaan kartu kredit. Berikut adalah gejala-gejala yang tampak dari orang-orang yang kecanduan kartu kredit.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Lunasi Kartu Kredit

1. Merasa Baik-Baik Saja Walaupun Utang Membengkak

Utang Kartu Kredit

Utang Membengkak Jadi Beban Keuangan via creditwritedowns.com

 

Ada banyak orang yang terkejut atau tidak percaya saat melihat tagihan kartu kreditnya. Padahal, kartu kredit tersebut digunakan sendiri olehnya tanpa adanya kartu tambahan lain. Namun, tak sedikit di antara mereka mengatakan pada dirinya sendiri bahwa semuanya baik-baik saja. Tanpa menghiraukan sejumlah tagihan yang terus membengkak dan mengancam keuangannya nanti. Sudah jelas ini adalah kesalahan yang fatal. Bersikap tenang dalam menghadapi tagihan yang kian besar tampak sebagai sikap yang naif. Persoalan ini tak akan usai jika sifat buruk ini berulang lagi dan lagi.

2. Selalu Menggerutu dan Kesal Saat Kartu Kredit Hilang

Saat kartu kredit hilang, tanpa menunggu lama Anda segera menelepon bank dan meminta penggantian kartu yang baru. Meskipun urusan ini telah selesai dan teratasi dengan baik, Anda selalu menggerutu dan kesal sendiri. Anda pun jadi tidak tenang dan tidak sabar menunggu kartu kredit yang baru. Apalagi waktu hilangnya kartu kredit Anda bertepatan dengan promo belanja dengan kartu kredit.

3. Mudah Tergiur Menambah Kartu Kredit Baru

Kartu Kredit Baru

Menambah Kartu Kredit via tapchitaichinh.vn

 

Ada banyak orang yang mempunyai kartu kredit hingga ruang selipan di dalam dompetnya tak ada lagi yang kosong. Setiap kali ditawarkan kartu kredit dari bank lain langsung tertarik dan berharap dapat segera memilikinya. Ini menjadi masalah serius. Sebab menambah kartu kredit baru dan terus menggunakannya tanpa kontrol mempercepat ambruknya seseorang dari segi finansial.

4. Menyepelekan Bunga Kartu Kredit

Cuek dengan besaran bunga kartu kredit dan selalu berbelanja dengan memakai kartu kredit. Tentu ini bukanlah persoalan kalau Anda selalu membayar penuh tagihan setiap bulannya. Sebaliknya, kalau ternyata Anda terbiasa dalam menunggak tagihan, bunga tersebut akan terlihat seperti kanker yang mengerikan, bukan?

5. Mudah tergoda dengan diskon

Diskon Kartu Kredit

Diskon via strategicjuju.com

 

Anda selalu melihat diskon sebagai cobaan terberat dalam hidup ini. Nyatanya, diskon tersebut bukan untuk barang yang sangat Anda butuhkan. Tak kuasa menahan diri, Anda kemudian menggesek kartu kredit demi bisa menikmati diskon tersebut dan memperoleh barang yang tak terlalu penting tersebut. Ini juga kesalahan, terlebih diskon tersebut harus didapatkan dengan sejumlah syarat lainnya.

Baca Juga: 10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

Atasi dengan Tepat

Berbagai masalah di atas mungkin saja terjadi pada diri Anda selaku pemegang kartu kredit. Selagi sempat hal ini masih bisa diatasi dengan berbagai tindakan pencegahan yang tepat. Di bawah ini beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan.

1. Pahami dan Akui Masalah Anda

Kesalahan Kartu Kredit

Ilustrasi Pengakuan via ytimg.com

 

Tak usah malu dan menutupi masalah Anda dengan menjawab semua baik-baik saja. Tagihan kartu kredit yang membengkak adalah ancaman yang serius bagi keuangan Anda. Perlu penanganan tepat untuk mengatasi hal ini. Pahami masalah tersebut dan akui bahwa keuangan Anda sedang dalam masalah. Dengan begitu, keinginan untuk memperbaiki diri dan berubah semakin besar. Jangan buat diri Anda seolah-olah tampak tidak merasa bersalah saat berbelanja dengan kartu kredit yang tagihannya belum dibayar. Sebab ini akan membuat masalah baru dan baru lagi.

2. Atasi dengan Cermat

Sejumlah kartu kredit yang Anda punya belum tentu memberi manfaat yang benar-benar  Anda cari. Karena itu, sangat penting untuk mencermati kartu mana saja betul-betul berguna bagi Anda. Memiliki kartu kredit yang banyak sangat berpotensi mengubah Anda menjadi orang yang boros. Terlebih jika penawaran kartu kredit satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Pilih salah satu kartu saja dan tutup yang lainnya. Gunakan kartu kredit tersebut secara bijak dan cermat sehingga kebutuhan Anda sungguh-sungguh terpenuhi.

3. Tutup yang Tidak Perlu

Tutup Kartu Kredit

Tutup Kartu Kredit yang Tidak Perlu via quizzle.com

 

Memang kartu kredit satu dengan yang lainnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, manfaat yang diberikan kartu kredit hampir sama saja. Tak ada gunanya menyimpan dan menggunakan banyak kartu kredit. Sebab annual fee-nya saja sudah cukup membebani keuangan. Pilih salah satu kartu kredit dan tutup yang lainnya agar Anda lebih nyaman dan tenang dalam mengatur dan menggunakannya.

4. Gunakan dengan Bijak dan Tepat

Selalu gunakan kartu kredit Anda dengan bijak dan tepat sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat sesungguhnya dari kartu kredit tersebut. Pertimbangkan semua barang yang akan Anda beli. Kalau tidak terlalu memerlukannya ditambah dengan harganya yang tidaklah murah, untuk apa dibeli?

5. Lebih santai dengan satu atau dua kartu saja

Kartu Kredit Promo

Lebih Enak dengan Satu Kartu Kredit via huffingtonpost.com

 

Tidak perlu menggunakan semua kartu yang dikeluarkan bank. Sekali lagi fungsi kartu kredit hampir semuanya sama antara satu dan yang lainnya. Pilih kartu terbaik dan gunakan dengan santai. Artinya, satu atau dua kartu saja akan jauh lebih mudah untuk ditangani dibandingkan beberapa kartu sekaligus.

Segera Atasi dan Jangan Biarkan Masalah Berlarut-Larut

Berbagai masalah sangat mungkin terjadi ketika menggunakan kartu kredit, terutama bagi Anda yang lemah dalam mengontrol diri dan mengatur keuangan. Kenali masalah Anda dan segera atasi dengan tepat sehingga keuangan bisa berjalan dengan baik. Gunakan satu atau dua kartu kredit saja agar Anda bisa mengatur dan memakainya dengan tepat.

Baca Juga: Jenis Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui